Whatsapp Share Like Simpan

Anak-anak hingga saat ini masih harus bersekolah dari rumah saja, termasuk anak TK. Supaya kreativitas anak TK tetap terus terasah, maka Ibu bisa mengajak buah hati untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitasnya.

Kreativitas pada anak perlu dilatih sejak dini karena terdapat beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh anak hingga ia dewasa kelak. Inilah beberapa kegiatan di rumah yang bisa meningkatkan kreativitas anak TK selama di rumah:

Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang sangat mudah untuk mulai diberikan pada anak TK. Dari kegiatan menggambar, anak bebas untuk menuangkan imajinasi yang ada di kepalanya. Biarkan anak berkreasi melalui krayon di atas kertas. Ia mungkin belum bisa menggambar dengan jelas, tapi dari situ ia akan bisa mengembangkan imajinasinya.

Sedangkan dari kegiatan mewarnai, kemampuan motorik anak juga akan ikut terlatih. Mewarnai dapat melatih keterampilan tangan anak untuk memegang benda dan menggerakkannya sesuai dengan garis pada gambar.

Bermain Plastisin

Untuk melatih kreativitas anak TK, Ibu juga bisa mengajak anak untuk bermain plastisin. Memiliki tekstur yang kenyal dan mudah dibentuk, plastisin akan menjadi wadah bagi anak untuk membuat aneka jenis bentuk yang ia suka. Bermain plastisin juga akan meningkatkan keterampilan motorik anak. Saat meremas dan membentuk plastisin, tangan anak bisa menjadi lebih kuat dalam memegang benda, seperti saat menulis.

Artikel Sejenis

Membaca Buku

Membaca buku tidak hanya bisa menambah banyak ilmu, tetapi juga meningkatkan kreativitas anak. Dari cerita yang ada di dalam buku, otak anak akan berkembang dan merangsang daya kreativitasnya. Ia bisa meniru karakter yang ada di dalam cerita yang bisa berguna untuk melatih kemampuan berbahasa anak.

Role Play

Selain menyenangkan, Bermain peran atau role play juga dapat membuat anak TK jadi lebih kreatif lho, Bu. Dengan bermain peran, anak bisa menjadi tokoh atau peran apapun yang ia mau. Dari situ, ia akan belajar mengembangkan kreativitasnya untuk mendalami peran tersebut. Anak juga akan belajar berbagai macam hal baru dari peran yang ia mainkan.

Misalnya saja ia berperan menjadi dokter. Anak pun akan belajar melakukan pekerjaan dokter seperti aslinya, seperti memeriksa, mengukur suhu, menyuntik, dan sebagainya.

 

Baca juga: Mendorong Kreativitas dan Imajinasi Anak

Bermain Sambung Kata

Meningkatkan kreativitas anak TK bisa dengan cara bermain sambung kata. Permainan ini bisa dilakukan dengan cara saling menyambungkan kata secara bergantian. Saat bermain sambung kata, maka otak anak akan terangsang untuk berpikir kreatif mencari kata yang pas dengan kata yang diucapkan oleh lawan mainnya. Selain bisa merangsang kreativitas anak TK, permainan ini tentu juga akan menambah banyak kosakata baru dalam ingatan anak.

Memasak

Ajak anak memasak bersama yuk, Bu. Layaknya bermain, Memasak bagi anak-anak adalah wadah untuk menunjang kreativitasnya. Membuat kue kering misalnya. Ia bisa bebas berkreasi untuk membuat kue dalam bentuk, warna, dan rasa apapun yang ia inginkan. Memasak juga dapat melatih kemampuan tangan anak agar lebih kuat dan terampil untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

Percobaan Ilmiah

Bermain sambil belajar, Ibu bisa mengajak anak untuk melakukan percobaan ilmiah sederhana yang sesuai dengan usianya. Melalui percobaan ilmiah, kreativitas anak TK akan lebih meningkat. Saat melakukan percobaan, kreativitas anak akan terangsang dengan baik untuk bisa berkreasi. Bukan cuma itu saja, anak pun akan mendapatkan banyak ilmu baru dengan cara yang menyenangkan.

Membuat Prakarya

Merangsang kreativitas anak TK bisa dilakukan dengan cara membuat prakarya. Gunakanlah barang-barang bekas yang masih bisa dipakai untuk disulap menjadi barang yang berguna untuk anak. Misalnya saja membuat pigura. Minta anak untuk menghias sendiri pigura miliknya dengan dekorasi yang lucu. kegiatan ini akan sangat mengasah kreativitas anak supaya ia menjadi anak yang kreatif.

Menyusun Puzzle

Puzzle merupakan permainan edukatif yang memiliki banyak manfaat untuk anak, salah satunya adalah untuk mengasah kreativitas. Dari potongan-potongan puzzle, kreativitas anak akan terangsang untuk dapat menyusun puzzle dengan benar. Biarkan ia untuk mencoba menyusunnya sendiri dan menemui kesulitan. Dari kesulitan tersebutlah anak akan belajar bagaimana solusi untuk yang tepat agar bisa menemukan potongan puzzle yang tepat.

Manfaat Kreativitas untuk Anak

Kreativitas anak TK perlu diasah secara optimal sekak dini supaya mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Melatih kemampuan motorik
  • Mengasah daya analisis
  • Melatih mental
  • Mengembangkan harga diri
  • Memahami diri sendiri
  • Mengembangkan kepercayaan diri
  • Membebaskan diri dari stres
  • Mengasah emosi dan sosialisasi

 

Nah, itulah beberapa kegiatan yang dapat merangsang kreativitas anak TK, Bu. Jangan lupa untuk Selalu mendampingi anak melakukan kegiatan di atas agar kreativitasnya dapat berkembang dengan optimal. Selamat beraktivitas dan menghabiskan waktu bersama buah hati ya, Bu.

Bagi Ibu yang masih punya pertanyaan seputar anak, jangan ragu untuk melakukan berkonsultasi pada laman Tanya Pakar. Namun pastikan Ibu sudah melakukan registrasi sebelumnya ya, Bu!


Sumber:

Ibudanbalita

Hadila