Whatsapp Share Like
Simpan

Mendidik si Kecil identik dengan buku, tapi kini gadget pun bisa dijadikan media edukasi anak. Dari gadget, si Kecil bisa belajar berbagai macam hal melalui aplikasi. Beragam aplikasi khusus untuk si Kecil diciptakan dengan fitur yang mendidik dan melatih keterampilan maupun kreativitas si Kecil. Ini merupakan salah satu dampak positif gadget untuk si Kecil.

Melihat manfaat yang diberikan gadget tersebut, Ibu perlu memberikan buah hati aplikasi edukasi anak yang dapat dengan mudah diunduh di Store yang tersedia pada gadget. Berikut ini beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk si Kecil mainkan:

IOS

Untuk sistem aplikasi IOS, bisa mencoba aplikasi-aplikasi di bawah ini:

  • Aplikasi Swampy memberikan instruksi kepada pemainnya untuk memandikan buaya yang bernama Swampy. Namun untuk bisa memandikan buaya ini membutuhkan strategi lho, Bu. Si kecil harus mencari jalan supaya saluran air dapat terisi air. Jika berhasil, maka Swampy bisa langsung mandi, tapi jika gagal ia akan menangis. Lucu sekali, ya.
  • Cut The Rope. Ini adalah aplikasi edukasi anak berjenis permainan yang mengajarkan si Kecil tentang strategi. Untuk memainkan permainan ini si Kecil harus memotong tali-tali dengan tujuan untuk mendapatkan semua bintang dan permen untuk tokoh dalam permainan yang bernama Om Nom. Meski terlihat simpel, tapi Cut The Rope membutuhkan strategi cerdik supaya bisa menyelesaikan misi yang diberikan. Hal ini pun akan mengasah otak dan kreativitas si Kecil.
  • Playtales (Digital Book). Membelikan si Kecil buku terkadang cepat sekali rusak ya, Bu. Entah robek, kusut, sampulnya lepas, bahkan sampai hilang. Sayang sekali, bukan? Aplikasi edukasi anak bernama Playtales ini bisa menjadi solusi. Dikarenakan berbasis digital, buku cerita ini tidak akan bisa rusak.

    Didalamnya bahkan terdapat fitur read to me yang akan otomatis membacakan untuk si Kecil. Namun jika Ibu ingin mendongengkan, tinggal pilih saja fitur read by myself. Si kecil juga pasti akan terpesona saat melihatnya aneka menu tersembunyi yang ada di tiap halaman.

  • Dora ABCs Vol 1: Letters & Letter Sounds. Ini adalah aplikasi edukasi anak yang selanjutnya bisa Ibu ajarkan pada si Kecil. Aplikasi dengan tokoh kartun populer Dora ini dapat mengajarkan si Kecil cara membaca huruf dalam bahasa Inggris. Melalui aplikasi ini si Kecil dapat belajar dapat belajar dengan cara yang lebih menarik dan tidak membosankan. Untuk bisa mengunduhnya di gadget, Ibu perlu membayar $3.00.

Baca juga: 4 Aplikasi Gratis Agar Kegiatan Belajar Makin Seru

Artikel Sejenis

Android

Bagi Ibu yang memakai gadget berbasis Android, bisa mengunduh beberapa contoh aplikasi edukasi anak berikut ini:

  • Kids Shape Preschool. Ingin memperkenalkan si Kecil dengan aneka warna dan bentuk? Gunakan saja aplikasi Kids Shape Preschool, Bu. Memiliki grafis yang bagus dan berwarna-warni, aplikasi edukasi anak ini akan menjadi cara belajar yang mudah bagi si Kecil. Berbagai jenis bentuk, mulai dari segitiga, lingkaran, hingga segi empat, ada di sini.
  • Kids Preschool Puzzle Lite. Si Kecil suka bermain puzzle tapi kepingan puzzle nya sering hilang? Ganti saja permainan puzzle nya dengan Kids Preschool Puzzle Lite, Bu. Aplikasi ini memiliki aneka bentuk puzzle untuk dirangkai oleh si Kecil, mulai dari makanan, hewan, transportasi, huruf, angka, dan bentuk geometris. Setelah puzzle selesai dirangkai, akan muncul suara yang menyebutkan nama benda tersebut.
  • Cake Maker. Si Kecil pasti sering menirukan Ibu saat sedang memasak, bukan? Kalau begitu aplikasi Cake Maker akan membantu menuangkan kegemarannya dalam menggunakan alat-alat dapur. Di aplikasi ini si Kecil bisa belajar cara membuat kue ulang tahun dengan langkah-langkah yang lengkap, mulai dari memasukkan tepung, memecahkan telur, memanggang adonan di oven, hingga mendekorasinya. Ia pun bebas untuk mendekorasi kue sesuai dengan keinginannya.
  • Toddler Cars. Anak-anak sangat suka melihat berbagai jenis transportasi. Nah, aplikasi edukasi anak bernama Toddler Cars ini akan membantu si Kecil untuk mengenal nama-nama transportasi yang ada di sekitarnya. Hanya tinggal menyentuh gambar dari transportasi yang ada di aplikasi, maka akan muncul suara yang menyebutkan nama dari transportasi tersebut dalam bahasa Inggris beserta bunyinya. Si Kecil dijamin pasti menyukainya.
  • Kids Coloring Fun. Untuk si Kecil yang suka sekali mewarnai, coba berikan aplikasi Kids Coloring Fun, Bu. Dari banyaknya aplikasi mewarna untuk si Kecil, aplikasi edukasi anak yang satu ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Ada 220 halaman dengan sebelas tema mewarnai yang menarik dan dilengkapi dengan navigasi, glitter, serta sticker juga. Si Kecil pasti akan sangat suka mewarnai dengan aplikasi ini.

Masih ada banyak lagi aplikasi edukasi anak yang bisa diunduh di gadget Ibu. Jangan lupa untuk mendampingi dan mengajari si Kecil saat ia memainkannya. Batasi juga penggunaan gadget pada buah hati supaya ia tetap bisa bermain dan bergerak aktif, ya.

Konsultasikan masalah anak dengan mudah hanya di laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

Sumber:

Idntimes, Ayahbunda