Share Like
Simpan

Bagaimana perkembangan balita Ibu saat ini? Semoga selalu sehat ya. Saya ingin berbagi cerita nih, Bu. Kemarin seorang teman mengeluh pada saya, akhir-akhir ini anaknya mulai acuh setiap diajak berinteraksi. Menurut cerita sang Ibu, si Kecil berubah demikian sejak terbiasa bermain gadget. Ya, di era digital seperti sekarang ini, memberi gadget pada buah hati seolah memang sudah jadi hal yang wajar. Padahal pemberian gadget bisa membuat interaksi si Kecil dengan lingkungan sekitarnya jadi lebih terbatas. Jika terus dibiarkan, ini bisa menghambat tumbuh kembangnya lho, Bu.

Apa Ibu termasuk orang tua yang memberi gadget pada si Kecil sejak dini? Jika ya, yuk simak tips agar gadget yang diberikan tak menyebabkan tumbuh kembang balita kurang optimal. Berikut selengkapnya:

  1. Sesuaikan dengan usia anak

Sebelum usianya lima tahun, otak anak masih dalam fase perkembangan, Bu. Dalam rangka memaksimalkan fase ini, jenis stimulasi yang diperlukan di antaranya berupa rangsangan sensorik dan motorik langsung. Kedua jenis rangsangan ini bisa didapat lewat kegiatan berinteraksi dan bersosialisasi. Oleh sebab itu, agar gadget yang Ibu berikan bisa turut memaksimalkan perkembangan balita Ibu, sebisa mungkin usahakan si kecil menggunakan gadget itu sebatas untuk hal-hal sederhana, seperti membantu mengenal warna, bentuk, maupun suara.

  1. Kontrol durasi penggunaan

Mengingat si Kecil belum bisa membatasi dirinya sendiri, Ibu harus berperan aktif dalam mengontrol durasi penggunaan gadget oleh si Kecil setiap harinya. Agar lebih sederhana, buatlah kesepakatan bersamanya terkait durasi penggunaan gadget yang diperbolehkan, misalnya setengah jam per minggu. Selain mencegah si Kecil ketergantungan gadget, hal ini juga akan sekaligus membuatnya terbiasa disiplin mematuhi peraturan yang ada. Sebagai informasi tambahan, untuk anak usia pra sekolah, para ahli menyarankan interaksi si Kecil dengan gadget tak lebih dari 20-30 menit per hari.

  1. Alihkan dengan beragam sarana bermain

Demi mengoptimalkan masa pertumbuhan si Kecil, buatlah ia teralihkan dari gadget dengan menyediakan beragam sarana bermain seru di rumah seperti krayon, boneka, dan robot. Makin banyak alternatif permainan yang bisa dicoba, makin besar kemungkinan si Kecil tidak akan fokus dengan gadget.

Yuk, Bu, mulai kebiasaan baru di tahun ini dengan mengajarkan si Kecil untuk lebih disiplin termasuk dalam pemakaian gadget agar perkembangan balita Ibu dapat semakin maksimal!