Menebak ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama terkadang masih dilakukan oleh sebagian Ibu selama masa kehamilan. Tak sedikit yang menerka-nerka ciri hamil bayi laki-laki berdasarkan mitos yang sudah beredar di masyarakat sejak dahulu. Seperti garis perut hamil anak laki-laki atau posisi tidur hamil anak laki-laki. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Padahal, untuk memprediksi jenis kelamin bayi dalam kandungan, Ibu hanya bisa melakukannya dengan cara ultrasonografi (USG) pada usia kehamilan tertentu. Agar Ibu tidak kecewa karena salah menerka, yuk cari tahu mitos dan fakta seputar ciri hamil bayi laki-laki yang sudah dipercaya oleh banyak kalangan.

Mitos dan Fakta Seputar Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki di Trimester Pertama

Berikut ini beberapa mitos dan fakta seputar ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama yang perlu Ibu ketahui, di antaranya: 

  • Mitos: Tidak terlalu merasakan morning sickness dianggap ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama

    Banyak yang menganggap ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama yang terlihat ketika Ibu tidak terlalu merasakan morning sickness selama kehamilan. Morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang biasanya dialami oleh Ibu hamil di trimester awal atau 3 bulan kehamilan.

    Faktanya, Morning sickness termasuk kondisi yang umum terjadi pada Ibu hamil karena adanya perubahan hormon selama kehamilan. Kondisi ini tidak ada hubungannya dengan ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama atau anak perempuan.

    Setiap Ibu akan merasakan morning sickness yang berbeda, meskipun ia mengandung bayi perempuan. Oleh karena itu, morning sickness tidak bisa dijadikan patokan yang valid mengenai ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama.

  • Mitos: Perut ibu hamil bulat sempurna dianggap ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama

    Ibu sering mendengar anggapan perut hamil yang berbentuk bulat sempurna termasuk ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama? Anggapan tersebut ternyata hanya mitos belaka lho, Bu. Faktanya, sebuah studi menyatakan bahwa jenis kelamin bayi dalam kandungan tidak bisa diprediksi oleh bentuk perut ibu hamil.

    Bentuk perut setiap Ibu hamil berbeda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti perubahan postur tubuh, berat badan, ukuran bayi, bentuk rahim, seberapa kencang otot perut, dan apakah itu kehamilan pertama atau bukan.

    Melansir dari laman resmi parents.com, mitos ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama tersebut sama sekali tidak teruji klinis dalam dunia medis, sehingga jika Ibu ingin mengetahui jenis kelamin si Kecil, sebaiknya melakukan USG, tes darah DNA janin, atau uji genetik. 

    Artikel Sejenis

  • Mitos: Ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama yaitu Ibu tidak berjerawat

    Mitos ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama yang satu ini pun dipercaya oleh sebagian Ibu. Padahal, faktanya, mitos ini juga tidak teruji klinis dan tidak diakui dalam dunia medis.

    Bagi sebagian Ibu hamil, jerawat mungkin saja muncul karena adanya perubahan hormon dan kulit yang kurang terawat selama masa kehamilan. Bahkan, ada pula Ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki justru berjerawat karena kondisi kulit yang kurang baik. 

  • Mitos: Ibu ngidam makanan asam atau asin? Itu dianggap ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama

    Jika Ibu mengidam makanan yang asam atau asin, dianggap sebagai ciri hamil bayi laki-laki. Faktanya, menurut ahli gizi dari Texas A&M School of Public Health, Taylor Newhouse menyatakan bahwa mengidam makanan tidak bisa dijadikan tolak ukur sebagai ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama.

    Akan tetapi, Ibu tetap harus memahami tanda mengidam makanan sebagai sinyal kebutuhan tubuh selama hamil. Misalnya, saat Ibu hamil sedang mengidam makanan asin, kemungkinan besar tubuh Ibu sedang membutuhkan lebih banyak asupan lemak sehat. 

  • Mitos: Warna urine lebih gelap dianggap ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama

    Tak sampai di situ lho, Bu, mitos ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama pun sering dikaitkan dengan perubahan warna urine yang lebih gelap. Faktanya, warna urine Ibu hamil berubah selama kehamilan. Urine yang berwarna gelap bisa jadi tanda tubuh Ibu mengalami dehidrasi.

    Kondisi ini biasanya muncul karena morning sickness. Namun, warna urine Ibu hamil juga bisa berubah karena faktor asupan cairan, makanan, adanya infeksi, obat-obatan, dan suplemen. 

  • Mitos: Payudara kanan lebih besar dibandingkan payudara kiri

    Mitos ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama selanjutnya yang sering dipercaya oleh banyak Ibu hamil yaitu mengenai perbedaan ukuran payudara selama masa kehamilan. Faktanya, perubahan hormonal selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah dan menyebabkan adanya perubahan pada jaringan payudara, sehingga membuat ukurannya terlihat lebih besar.

