Whatsapp Share Like Simpan

Bu, tahun-tahun pertama anak merupakan kurun waktu yang sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Termasuk didalamnya adalah pertumbuhan fisik, perkembangan kecerdasan, keterampilan, motorik, dan sosial emosional yang menentukan masa depannya. Untuk mendapatkan tumbuh kembang yang optimal, kebutuhan nutrisi anak pun harus tercukupi. Apa saja kebutuhan nutrisi tersebut?

Protein

Nutrisi yang paling dibutuhkan oleh si Kecil adalah protein, karena nutrisi ini yang memiliki manfaat terbanyak yang dibutuhkan oleh anak di masa tumbuh kembangnya. Beberapa manfaatnya antara lain memperbaiki fungsi otak, mengoptimalkan pertumbuhan, membangun, memperkuat, dan memperbaiki jaringan tubuh, memproduksi enzim, sebagai antibodi, menghasilkan haemoglobin (Hb), meningkatkan energi, mengendalikan nafsu makan, dan membantu pembentukan.

Jumlah protein yang dibutuhkan si Kecil di usia 1-3 tahun adalah sebanyak 26 gram per hari. Protein bisa didapatkan dari telur, ikan, daging, susu, serta kacang-kacangan.

Karbohidrat

Nutrisi selanjutnya yang dibutuhkan si Kecil adalah protein. Dalam sehari ia akan membutuhkan karbohidrat sebanyak 155 gram. Karbohidrat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu: 

  • Karbohidrat sederhana: dicerna tubuh dengan cepat karena mengandung sedikit molekul gula. Contoh: roti, kue, dan nasi putih.
  • Karbohidrat kompleks: lebih lama dicerna tubuh karena mengandung banyak molekul gula dan kaya serat. Contoh: kentang, jagung, nasi merah, gandum, dan biji-bijian. 

Karbohidrat berfungsi untuk menghasilkan energi utama dalam tubuh, menjaga asupan kalori, menurunkan risiko penyakit tertentu (obesitas, jantung, diabetes tipe 2), dan menentukan indeks glikemik.

Artikel Sejenis

Lemak

Lemak merupakan kebutuhan nutrisi anak yang cukup penting, karena 60% otaknya tersusun oleh lemak. Beberapa fungsi lemak antara lain untuk perkembangan otak, sumber energi, mengatur suhu tubuh, mengantarkan berbagai zat dalam metabolisme tubuh, menghasilkan membran dan struktur sel tubuh, sumber cadangan makanan, dan menjaga kesehatan kulit.

Agar tumbuh kembang si Kecil optimal, penuhi kebutuhan lemak hariannya sebanyak 44 gram. Pilihlah sumber lemak yang baik bagi si Kecil, antara lain daging ikan, daging tanpa lemak, produk susu, margarin, alpukat, dan minyak sayur.

Vitamin

Beberapa macam vitamin yang dibutuhkan oleh si Kecil adalah sebagai berikut:

  • Vitamin A. Sumber vitamin A antara lain wortel, kuning telur, hati ayam, pepaya, paprika, dan bayam.
  • Vitamin B Kompleks. Bisa didapat dari ikan, telur,daging, hati, sayuran hijau, dan susu.
  • Vitamin C. Vitamin C banyak terdapat di tomat, jambu biji, kiwi, mangga, jeruk, buah beri, melon, mangga, bayam, dan paprika.
  • Vitamin D. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari, tapi juga bisa didapat dari kuning telur, salmon, mackerel, susu, dan yogurt.
  • Vitamin E. Berbagai sumber vitamin E antara lain sereal gandum, kacang-kacangan (kedelai, almond, kacang tanah, kiwi, mangga, brokoli, bayam, minyak bunga matahari, minyak jagung, dan biji bunga matahari.
  • Vitamin K. Sumber vitamin K antara lain telur, ikan, hati, daging, bayam, kale, selada hijau, sawi, lobak, kembang kol, dan brokoli.

Mineral

Beberapa jenis mineral untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil adalah:

  • Kalsium. Untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi, si Kecil akan membutuhkan kalsium. Berikan sumber kalsium kepada si Kecil berupa susu, telur, sarden, teri, selada, edamame, almond, dan kacang kedelai.
  • Magnesium. Mineral ini juga berperan penting untuk pembentukan tulang si Kecil, karena mendukung proses asimilasi kalsium dalam formasi tulang. Magnesium juga akan membantu proses aktivasi vitamin D di ginjal agar gampang diserap untuk memperkuat dan perekatan molekul tulang. Magnesium bisa diperoleh dari susu, produk susu, alpukat, pisang, salmon, brokoli, bayam, sawi, biji gandum utuh, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi. Zat besi berfungsi untuk menyusun hemoglobin dan memproduksi sel darah merah baru. Berikan sumber zat besi kepada si Kecil berupa daging merah, hati ayam, bayam, almond, kapri, kedelai, dan kacang merah.
  • Zinc. Zinc berperan dalam perkembangan otak dan organ reproduksi serta membantu memperbaiki daya tahan tubuh. Sumber zinc antara lain daging merah, makanan laut, sereal, roti gandum, dan kacang kering.
  • Selenium. Selenium merupakan mineral yang berperan dalam fungsi kognitif otak, metabolisme hormon tiroid, sintesis DNA, dan meningkatkan sistem imun. Selenium bisa didapat dari telur, ayam, kepiting, udang, salmon, bayam, jamur shitake, bawang putih, dan beras merah.

Jika semua kebutuhan nutrisi anak di atas tercukupi, maka tumbuh kembangnya pun bisa lebih optimal. Mulai sekarang penuhi semua nutrisi yang si Kecil butuhkan melalui menu hariannya ya, Bu. Berikan juga susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat, lemak) dan zat gizi mikro (vitamin, mineral). Susu ini juga sudah diperkaya dengan omega 3 dan 6, minyak ikan, serat pangan inulin, zinc, selenium, serta kalsium.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan seputar nutrisi anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar. Pastikan Ibu sudah register terlebih dulu supaya bisa menggunakan fitur tersebut.