Whatsapp Share Like Simpan

Ciri-ciri orang mau melahirkan bisa terlihat dari beberapa tanda yang Ibu hamil rasakan. Memperhatikan tanda-tanda melahirkan adalah hal yang penting bagi para Ibu agar bisa mempersiapkan diri dan bersiaga dalam menghadapi persalinan. Namun, tak sedikit pula Ibu yang baru hamil merasakan kecemasan karena tanda persalinan tak kunjung muncul. Bahkan, ada pula yang kesulitan membedakan tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Ini karena banyak Ibu hamil yang meskipun sudah memiliki hari perkiraan lahir (HPL), tetapi justru tidak bersalin tepat pada hari perkiraan lahirnya. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk memahami seperti apa ciri-ciri orang mau melahirkan agar lebih siap menghadapi persalinan.

Umumnya, ciri-ciri orang mau melahirkan dapat terasa dari 3 minggu sebelum hari perkiraan lahir hingga 2 minggu setelahnya. Terkadang, waktu melahirkan bisa maju lebih awal, mundur, atau tepat di rentang waktu yang diperkirakan. Inilah mengapa setiap Ibu hamil disarankan pula untuk mempersiapkan kebutuhan persalinan sejak jauh hari sebelumnya. Sebab, kondisi yang dialami masing-masing Ibu hamil yang mau melahirkan tentu tidak sama. Maka dari itu, Ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter ketika merasakan ciri-ciri orang mau melahirkan dalam waktu dekat. Dengan begitu, dokter pun akan melakukan tindakan yang tepat. Lantas, apa saja ciri-ciri orang mau melahirkan yang perlu Ibu hamil ketahui?

Ciri-ciri Orang Mau Melahirkan

Seperti yang telah disebutkan, ciri-ciri orang mau melahirkan bisa saja berbeda pada setiap Ibu hamil. Namun, berikut ini ada beberapa ciri-ciri orang mau melahirkan yang umumnya dirasakan pada Ibu hamil, di antaranya: 

  1. Posisi bayi berubah

    Sekitar 1-4 minggu sebelum persalinan dimulai, Ibu mungkin merasa posisi janin dalam kandungan berubah. Namun terkadang, ciri-ciri orang mau melahirkan ini bisa berlangsung beberapa jam sebelumnya. Posisi kepala bayi yang tadinya ada di atas dan kaki di bawah, kini justru sebaliknya. Ibaratnya, secara perlahan bayi mulai “merosot” atau turun ke panggul. Perubahan posisi bayi ini merupakan tanda yang cukup jelas bahwa persalinan semakin dekat. Kondisi ini disebut sebagai “pengenduran”, yaitu bayi sedang mengatur ulang tubuhnya menjadi posisi kepala di bawah dan kaki di atas. Namun, sebagian Ibu hamil merasakan tanda ini di detik-detik akhir menjelang persalinan atau saat persalinan dimulai. 

  2. Kram perut dan nyeri punggung

    Ciri-ciri orang mau melahirkan juga terasa ketika Ibu hamil mengalami kram perut dan nyeri punggung layaknya nyeri yang dirasakan saat mendekati masa menstruasi, tetapi lebih sakit. Tak hanya itu, Ibu hamil yang sudah mendekati waktu persalinan juga akan merasakan nyeri di area paha dan punggung bagian bawah, terutama jika ini bukan kehamilan pertama kali. Dalam kondisi ini, otot dan sendi tubuh Ibu hamil biasanya sedang meregang dan bergeser sebagai ciri-ciri orang mau melahirkan. 

    Artikel Sejenis

  3. Sulit tidur

    Sulit tidur juga termasuk ke dalam ciri-ciri orang mau melahirkan lho, Bu. Biasanya Ibu hamil akan merasakan perasaan gelisah yang tak menentu, sehingga menyebabkan tidur malamnya terganggu. Sebisa mungkin, usahakan agar Ibu bisa tidur atau beristirahat di siang hari, karena Ibu pasti membutuhkan tenaga ketika persalinan berlangsung.

    Namun, tak sedikit pula Ibu hamil yang merasakan perubahan energi dalam tubuhnya saat mendekati waktu persalinan. Ini ditandai dengan adanya keinginan kuat untuk membersihkan dan merapikan segala sesuatu yang tampak di depan mata. Tanda ini membuat Ibu menjadi lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas sambil menanti waktu persalinan yang sesungguhnya

  4. Lebih sering buang air kecil

    Seperti yang telah disebutkan, saat mendekati waktu persalinan, bayi akan turun ke rongga panggul Ibu hamil. Nah, kondisi ini akan membuat rahim menekan kandung kemih, sehingga Ibu hamil akan lebih sering buang air kecil dibandingkan biasanya. 