    Payudara cenderung membengkak saat mempersiapkan suplai ASI untuk bayi setelah lahir. Namun, tidak ada bukti dalam dunia medis yang menunjukkan perubahan ukuran payudara dikaitkan dengan jenis kelamin bayi. 

  • Mitos: Penambahan berat badan hanya di bagian perut

    Mitos mengenai ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama sering dikaitkan dengan penambahan berat badan di bagian perut. Banyak Ibu yang percaya bahwa saat mengandung bayi laki-laki, maka berat badannya hanya akan bertambah di bagian perut saja. Sementara, saat mengandung bayi perempuan, berat badannya akan bertambah di seluruh bagian tubuh.

    Mitos ini sudah jelas keliru ya, Bu. Faktanya, sebagian besar Ibu akan mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan. Kondisi penambahan berat badan ini dikaitkan sebagai tanda kehamilan yang sehat, bukan penentuan jenis kelamin bayi dalam kandungan. 

Cara Memprediksi Jenis Kelamin Bayi 

Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki di Trimester Pertama

Dibandingkan percaya dengan mitos seputar ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama, alangkah lebih baiknya jika Ibu mengetahui cara lain untuk memprediksi jenis kelamin bayi. Lantas, kapan Ibu bisa mengetahui jenis kelamin si Kecil?

Banyak Ibu hamil yang baru mengetahui jenis kelamin bayi yang dikandungnya di antara minggu ke-16 sampai 20. Berikut ini beberapa cara memprediksi valid atau tidak ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama, di antaranya:

  1. Ultrasonografi (USG)

    Ultrasonografi (USG) adalah tes prenatal rutin yang dilakukan dengan cara memindai perut Ibu hamil menggunakan gelombang suara untuk menggambarkan janin. Tes USG sering digunakan untuk memeriksa perkembangan dan kesehatan bayi. Selain mengetahui detak jantung, USG juga bisa digunakan sebagai cek jenis kelamin bayi. 

  2. Non-invasive prenatal test (NIPT)

    Ibu juga bisa memprediksi jenis kelamin bayi dengan melakukan tes NIPT, yaitu tes darah yang dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom mulai dari 10 minggu kehamilan. Dalam tes ini, Ibu akan memberikan sampel darah yang kemudian diperiksa di laboratorium terkait dengan DNA janin.

    Meskipun istilah tes ini masih jarang terdengar, namun tes NIPT dapat secara akurat menentukan jenis kelamin bayi. Bahkan, tes ini tidak menimbulkan risiko apapun bagi Ibu maupun janin dalam kandungan. 

  3. Amniosentesis

    Amniosentesis merupakan tes yang dapat membantu mendeteksi masalah pada perkembangan janin. Cara kerja tes ini yaitu dengan mengumpulkan sedikit cairan ketuban yang mengandung sel-sel yang menunjukkan kelainan. Sel-sel ini nantinya akan menentukan kondisi down syndrome, spina bifida, dan kondisi genetik lainnya. 

  4. Chorionic villus sampling (CVS)

    Tes CVS juga termasuk tes yang digunakan untuk mendeteksi kelainan genetik atau kromosom. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel vilus korionik yang merupakan jenis jaringan pada plasenta. Meskipun tes CVS dapat mengetahui kondisi genetik dan memprediksi jenis kelamin secara akurat, namun terdapat beberapa risiko yang mungkin terjadi, seperti pendarahan, kram, dan lainnya. 

Itulah sejumlah mitos mengenai ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama. Jangan lagi menerka dengan mitos seperti seperti garis perut hamil anak laki-laki atau posisi tidur hamil anak laki-laki. Ketahui dengan beberapa cara yang sesuai dengan medis. 

Selain mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan, penting bagi Ibu untuk memantau perkembangan si Kecil hingga setelah melahirkan. Kondisi kesehatan dan tumbuh kembangnya akan ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah asupan nutrisi yang dikonsumsi Ibu hamil. Salah satu pilihannya susu Frisian Flag PRIMAMUM.

Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial – protein penting dalam bentuk siap diserap oleh tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu) dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan selama masa kehamilan.

Semua nutrisi di atas bisa Ibu dapatkan dengan rutin mengonsumsi 1 gelas susu Frisian Flag PRIMAMUM setiap harinya karena Susu Frisian Flag PRIMAMUM memiliki kandungan 9AAE dan 9 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilan dan juga pada saat menyusui nanti. Terlebih lagi DHA sangat dibutuhkan di 1000 hari pertama kehidupan si Kecil sejak dalam kandungan dan DHA dalam Frisian Flag PRIMAMUM juga tertinggi dibandingkan dengan susu sejenisnya. Susu Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat enek atau mual.

Hal yang tak kalah penting, Ibu juga bisa memantau Hari Perkiraan Lahir (HPL) dengan fitur Kalkulator Kehamilan yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima (AKP). Penasaran? Yuk, langsung gabung di halaman ini.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.