Share Like
Simpan

“Hah? Mengajak si Kecil main smartphone atau tablet? Memangnya baik, ya?” Begitu kira-kira reaksi saya dulu waktu ada kerabat yang menyarankan saya untuk mengunduh beberapa aplikasi menarik agar kegiatan belajar si Kecil jadi makin variatif.

Dari kejadian itu, saya pun jadi penasaran dan mencoba mencari info lebih lanjut dengan membaca situs dan forum di dunia maya. Hasilnya? Ternyata, dari yang saya baca di Baby Center, penggunaan tablet dalam proses belajar sebenarnya tidak apa-apa Bu, asalkan masih dalam batas yang wajar. Seperti yang ditulis dalam situs tersebut, tablet atau smartphone sendiri sebaiknya baru mulai dikenalkan kepada si Kecil setelah ia berumur 2 tahun ke atas. Selain itu, batas penggunaanya juga harus dijaga, yaitu tidak lebih dari 20 menit/hari.

Lalu, apa saja aplikasi yang cocok untuknya? Nah, untuk menjawab pertanyaan Ibu, kali ini saya mau membagikan beberapa aplikasi menarik dan gratis yang bisa dipakai untuk acara belajar si Kecil hari ini. Yuk, kita lihat bersama daftarnya!

 

Laugh & Learn: Shapes & Color

Platform: iOS & Android

Cocok untuk usia: 2-4 tahun

Melalui karakternya yang lucu serta warna-warna cerah dan lagu-lagu ceria, aplikasi ini dapat menjadi pilihan yang menarik bagi kita para Ibu yang ingin mengenalkan si Kecil tentang aneka ragam bentuk dan warna. Selain itu, si Kecil juga bisa ikut belajar tentang aksi dan reaksi dengan menekan keyboard warna-warni yang memiliki bunyi berbeda-beda.

 

Marbel Belajar Huruf

Platform: iOS & Android

Cocok untuk usia: 2-6 tahun

Ingin mengenalkan si Kecil dengan huruf? Coba gunakan aplikasi seru yang satu ini, Bu. Di dalamnya, ada 3 pilihan mode yang bisa si Kecil pilih, yaitu “Per Huruf”, “Semua Huruf”, atau “ Huruf & Benda”. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan pilihan permainan edukatif yang menarik dan ikut mengasah pengetahuan si Kecil akan nama-nama huruf.

 

LumiKids Park

Platform: iOS

Cocok untuk Usia: 2 tahun ke atas

Aplikasi pemenang The Kids at Play Interactive (KAPI) Awards 2015 ini menghadirkan taman virtual yang dihuni monster-monster lucu dan menghibur. Menariknya, permainan edukatif di dalamnya dirancang secara khusus untuk mendukung proses perkembangan daya kognitif, motor, serta kemampuan sosial dan emosionalnya. Tak hanya untuk si Kecil, aplikasi ini pun memberikan berbagai macam tips bagi orang tua tentang cara mengembangkan kemampuan si Kecil tersebut dalam aktivitas sehari-hari.

 

Kids Puzzles Puzzingo

Platform: iOS & Android

Cocok untuk Usia: 3 tahun ke atas

Si Kecil suka bermain puzzle, Bu? Nah, aplikasi yang satu ini menawarkan berbagai macam puzzle dengan gambar ilustrasi yang menarik dan terus di-update secara berkala. Serunya, setiap kali si Kecil berhasil menyelesaikan puzzle-nya, akan muncul mini games yang bisa dimainkan olehnya. Total, ada lebih dari 90 puzzle yang bisa dipilihnya saat belajar nanti.

Nah, sudah tahu ingin mengundah aplikasi yang mana untuk si Kecil, Bu? Jangan lupa, pastikan Ibu terus mendampinginya saat bermain nanti dan terapkan waktu bermain yang tepat untuknya ya, yaitu tidak lebih dari 20 menit/hari. Selain itu, variasikan juga dengan aktivitas lain agar proses belajarnya bisa terus berjalan optimal. Selamat bermain dan belajar bersama si Kecil, Bu!