Share Like
Simpan

Sepanjang kehamilan dan selama berada di dalam rahim, bayi akan bergerak mencari posisinya. Saat mendekati saat persalinan, posisi bayi perlu diketahui karena bila dalam posisi yang abnormal, perlu perhatian yang ekstra guna menentukan jenis persalinan. Idealnya, saat mendekati persalinan, bayi dalam posisi kepala di bawah menghadap punggung ibu.

Salah satu posisi bayi yang perlu perhatian adalah letak lintang. Bayi dengan letak lintang terjadi bila janin dalam kondisi melintang (horisontal) di dalam rahim dengan kepala di sisi kanan rahim dan bokong di sisi kiri, atau sebaliknya. Biasanya bokong berada lebih tinggi dari kepala atau bahu berada di atas pintu atas panggul.

Presentasi abnormal ini atau posisi bayi yang tidak seperti biasanya, dapat meningkatkan risiko Ibu mengalami cedera pada rahim atau jalan lahir saat persalinan berlangsung. Terutama posisi lintang bayi merupakan posisi abnormal yang serius dan dapat membahayakan Ibu dan janin.

Penyebab letak lintang ini cukup beragam, yaitu:

  • relaksasi/peregangan dinding perut akibat proses persalinan sebelumnya atau pernah melahirkan 4 kali atau lebih sebelumnya
  • janin prematur
  • plasenta previa (bila plasenta berada pada bagian bawah rahim yang kadangkala dapat menghalangi jalan lahir). Kondisi ini dapat diketahui oleh dokter dengan menggunakan USG
  • bentuk rahim yang abnormal
  • cairan ketuban yang berlebihan (polihidramnion)
  • panggul sempit
  • kehamilan kembar. Kadang janin pertama sudah memasuki panggul dan janin keduanya dapat dalam posisi lintang

 

Bagaimana dengan proses persalinan pada kehamilan letak lintang? Bila bayi sudah berkembang sempurna dan dalam posisi lintang, maka sulit untuk dilahirkan melalui persalinan spontan atau normal.

Yang akan menjadi pertimbangan utama pada letak lintang adalah jika ‘kantong’ ketuban pecah, tali pusat dapat ‘masuk’ ke dalam jalan lahir. Hal ini dapat membahayakan janin karena tali pusat dapat ’terjepit’ sehingga dapat mengurangi aliran darah dan oksigen pada bayi. Bila kondisi ini terjadi, sesar merupakan pilihan persalinan.