Memerhatikan tanda-tanda mau melahirkan adalah hal yang penting bagi para Ibu agar bisa mempersiapkan diri dan bersiaga dalam menghadapi persalinan. Selain itu, pastikan Ibu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Masih banyak Ibu yang baru pertama kali hamil merasakan kecemasan karena tanda-tanda mau melahirkan seperti tak kunjung muncul. Bahkan, ada pula yang kesulitan membedakan tanda-tanda melahirkan sudah dekat. 

Ini karena banyak Ibu hamil yang meskipun sudah memiliki hari perkiraan lahir (HPL), tetapi justru tidak bersalin tepat pada hari perkiraan lahirnya dan bahkan ada yang memiliki tanda mau melahirkan tanpa flek sebelumnya. 

Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk memahami seperti apa tanda mau melahirkan tanpa flek agar lebih siap menghadapi persalinan.

9 Tanda-tanda Mau Melahirkan

Umumnya, tanda-tanda mau melahirkan mulai terasa dari 3 minggu sebelum hari perkiraan lahir hingga 2 minggu setelahnya. Terkadang, waktu melahirkan bisa maju lebih awal, mundur, atau tepat di rentang waktu yang diperkirakan.

Artikel Sejenis

Seperti yang telah disebutkan, Ibu hamil yang mendekati persalinan bisa saja mengalami tanda-tanda yang berbeda. Namun, berikut ini ada beberapa tanda-tanda mau melahirkan yang umumnya dirasakan pada Ibu hamil:

  1. Posisi bayi berubah

    Sekitar 1-4 minggu sebelum persalinan dimulai, Ibu mungkin merasa posisi janin dalam kandungan berubah. Namun terkadang, tanda-tanda mau melahirkan ini bisa berlangsung beberapa jam sebelumnya. 

    Posisi kepala bayi yang tadinya ada di atas dan kaki di bawah, kini justru sebaliknya. Ibaratnya, secara perlahan bayi mulai “merosot” atau turun ke panggul.

    Perubahan posisi bayi ini merupakan tanda yang cukup jelas bahwa persalinan semakin dekat. Kondisi ini disebut sebagai “pengenduran”, yaitu bayi sedang mengatur ulang tubuhnya menjadi posisi kepala di bawah dan kaki di atas.

  2. Kram perut dan nyeri punggung

    Tanda mau melahirkan tanpa flek juga terasa ketika Ibu hamil mengalami kram perut dan nyeri punggung layaknya nyeri yang dirasakan saat mendekati masa menstruasi, tetapi lebih sakit.

    Tak hanya itu, Ibu hamil yang sudah mendekati waktu persalinan juga akan merasakan nyeri di area paha dan punggung bagian bawah, terutama jika ini bukan kehamilan pertama kali.

  3. Sulit tidur

    Sulit tidur juga termasuk ke dalam tanda-tanda mau melahirkan lho, Bu. Biasanya Ibu hamil akan merasakan perasaan gelisah yang tak menentu, sehingga menyebabkan tidur malamnya terganggu.

    Sebisa mungkin, usahakan agar Ibu bisa tidur atau beristirahat di siang hari, karena Ibu pasti membutuhkan tenaga ketika persalinan berlangsung. Namun, tak sedikit pula Ibu hamil yang merasakan perubahan energi dalam tubuhnya saat mendekati waktu persalinan.

  4. Lebih sering buang air kecil

    Seperti yang telah disebutkan, saat mendekati waktu persalinan, bayi akan turun ke rongga panggul Ibu hamil. Nah, kondisi ini akan membuat rahim menekan kandung kemih, sehingga Ibu hamil akan lebih sering buang air kecil dibandingkan biasanya. 

  5. Perubahan suasana hati

    Tanda-tanda mau melahirkan yang biasa terjadi yaitu munculnya perubahan suasana hati Ibu hamil. Ciri perubahan suasana hati ini bisa terlihat ketika Ibu merasa jadi lebih sensitif, mudah marah, atau moody, selayaknya masa-masa saat akan menstruasi.

    Baca juga: Berkenalan dengan Asam Amino Pembentuk Protein

  6. Lebih mudah bernapas

    Tanda-tanda mau melahirkan yang selanjutnya adalah lebih mudah bernapas. Melansir laman resmi American Pregnancy Association, tanda ini terjadi ketika bayi berubah ke posisi lebih rendah, sehingga akan meringankan tekanan pada diafragma Ibu menjadi lebih mudah bernapas.

    Meskipun demikian, perubahan posisi ini akan memberikan lebih banyak tekanan pada kandung kemih, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

  7. Muncul kontraksi palsu

    Munculnya kontraksi palsu termasuk ciri-ciri orang mau melahirkan yang sering dialami Ibu hamil. Kontraksi ini biasa disebut kontraksi braxton-hicks atau pengencangan perut yang datang dan pergi selama 30-120 detik, tidak terjadi dengan beraturan, dan dapat hilang ketika Ibu hamil berpindah posisi.

