Share Like
Simpan

Ada sukacita bercampur rasa haru ketika si Kecil akan mencapai ulang tahun pertamanya. Bayi mungil yang dulu terlihat sangat ringkih, kini sudah tumbuh cerdas dan aktif! Oleh karena itu, rasanya ingin sekali memberikan kado spesial pada si Kecil sebagai wujud kasih sayang untuknya.

Dulu, beberapa hari sebelum hari ulang tahun si Kecil yang pertama, saya juga sempat bingung. Namun, pada akhirnya saya memutuskan untuk memberinya hadiah spesial berupa mainan balok kayu. Syukurlah, dia suka sekali dengan hadiahnya! Dari informasi yang saya tahu, mainan balok kayu bermanfaat untuk mengasah keterampilan motorik kasar dan halus si Kecil, lho.

Nah, sebenarnya ada banyak pilihan mainan untuk anak berusia 1-3 tahun. Untuk mendapatkan manfaat dari mainan tersebut, Ibu harus cermat memilihnya. Berikut ini adalah beberapa opsi hadiah ulang tahun untuk si Kecil:

1. Telepon Mainan

Sebagian besar anak berusia 1 tahun pasti senang sekali bila diberikan telepon mainan, apalagi kalau si Kecil dilarang memainkan telepon genggam milik Ibu atau Ayahnya. Jika sudah memberikan telepon mainan, jangan lupa untuk ikut bermain ya, Bu. Caranya, angkat saja telepon genggam milik Ibu seakan-akan sedang berkomunikasi dengannya. Mainan ini bisa melatih dia berbicara, serta merangsang kepekaannya dalam berinteraksi dengan orang lain.

2. Alat Musik Mainan

Kegemarannya membuat kegaduhan, sebenarnya adalah trik si Kecil dalam mencuri perhatian. Alat musik mainan bisa menjadi pilihan agar suara gaduh yang dia buat lebih menyenangkan. Ibu bisa memberikan dia keyboard mainan dengan tambahan suara-suara hewan, gitar mainan, atau gendang mini. Bermain alat musik mainan bisa melatih keterampilannya sejak dini, lho. Siapa tahu dia akan menjadi rockstar di masa depan, Bu!

3. Puzzle

Puzzle yang saya maksud bukan puzzle dengan pecahan kecil ya, Bu. Berikan si Kecil puzzle dengan gambar utuh dan besar, sehingga dia hanya perlu menyesuaikan bentuk dan ukurannya saja. Kenalkan juga beragam gambar yang ada pada puzzle tersebut. Mainan ini bermanfaat untuk melatih koordinasi mata dan tangan, serta melatih kecerdasan visualnya.

4. Mainan Beroda

Menginjak usia 1 tahun, biasanya si Kecil sudah berusaha berdiri dan berjalan sendiri dengan sepasang kaki mungilnya. Aneka mainan yang bisa didorong seperti kereta bayi, hewan beroda,  atau mobil mini yang bisa digerakkan dengan kaki, akan bermanfaat untuk melatihnya berjalan dengan lebih percaya diri.

5. Mainan untuk Mandi

Waktu mandi bisa jadi tambah seru dengan sederet mainan seperti pistol air, bebek karet yang bisa mengambang, serta mainan berbentuk aneka hewan yang bisa menyemprotkan air. Bermain di kala mandi juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa takut si Kecil pada air dan meningkatkan kreativitasnya.

Bagaimana, Bu? Ternyata banyak juga ya inspirasi hadiah untuk ulang tahunnya yang pertama. Jangan lupa, jadikan momen tersebut sebagai momen yang begitu berharga untuknya. Selamat ulang tahun untuk si Kecil! Semoga panjang umur dan sehat selalu!