  5. Perubahan suasana hati

    Ciri-ciri orang mau melahirkan yang biasa terjadi yaitu munculnya perubahan suasana hati Ibu hamil. Ciri perubahan suasana hati ini bisa terlihat ketika Ibu merasa jadi lebih sensitif, mudah marah, atau moody, selayaknya masa-masa saat akan menstruasi. 

    Baca juga: Berkenalan dengan Asam Amino Pembentuk Protein

  6. Lebih mudah bernapas

    Ciri-ciri orang mau melahirkan yang selanjutnya adalah lebih mudah bernapas. Melansir laman resmi American Pregnancy Association, tanda ini terjadi ketika bayi berubah ke posisi lebih rendah, sehingga akan meringankan tekanan pada diafragma Ibu menjadi lebih mudah bernapas. Meskipun demikian, perubahan posisi ini akan memberikan lebih banyak tekanan pada kandung kemih, seperti yang telah disebutkan pada ciri-ciri orang mau melahirkan nomor 4.

  7. Muncul kontraksi palsu

    Munculnya kontraksi palsu termasuk ciri-ciri orang mau melahirkan yang sering dialami Ibu hamil. Kontraksi ini biasa disebut kontraksi braxton-hicks atau pengencangan perut yang datang dan pergi. Umumnya kontraksi ini berlangsung 30-120 detik, tidak terjadi dengan beraturan, dan dapat hilang ketika Ibu hamil berpindah posisi atau saat rileks. Selain itu, kontraksi palsu biasanya hanya terasa di area perut atau panggul, sementara kontraksi sungguhan biasanya terasa di bagian bawah punggung, kemudian berpindah ke bagian depan perut. Sebenarnya kontraksi ini sudah bisa dirasakan Ibu sejak usia kehamilan 16 minggu, tapi kontraksi akan terasa lebih kuat dan lebih sering ketika mendekati masa persalinan.

  8. Keluar lendir kental bercampur darah dari vagina

    Selama kehamilan, leher rahim ditutupi oleh lendir yang kental. Kemudian, saat mendekati waktu persalinan, leher rahim akan membesar dan melunak guna membentuk jalan untuk bayi keluar. Bersamaan dengan itu, lendir leher rahim akan keluar melalui vagina. Warna lendir ini bisa beragam, mulai dari bening, merah muda, atau adanya bercak darah. Lendir ini bisa keluar perlahan-lahan sehingga terlihat seperti keputihan dalam jumlah yang banyak, namun bisa juga langsung keluar dalam bentuk satu kesatuan. 

  9. Air ketuban pecah

    Ciri-ciri orang mau melahirkan yang diketahui banyak orang yaitu pecahnya air ketuban. Kebanyakan Ibu hamil akan merasakan kontraksi terlebih dahulu sebelum air ketubanya pecah. Namun, ada pula Ibu hamil mengalami air ketuban pecah terlebih dahulu. Ketika kondisi ini terjadi, biasanya persalinan akan segera tiba. 

Itulah ciri-ciri orang mau melahirkan yang umum dialami oleh sebagian besar Ibu hamil. Namun, tak menutup kemungkinan ada pula Ibu hamil yang tidak merasakan beberapa ciri di atas. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk selalu memeriksa kondisi kehamilan kepada dokter, agar mengetahui kondisi kesehatan Ibu dan bayi. 

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Mendekati Persalinan

Setelah mengetahui ciri-ciri orang mau melahirkan, kini saatnya Ibu mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan saat mendekati persalinan, salah satunya mempersiapkan perlengkapan Ibu hamil yang meliputi:

  • Tas berisi pakaian dan peralatan mandi
  • Perlengkapan bayi
  • Makanan ringan
  • Bantal dan selimut yang nyaman
  • Buku atau barang lain yang bisa menemani Ibu menunggu persalinan

Selain perlengkapan melahirkan, Ibu juga perlu memastikan siapa yang akan mendampingi selama persalinan. Ibu bisa memilih suami, orang tua, atau saudara. Pastikan mereka siap menemani Ibu saat persalinan dimulai.

Mengetahui ciri-ciri orang mau melahirkan dan perlengkapan yang dibutuhkan menjelang persalinan sangat penting bagi para calon Ibu, terutama yang berencana melahirkan secara normal, karena waktu melahirkan tidak dapat diatur dan tidak selalu sesuai dengan prediksi. Supaya kesehatan bayi tetap terjaga dari awal kehamilan hingga lahir ke dunia, sebaiknya Ibu memenuhi asupan bergizi seimbang selama masa kehamilan. Selain makanan bergizi, susu yang diformulasikan khusus Ibu hamil juga bisa menjadi tambahan nutrisi yang penting dikonsumsi. Salah satu pilihannya adalah Frisian Flag MAMA yang mengandung protein, serat pangan, asam folat, zat besi, serta kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan Ibu dan si Kecil dalam kandungan dan setelah lahir.