Banyak Ibu yang menganggap beberapa tanda-tanda kehamilan trimester pertama sebagai bawaan hamil bayi perempuan. Mitos atau fakta bahwa ada sejumlah bawaan hamil bayi perempuan saat hamil muda? Sebelum membahasnya lebih lanjut, Ibu perlu memahami bahwa tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya saat hamil. Pastikan Ibu mengonsumsi tambahan nutrisi dari susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. ini sudah umum diketahui akan terasa sejak usia kehamilan pada trimester pertama. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Bawaan hamil bayi perempuan selama ini sering dianggap berbeda dengan ciri-ciri bawaan hamil anak laki-laki di trimester pertama. Misalnya saja, ketika hamil bayi perempuan bisa terlihat mulai dari bentuk perut hingga morning sickness yang muncul lebih sering.

Namun, apakah anggapan tentang bawaan hamil bayi perempuan tersebut memang terbukti secara ilmiah? Atau justru hanya mitos belaka? Simak informasi terkait bawaan hamil bayi perempuan yang sesuai fakta maupun tidak dalam pembahasan berikut ini, ya Bu. 

Ciri-ciri Bawaan Hamil Bayi Perempuan, Mitos atau Fakta?

Sejak dulu hingga saat ini, banyak anggapan seputar ciri-ciri bawaan hamil bayi perempuan yang masih dipercaya. Untuk mengetahui fakta di baliknya, berikut ini beberapa mitos seputar bawaan hamil bayi perempuan:

  1. Morning sickness muncul lebih sering

    Morning sickness sering dikaitkan sebagai salah satu bawaan hamil bayi perempuan. Padahal, morning sickness yang dialami oleh setiap Ibu hamil pasti berbeda.

    Artikel Sejenis

    Ada pula Ibu yang hamil bayi laki-laki justru mengalami morning sickness lebih parah dibandingkan Ibu yang hamil bayi perempuan. 

  2. Bentuk perut lebih menonjol

    Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang membahas mengenai bentuk perut hamil perempuan. Perlu Ibu pahami bahwa bentuk perut Ibu hamil bisa dipengaruhi oleh berat badan Ibu, posisi dan ukuran bayi, bentuk rahim, dan seberapa kencang otot perut.

  3. Jantung bayi berdetak lebih cepat

    Salah satu mitos menyatakan bahwa janin dengan detak jantung kurang dari 140 bpm adalah laki-laki, sedangkan janin perempuan memiliki detak jantung yang lebih cepat.

    Sebenarnya hal ini tidak bisa dikatakan sebagai ciri-ciri bawaan hamil bayi perempuan maupun bayi laki-laki, Bu. Detak jantung si Kecil akan mulai berdetak sekitar usia kehamilan 6 minggu. 

    Menurut American Pregnancy Association, denyut jantung janin berada di kisaran 140 dan 170 denyut per menit (bpm) pada minggu ke 9. Namun, penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara detak jantung janin laki-laki dan perempuan di awal kehamilan.

  4. Muncul jerawat

    Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi yang Lebih Akurat - ibudanbalita

    Sejauh ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa jerawat merupakan bagian dari hormon bawaan hamil bayi perempuan menyebabkan kulit Ibu lebih berjerawat. Justru kondisi kulit dipengaruhi oleh hormon, kesehatan, dan kebiasaan Ibu merawat diri.

    Baca juga: 4 Gangguan Kulit saat Hamil dan Cara Mengatasinya

  5. Lebih sering mengidam makanan manis

    Hingga kini tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa bawaan hamil bayi perempuan menyebabkan Ibu jadi ngidam makanan manis. Selama kehamilan, selera makan Ibu bisa berubah akibat faktor hormon yang memengaruhi indra pengecapnya.

  6. Warna urine lebih cerah

    Padahal, warna urine Ibu bukan jadi pertanda bawaan hamil bayi perempuan. Sebab warna urine dipengaruhi oleh hidrasi, infeksi, vitamin, atau diet yang dilakukan Ibu hamil.

  7. Kulit Ibu berwarna lebih gelap

    Mitos yang kerap kali menunjukkan perbedaan bawaan hamil bayi perempuan dan laki-laki adalah tingkat kecerahan kulit. Jika kulit Ibu terkesan lebih gelap, banyak yang menyatakan bahwa janin yang dikandung kemungkinan tumbuh sebagai anak laki-laki. 

    Meskipun begitu, hingga saat ini masih belum ada penelitian yang bisa membuktikan apakah kondisi tersebut mempengaruhi jenis kelamin bayi. Terkait perubahan pada tingkat kecerahan kulit, umumnya terjadi berkat adanya peningkatan volume darah dan juga hormon HCG. 

Dari mitos-mitos di atas dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri bawaan hamil bayi perempuan tidak bisa sepenuhnya terlihat secara kasat mata atau dirasakan secara langsung oleh Ibu.

Pada beberapa kondisi, banyak pula Ibu hamil bayi perempuan yang justru tidak merasakan kondisi-kondisi di atas. Sampai saat ini pun belum ada penelitian yang menunjukkan kondisi tersebut merupakan ciri-ciri hamil bayi perempuan.

