Share Like
Simpan

Sudahkah Ibu memeriksa perkembangan janin lewat USG? Jika belum, sebaiknya Ibu melakukannya. Sebab, USG kehamilan memiliki banyak kegunaan, baik untuk Ibu maupun untuk janin.

Awalnya USG hanya bisa menampilkan gambar hitam putih dan tidak bergerak (2D), Seiring perkembangan teknologi, sekarang Ibu bisa melihat janin dalam kandungan secara utuh (3D), atau bahkan bergerak (4D). Semakin canggih ya, Bu!

Waktu mengandung si Kecil dulu, saya ingat betul pengalaman pertama melakukan USG. Kala itu usia kandungan saya baru sembilan minggu. Sebelum bergegas ke dokter kandungan untuk melakukan USG bersama suami, saya sempat berburu informasi di internet. Di situ, saya menemukan berbagai manfaat USG dari forum diskusi ibu hamil dan bisa bertanya dengan sang pakar. Mau tahu apa saja manfaat yang didapatkan dari USG? Kita simak bersama-sama yuk, Bu!

  • Trimester pertama (Usia kehamilan 1-12 minggu)

Manfaat dari USG yang dilakukan dalam tiga bulan pertama ini adalah mengetahui letak sang janin, memastikan usia janin, mendeteksi cacat bawaan. Jika usia janin dapat diketahui sejak dini, maka kelahiran prematur dapat dihindari. Dari sisi kesehatan janin, USG bisa mengukur ketebalan dinding belakang leher janin atau disebut Nuchal Translucency, untuk mendeteksi apakah ada cacat bawaan atau tidak. Ukuran tulang kepala si Kecil di dalam kandungan juga bisa diukur pada trimester ini. Umumnya, janin normal memiliki ukuran kepala yang lebih besar daripada perutnya.

  • Trimester kedua (Usia kehamilan 13-24 minggu)

Memasuki trimester pertengahan ini, Ibu dapat kembali melakukan konsultasi kehamilan dan USG. Jika Ibu menduga janin yang dikandung adalah bayi kembar, maka hal tersebut bisa dibuktikan melalui USG di trimester kedua. Jenis kelamin si Kecil pun dapat diidentifikasi pada fase ini, walaupun tidak sepenuhnya akurat. Tidak hanya itu, Ibu pun bisa memperoleh berbagai manfaat lain seperti mendeteksi kelainan organ janin, mengecekaliran darah pada pembuluh darah menuju rahim, hingga memeriksa apakah ada kebocoran jantung. Diagnosis yang dilakukan sejak dini juga bertujuan untukbisa memberikan perawatan dengan cepat dan lebih tepat demi si Kecil.

  • Trimester ketiga (Usia kehamilan 25-37 minggu)

Jika melakukan USG pada trimester ketiga, Ibu akan mendapatkan berbagai manfaat seperti mengevaluasi pertumbuhan janin, mengetahui kondisi plasenta, mengetahui posisi janin sebelum persalinan, serta memonitor apakah ada kemungkinanpersalinan prematur. Apalagi detak jantung sang janin sudah mulai menunjukkan aktivitas kehidupan.

Nah, itulah beberapa manfaat USG yang dikategorikan berdasarkan tiga fase kehamilan. USG kehamilan dapat membantu memberikan informasi tanpa rasa sakit dan aman untuk Ibu dan janin, meskipun belum 100 persen akurat. Jadi, bagaimana perkembangan janin Ibu saat ini?