Whatsapp Share Like Simpan

Ulang tahun anak identik dengan perayaan dan tiup lilin. Meski hanya kecil-kecilan, tapi merayakan ulang tahun sudah bisa membuat anak-anak merasa sangat senang. Sayangnya, di era new normal ini kita tidak diperbolehkan untuk membuat acara yang melibatkan banyak orang berkumpul di satu tempat. Jadi, bagaimana solusinya jika ingin tetap merayakan ulang tahun anak yang berkesan? Ibu mungkin bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

Mendekorasi Rumah dengan Pernak-pernik Ulang Tahun

Untuk meramaikan suasana, pasanglah dekorasi berupa pernak-pernik ulang tahun di rumah. Pasang dekorasi di kamar anak dan di ruangan yang akan dijadikan lokasi untuk perayaan ulang tahunnya. Ibu bisa mengajak anak untuk membuat sendiri dekorasinya menggunakan kertas berwarna-warni yang dibentuk menjadi bintang atau bunga. Pasang juga beberapa balon dan ucapan ulang tahun yang besar. Dengan cara ini, rumah akan dipenuhi oleh nuansa ulang tahun yang cerah dan ceria.

Membuat Kue Bersama

Biasanya, para orang tua lebih memilih untuk membeli kue ulang tahun di toko. Bagaimana kalau kali ini Ibu mencoba membuat kue sendiri di rumah? Ajak juga anak untuk mewujudkan kue impiannya. Dijamin ia pasti akan sangat bersemangat, Bu.

Manfaatkan teknologi untuk mencontek resep yang banyak terdapat di internet. Sesuaikan rasa, warna, dan dekorasi kue sesuai keinginan anak. Membuat kue ulang tahunnya sendiri seperti ini akan menjadi momen berharga yang akan selalu dikenang anak untuk selamanya.

Pesta Ulang Tahun Secara Virtual

Tak perlu bersedih meski tidak bisa mengundang teman-teman atau anggota keluarga lainnya untuk merayakan ulang tahun anak. Ibu tetap bisa kok merasakan kehadiran mereka dengan memanfaatkan teknologi canggih saat ini, yaitu dengan jaringan internet dan gadget.

Artikel Sejenis

Buatlah perayaan ulang tahun secara virtual dengan mengundang teman-teman anak dan anggota keluarga lainnya melalui panggilan video. Ajak mereka untuk menyanyikan lagu ulang tahun, meniup lilin, memainkan permainan, dan berjoget bersama untuk menikmati hari spesial anak bersama-sama. Pasti pesta ini tidak kalah seru dengan perayaan ulang tahun yang biasanya, Bu.

 

Baca juga: 5 Inspirasi untuk Hadiah Ulang Tahun Pertamanya!

Jadikan Sebagai Hari Kebebasan Anak

Hari ulang tahun adalah hari spesial bagi anak untuk memperingati hari kelahirannya ke dunia. Oleh karenanya, buatlah hari tersebut sebagai hari kebebasan anak untuk membuat anak merasa spesial. Berikanlah ia kebebasan untuk melakukan aktivitas apapun, makan makanan kesukaan, memilih pakaian sendiri, atau apa saja yang ia sukai di rumah. Anak bisa bebas melakukan apa saja sekali dalam setahun tentu akan membuatnya sangat senang.

Bermain Game Bersama

Pesta ulang tahun anak akan terasa kurang lengkap tanpa adanya permainan seru yang dimainkan bersama-sama. Jadi, pastikan Ibu juga menciptakan sesi permainan di hari ulang tahunnya ini. Ada banyak jenis permainan yang seru untuk memeriahkan suasana. Misalnya saja bermain sambung kata, flash card, monopoli, dan masih banyak lagi.

Selain permainan dalam ruangan, Ibu juga bisa menciptakan permainan luar ruangan yang dilakukan di halaman belakang, misalnya saja menembak balon air, memasukkan bola ke dalam tabung, tikus dan kucing, atau mencari harta karun. Di samping menyenangkan, bermain juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan anak lho, Bu.

Baca Juga: Apakah Mata si Kecil Bermasalah?

Pesta Ulang Tahun Amal

Di kondisi perekonomian yang sedang tidak stabil saat ini, kita harus banyak bersyukur atas kesehatan dan keharmonisan keluarga yang dimiliki. Ibu pun bisa mengajarkan pada anak cara bersyukur dengan membuat pesta ulang tahun amal untuk menolong orang lain yang sedang membutuhkan bantuan.

Ibu bisa mengajak anak membuat bingkisan berisi makanan dan alat tulis untuk dibagikan di panti asuhan. Melalui kegiatan ini, anak dapat belajar berempati dan berbagi kepada sesamanya. Membantu orang lain juga akan memberikan kebahagiaan di dalam diri. Untuk itu, jadikan kegiatan beramal ini sebagai agenda rutin Ibu dan anak ya, bu.

Berikan Kartu Berisi Ucapan Ulang Tahun yang Bermakna

Buatlah acara ulang tahun anak semakin tidak terlupakan dengan memberikan kartu yang berisikan ucapan ulang tahun yang ditulis sendiri. Minta juga teman-teman anak dan keluarga untuk mengirimkan ucapan mereka. Setelah itu, pasang kartu-kartu tersebut di kamar anak sebagai tambahan dekorasi agar pestanya semakin meriah. Ucapan ulang tahun yang indah merupakan doa dan permohonan dari orang-orang terdekat untuk anak yang akan menjadikan hari spesialnya semakin bermakna.

 

Merayakan ulang tahun anak tidak harus dengan membuat pesta mewah dan besar-besaran, Bu. Beberapa tips di atas sudah bisa menjadikan hari spesial anak terasa bermakna dan tidak terlupakan seumur hidup, meski harus diselenggarakan di masa new normal ini. Jangan lupa, berikan juga hadiah yang sesuai dengan keinginan anak agar ia semakin bertambah senang.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa langsung berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Para ahli di sana akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.


Sumber:

Viva.co.id