    Selain itu, kontraksi palsu biasanya hanya terasa di area perut atau panggul, sementara kontraksi sungguhan biasanya terasa di bagian bawah punggung, kemudian berpindah ke bagian depan perut.

    Sebenarnya kontraksi palsu sudah bisa dirasakan Ibu sejak usia kehamilan 16 minggu, tapi kontraksi akan terasa lebih kuat dan lebih sering ketika mendekati masa persalinan.

  8. Keluar lendir kental bercampur darah dari vagina

    Selama kehamilan, leher rahim ditutupi oleh lendir yang kental. Kemudian, saat mendekati waktu persalinan, leher rahim akan membesar dan melunak guna membentuk jalan untuk bayi keluar.

    Bersamaan dengan itu, lendir leher rahim akan keluar melalui vagina. Warna lendir ini bisa beragam, mulai dari bening, merah muda, atau adanya bercak darah.

    Lendir ini bisa keluar perlahan-lahan sehingga terlihat seperti keputihan dalam jumlah yang banyak, namun bisa juga langsung keluar dalam bentuk satu kesatuan.

  9. Air ketuban pecah

    Tanda-tanda mau melahirkan yang banyak dialami oleh Ibu hamil, yaitu pecahnya air ketuban. Kebanyakan Ibu hamil akan merasakan kontraksi terlebih dahulu sebelum air ketubannya pecah. Namun, ada pula Ibu hamil mengalami air ketuban pecah terlebih dahulu saat mendekati persalinan.

Tak menutup kemungkinan ada pula Ibu hamil yang tidak merasakan beberapa tanda di atas. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk selalu memeriksa kondisi kehamilan kepada dokter, agar mengetahui kondisi kesehatan Ibu dan bayi.

Tahapan Proses Persalinan Normal

Tahapan proses persalinan normal - ibudanbalita

Jika Ibu menjalani persalinan normal, ada beberapa tahap yang biasa disebut dengan kala. Berikut ini tahapan yang harus dilewati untuk bisa bertemu dengan si Kecil:

  1. Fase 1 Proses Persalinan

    Tahap pertama persalinan terjadi saat Ibu mulai merasakan kontraksi yang terus-menerus. Kontraksi ini menjadi lebih kuat, lebih teratur, dan lebih sering dari waktu ke waktu.

    Tahap pertama merupakan proses pembukaan rahim yang terbagi menjadi dua fase, yaitu persalinan awal dan persalinan aktif. Selama persalinan awal Ibu mungkin akan merasakan kontraksi ringan dan tidak teratur, serta cairan bening berwarna merah muda atau sedikit berdarah dari vagina.

    Kontraksi akan menjadi lebih kuat dan teratur saat memasuki fase persalinan aktif. Ibu mungkin akan merasakan kaki kram, mual hebat, dan ketuban pecah.

  2. Fase 2 Proses Persalinan

    Pada tahap kedua persalinan, Ibu perlu mengejan untuk bisa bertemu dengan si Kecil. Proses mengejan membutuhkan beberapa menit hingga beberapa jam untuk Ibu yang baru pertama kali menjalani persalinan.

    Dokter atau bidan yang menangani Ibu akan meminta untuk mengejan selama setiap kontraksi dan memberi tahu kapan waktu yang tepat untuk mengejan. Ibu bisa mencoba berbagai posisi yang berbeda sampai menemukan posisi mengejan paling nyaman.

  3. Fase 3 Proses Persalinan

    Selama tahap ketiga persalinan ini, Ibu perlu mengeluarkan plasenta yang biasanya berlangsung selama 6-15 menit setelah si Kecil lahir. Proses mengeluarkan plasenta ini tidak boleh lebih dari 30 menit, karena bisa menyebabkan komplikasi seperti perdarahan.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Mendekati Persalinan

hal yang perlu dipersiapkan saat mendekati persalinan - ibudanbalita

Setelah mengetahui tanda-tanda mau melahirkan, kini saatnya Ibu mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan saat mendekati persalinan. Salah satunya mempersiapkan perlengkapan Ibu hamil yang meliputi:

  • Tas berisi pakaian dan peralatan mandi
  • Perlengkapan bayi
  • Makanan ringan
  • Bantal dan selimut yang nyaman
  • Buku atau barang lain yang bisa menemani Ibu menunggu persalinan.

Mengetahui ciri-ciri orang mau melahirkan dan perlengkapan yang dibutuhkan menjelang persalinan sangat penting bagi para calon Ibu, terutama yang berencana melahirkan secara normal.

Supaya kesehatan bayi tetap terjaga dari awal kehamilan hingga lahir ke dunia, sebaiknya Ibu memenuhi asupan bergizi seimbang selama masa kehamilan. Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Sebagai tambahan informasi, Ibu juga bisa lho memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima, salah satunya fitur Kalkulator Kehamilan yang memudahkan Ibu untuk mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) si Kecil. Ayo, coba fiturnya sekarang juga.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.