Whatsapp Share Like
Simpan

Lucunya melihat tingkah polah bayi saat ia berusia 6 bulan! Di usia ini bayi memang sudah menunjukkan banyak gerakan baru yang akan membuat Ibu senang, seperti melambaikan tangan saat akan pergi atau menggelengkan kepala saat menolak sesuatu. Mainan untuk bayi 6 bulan pun akan sangat dibutuhkan untuk merangsang perkembangan, terutama kognitif dan motoriknya. Tahukah Ibu apa saja mainan yang direkomendasikan untuk diberikan pada bayi 6 bulan? Ini dia daftarnya, Bu:

Buku Kain

Buku selalu bisa menjadi mainan edukatif yang baik untuk diberikan kepada anak-anak. Buku memiliki gambar yang menarik dan berwarna-warni sehingga dapat merangsang perkembangan kognitif dan motorik bayi. Saat melihat gambar-gambar pada buku, bayi pun akan belajar berpikir dan berimajinasi. Tangan-tangannya pun akan senang untuk memegang, menyentuh, dan meremas buku tersebut. Bagi bayi berusia 6 bulan akan lebih baik untuk memberikan buku kain atau softbook sehingga lebih aman untuk dimainkan dan tidak mudah robek.

Teether

Di usia 6 bulan, biasanya bayi sudah mulai tumbuh gigi. Kondisi ini akan membuatnya jadi merasa tidak nyaman pada gusi sehingga menjadi rewel. Untuk mengatasinya, berikan teether untuk digigit bayi dan mengurangi rasa tidak nyaman yang ia rasakan. Agar lebih efektif, cuci bersih dan dinginkan mainan untuk bayi 6 bulan ini di dalam freezer terlebih dulu sebelum diberikan kepada bayi ya, Bu.

Boneka

Bentuk yang menggemaskan dan bahannya yang lembut membuat boneka menjadi mainan favorit banyak bayi. Ia akan senang memegang, meremas, hingga memeluk boneka mainannya. Tak jarang bayi juga akan membawanya saat tidur.

Ibu harus memastikan untuk memberikan boneka yang aman bagi bayi. Tidak terdapat bagian-bagian kecil yang berisiko ia telan, seperti benang atau tali, ataupun material tajam yang dapat melukai bayi. Selain itu, pilihlah boneka dengan ukuran sedang supaya lebih nyaman untuk ia mainkan.

Artikel Sejenis

Bola

Bayi 6 bulan akan sangat tertarik dengan bola. Mainan ini juga bisa dimainkan dengan berbagai cara. Contohnya saja Ibu menggelindingkan bola ke arah bayi Ibu, maka ia pun akan berusaha bergerak untuk mengambilnya. Saat memegang bola, bayi juga akan belajar untuk melempar dan meminta Ibu untuk mengambilkannya, kemudian ia akan lempar lagi.

Supaya aman untuk dimainkan bayi, pilih bola yang berukuran sedang dan berbahan empuk ya, Bu. Bola yang terlalu kecil berisiko ia telan, sedangkan yang terlalu besar akan sulit untuk dipegang tangannya yang mungil.

Activity Board

Activity board merupakan jenis mainan yang memiliki bentuk unik dengan warna-warna mencolok dan dapat mengeluarkan aneka bunyi saat dipencet. Tentunya bayi akan sangat senang untuk memainkannya. Tidak hanya menyenangkan, mainan untuk bayi 6 bulan ini juga sangat baik untuk melatih koordinasi tangan dan mata serta fungsi sensorik bayi, Bu.

Alat Musik

Bayi pasti akan sangat tertarik dengan semua mainan yang dapat mengeluarkan bunyi. Untuk itu Ibu bisa memberinya mainan alat musik yang dapat merangsang kemampuan motorik bayi. Saat dipencet atau dipukul, mainan tersebut akan mengeluarkan bunyi. Di sini bayi akan belajar untuk mengenali dari mana sumber bunyi tersebut, sekaligus mengenalkannya pada efek sebab-akibat.

Mainan Pencet

Tangannya yang mungil mulai seneng untuk memencet-mencet benda yang ia lihat, apalagi yang bisa mengeluarkan bunyi. Sama seperti alat musik, mainan untuk bayi 6 bulan ini akan bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan motorik bayi. Saat ia memencet mainan tersebut, maka akan ada bunyi yang keluar. Tidak hanya suara musik saja, terkadang ada mainan yang dilengkapi dengan suara hewan atau transportasi, sehingga ia bisa belajar lebih banyak lagi.

Boneka Tangan

Selain boneka, ada juga boneka tangan yang baik untuk diberikan pada bayi 6 bulan. Bentuknya yang unik akan membuat bayi menjadi tertarik untuk ikut memainkannya. Ajak ia bermain dengan cara memasukkan tangan Ibu ke dalam boneka tersebut, lalu Ibu bisa mendongeng atau mengajak bayi berbicara. Cara ini dapat melatih imajinasi sekaligus merangsang kemampuan bahasa dan bicara bayi.

Itulah beberapa daftar mainan untuk bayi 6 bulan, Bu. Bagi bayi, waktu bermain adalah waktunya ia untuk belajar, sehingga perbanyaklah bermain bersamanya. Tak hanya dapat merangsang kemampuan bayi, bermain bersama buah hati juga dapat membangun bonding, sehingga akan memiliki hubungan yang lebih erat. Di samping itu, berikan juga nutrisi lengkap di masa MPASI bayi ya, Bu, agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

Jika Ibu ingin berkonsultasi seputar tumbuh kembang anak, tanyakan saja kepada ahlinya di laman Tanya Pakar. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dahulu ya, Bu.

 

Sumber:

www.motherandbaby.co.id