Whatsapp Share Like Simpan

Anak-anak untuk sementara disarankan berada di rumah saja hingga situasinya mulai membaik. Namun, ada kalanya anak terpaksa diajak bepergian karena alasan tertentu, misalnya untuk imunisasi atau periksa ke dokter. Kalau sudah begini, maka Ibu wajib meminta anak untuk selalu menggunakan masker saat bepergian. Masalahnya adalah anak-anak kerap merengek tidak merasa nyaman saat memakai masker. Jadi, bagaimana cara membujuk anak agar mau menggunakannya? Coba ikuti beberapa cara berikut ini ya, Bu:

Beri Penjelasan Pentingnya Menggunakan Masker

Saat meminta anak mau terus memakai masker, Ibu harus memberikan penjelasan mengapa hal tersebut sangat penting. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak bahwa masker berguna untuk melindungi dirinya dari serangan virus yang kini sedang merajalela di sekitarnya.

Jika ia tidak mau memakai masker, ia bisa berisiko tertular sehingga membuatnya sakit dan tidak bisa bermain dengan bebas. Bahkan, ia juga mungkin harus dirawat di rumah sakit. Diharapkan dengan memberikan penjelasan seperti ini akan membuat anak memahami pentingnya melindungi diri dengan masker pada kondisi saat ini.

Berikan Contoh

Sebagai orangtua, Ibu juga harus memberikan contoh untuk selalu menggunakan masker saat bepergian. Tunjukkan bahwa Ibu sangat peduli akan keselamatan diri pada kondisi sekarang ini. Ibu pun berharap anak juga mau peduli terhadap keselamatannya sehingga mau memakai maskernya. Saat Ibu mengenakan masker, maka ia akan merasa ditemani dan bersedia untuk mengenakannya juga.

Bermain Peran yang Melibatkan Masker

Mengajarkan sesuatu kepada anak-anak akan lebih mudah jika dilakukan melalui permainan. Untuk memperkenalkan pemakaian masker, Ibu bisa menggunakan permainan peran. Caranya adalah bermain dokter-dokteran. Ibu berperan menjadi dokter, sedangkan anak adalah perawat yang membantu dokter.

Artikel Sejenis

Gunakan boneka untuk memainkan peran sebagai pasien yang sakit karena tidak mau menggunakan masker. Dikarenakan Ibu berperan sebagai dokter, maka Ibu berupaya menasehati sang pasien boneka bahwa kalau ingin tetap sehat ia harus memakai masker saat bepergian. Melalui cara ini, anak pasti akan lebih tertarik untuk mendengarkan dan memahami maksud pemakaian masker tersebut.

 

Baca juga: Wajib Dibawa! 8 Peralatan Bayi untuk Bepergian di New Normal

Buat Masker Sendiri

Anak mungkin enggan menggunakan masker karena tidak nyaman dengan material dari masker atau bisa jadi motifnya. Jadi untuk menyiasati hal ini, ajak ia untuk membuat maskernya sendiri sesuai dengan motif yang ia sukai. Misalnya anak menyukai karakter Doraemon, maka pilihlah kain yang lembut bermotif karakter tersebut. Setelah itu, potong kainnya membentuk masker yang sesuai standar kesehatan. Buat masker yang tidak terlalu ketat untuk anak, sehingga ia tidak kesulitan untuk bernapas.

Ajarkan Cara Pakai Masker yang Benar

Ketika anak sudah bersedia untuk memakai masker, kini Ibu perlu mengajarkan bagaimana cara menggunakan masker yang benar.

  • Mengenakan masker harus menutup area hidung dan mulut.
  • Sebelum melepas masker, bersihkan tangan terlebih dulu menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.
  • Saat makan dan masker harus dilepas, simpan masker pada wadah tertutup.
  • Penggunaan masker medis hanya untuk sekali pakai, sedangkan masker kain boleh dikenakan berulang kali.
  • Masker kain harus langsung dicuci setelah dipakai.

Tetap Berusaha & Bersabar

Mengajak anak untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru tidak bisa dengan cara instan. Ibu akan membutuhkan waktu agar ia benar-benar memahami makna penggunaan masker di waktu ini. Jadi, langkah terakhir yang bisa Ibu lakukan adalah terus berusaha mengajak anak untuk menggunakan masker. Bersabarlah dan jangan mudah menyerah. Jika Ibu konsisten mengajari anak, maka perlahan ia pasti akan mengerti.

Hal yang Wajib Dilakukan Selama & Setelah Bepergian

Selain selalu mengingatkan pentingnya penggunaan masker, Ibu juga harus selalu mengajarkan pada anak tentang protokol kesehatan selama dan setelah bepergian berikut ini:

  • Tidak sembarangan menyentuh benda saat berada di tempat umum.
  • Menjaga jarak dengan orang lain.
  • Tidak menyentuh area mata, hidung, dan mulut sebelum membersihkan tangan.
  • Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer berbahan alkohol.
  • Bersihkan tangan terlebih dulu sebelum makan.
  • Bepergian seperlunya saja, tidak perlu lama-lama.
  • Setelah sampai di rumah, segera berganti pakaian dan mandi untuk menjaga kebersihan badan serta mencegah kuman bersarang di dalam rumah.
  • Selalu jaga kesehatan dengan makan makanan bernutrisi tinggi dan menjalani pola hidup sehat.

Bagaimana dengan buah hati, Bu? Apakah Ibu juga memiliki masalah serupa yang susah membujuk anak untuk menggunakan masker ketika bepergian? Jika ya, beberapa tips di atas akan membantu masalah Ibu. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Bu.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa langsung berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Para ahli di sana akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.


Sumber:

Kumparan

Theasianparent