Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana perkembangan si Kecil saat ini? Dari artikel online yang saya baca, pertumbuhan otak si Kecil akan meningkat secara pesat ketika memasuki usia 7 bulan. Lalu, apakah ia sudah mulai aktif bermain? Jika begitu, tandanya Ibu sudah perlu mulai lebih selektif dalam membelikannya mainan anak. Nah, mainan anak seperti apa yang cocok untuk mendukung perkembangan bayi 7 bulan? Ini dia beberapa jenis mainan yang pernah saya berikan untuk buah hati saya, Bu!

1. Mainan untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa si Kecil

Memasuki usia 7 bulan, rasa ingin tahu si Kecil akan semakin meningkat. Nah, hal ini bisa Ibu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan bahasanya dengan memberikan mainan boneka tangan atau membacakannya buku cerita. Ketika melakukan aktivitas menyenangkan ini, tanpa disadari si Kecil akan belajar banyak kosakata baru untuk mendukung tumbuh kembang bayi, Bu. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk membaca buku cerita atau bermain boneka tangan bersama si Kecil ya, Bu.

2. Mainan untuk Stimulasi Motorik si Kecil

Selain membaca buku dan bermain boneka tangan, saya juga sering mengajak si Kecil bermain bola untuk merangsang perkembangan motoriknya. Berdasarkan artikel online yang saya baca, bermain bola dapat melatih otot tangan dan kaki si Kecil. Ibu juga bisa mengajaknya bermain balok dengan belajar menggengga, dan memindahkannya. Kegiatan ini dapat memperkuat motorik halus, terutama pada jari dan telapak tangannya, Bu. Namun, sebelum menyediakan bola atau balok, pastikan ukurannya tidak terlalu besar sehingga sulit digenggam maupun terlalu kecil karena rentan tertelan ya, Bu.

3. Mainan untuk Optimalkan Perkembangan Otak si Kecil

Tahukah Ibu? Mainan yang mengeluarkan bunyi ternyata dapat merangsang perkembangan otak si Kecil, lho. Misalnya, boneka yang mengeluarkan suara, kotak musik, keyboard anak, kolintang mini, dan sejenisnya. Mainan-mainan ini dapat merangsang si Kecil untuk memberi respon terhadap irama dan tempo. Pada usia 7 bulan, si Kecil mungkin belum bisa memberikan respon berupa mengikuti nyanyian maupun bergerak sesuai irama. Meski begitu, ketika si Kecil mulai tenang atau mendengarkan, tandanya otaknya mulai merespon nada dari mainan tersebut, Bu.

Itu dia beberapa rekomendasi jenis mainan anak yang bisa menjadi referensi Ibu. Yuk, dukung perkembangan bayi 7 bulan dengan cara menyenangkan. Selamat bermain bersama si Kecil, Bu!