Lantas, bagaimana caranya Ibu mengetahui ciri hamil anak perempuan yang akurat? I Ibu bisa melakukan pemeriksaan medis untuk memprediksi jenis kelamin janin sejak minggu ke-10 kehamilan.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Hari Perkiraan Lahir Bayi

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi yang Lebih Akurat

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi yang Lebih Akurat - ibudanbalita

Daripada percaya dengan mitos-mitos seputar bawaan hamil bayi perempuan di atas, sebaiknya Ibu memahami bagaimana cara mengetahui jenis kelamin yang lebih akurat dengan cara-cara berikut ini: 

  1. Ultrasonografi (USG)

    Berbeda dengan mitos bawaan hamil bayi perempuan, ultrasonografi (USG) menjadi salah satu tes kehamilan yang sedikit lebih akurat dan bisa Ibu lakukan saat usia kehamilan sekitar 18-21 minggu.

    Ultrasonografi (USG) adalah tes prenatal rutin yang dilakukan dengan cara memindai perut Ibu hamil menggunakan gelombang suara untuk menggambarkan janin.

    USG untuk mendeteksi jenis kelamin bayi paling cepat bisa dilakukan pada minggu ke-14. Hasil USG akan lebih akurat pada minggu tersebut karena jenis kelamin bayi belum bisa dibedakan di bawah usia kehamilan 14 minggu.

    Meski demikian, tes ini bisa saja tidak 100% akurat jika bayi berada dalam posisi yang sulit untuk dilihat dengan jelas alat kelaminnya. Selain itu, akurasi USG untuk mendeteksi jenis kelamin juga bisa saja berkurang jika Ibu hamil kembar atau Ibu mengalami obesitas.

  2. Non-Invasive Prenatal Test (NIPT)

    Karena bawaan hamil bayi perempuan maupun laki-laki sebenarnya tidak ada. Maka dari itu, Ibu perlu mengetahui jenis kelamin bayi dengan bantuan dokter.

    Salah satunya dengan melakukan tes Non-Invasive Prenatal Test (NIPT). NIPT adalah tes darah untuk mendeteksi kelainan kromosom saat kehamilan memasuki usia 10 minggu.

    Penelitian dari Journal of American Medical Association menemukan bahwa tes NIPT memiliki tingkat akurasi sebesar 95-99% untuk menentukan jenis kelamin bayi dalam kandungan.

    Tes NIPT dipercaya lebih akurat dalam mendeteksi bayi laki-laki lho, Bu. Hal ini karena normalnya laki-laki memiliki kromosom XY. Sebab, bila sampel darah kekurangan kromosom Y, berarti Ibu tidak sedang hamil bayi laki-laki.

  3. Amniocentesis

    Amniocentesis merupakan tes yang dapat membantu mendeteksi masalah pada perkembangan janin sekaligus mendeteksi jenis kelamin bayi dengan cara mengumpulkan sedikit cairan ketuban yang mengandung sel-sel yang menunjukkan kelainan.

    Biasanya dokter akan merekomendasikan tes ini jika USG mendeteksi adanya kelainan pada janin, jika Ibu hamil berusia lebih dari 35 tahun saat melahirkan, atau jika Ibu memiliki riwayat keluarga dengan gangguan kromosom.

    Jika Ibu ingin melakukan Tes Amniocentesis, tes ini biasanya dapat dilakukan saat kehamilan berusia sekitar 15-18 minggu.

  4. Chorionic villus sampling (CVS)

    Chorionic Villus Sampling (CVS) adalah salah satu tes genetik yang dilakukan untuk mendeteksi kelainan genetik atau kromosom pada janin. Tes CVS dilakukan dengan mengambil sampel vilus korionik, yaitu jenis jaringan pada plasenta.

    Tes ini dapat menunjukkan informasi genetik tentang janin, sehingga Ibu juga dapat mengetahui jenis kelamin buah hati. Biasanya tes CVS bisa dilakukan saat kehamilan berusia sekitar 10-12 minggu.

    Namun, tes CVS tidak bisa dilakukan sembarangan ya, Bu. Dokter biasanya akan merekomendasikan Ibu untuk melakukan tes CVS jika berusia di atas 35 tahun saat melahirkan atau memiliki riwayat keluarga dengan kelainan kromosom.

    Meskipun CVS termasuk tes yang akurat untuk mengetahui jenis kelamin bayi, akan tetapi tes ini memiliki beberapa risiko yang bisa dialami oleh Ibu, seperti kram, pendarahan, bocor ketuban, dan lainnya.

    Oleh karena itu, pemeriksaan seputar kehamilan perlu dikonsultasikan sejak awal dengan dokter kandungan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan ya, Bu. 

Berbicara mengenai bawaan hamil bayi perempuan maupun bayi laki-laki, serta cara mengetahui jenis kelamin buah hati, sebaiknya Ibu perlu menjaga kesehatan diri sendiri dan janin sejak trimester awal.

Apapun jenis kelaminnya, Ibu tetap harus memenuhi asupan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang bayi lebih optimal. Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Selain mengetahui apa saja bawaan hamil bayi perempuan, Ibu juga perlu tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan. Ibu bisa melihat informasi lengkap seputar hal tersebut di Kamus Kehamilan yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.