Whatsapp Share Like Simpan

Menghadiri pesta ulang tahun teman anak kurang lengkap kalau belum membawa kado ya, Bu. Untuk anak-anak, biasanya banyak yang memilih hadiah berupa mainan karena akan membuat anak merasa sangat senang. Namun, Ibu sebaiknya memberikan kado ulang tahun anak yang tidak hanya membuatnya senang, tapi juga bermanfaat. Kira-kira, apa ya yang bisa dijadikan hadiah yang bermanfaat untuk anak? Berikut ada beberapa ide yang bisa Ibu tiru:

Kotak Makan & Botol Minum

Di usia ini, anak pasti akan membawa bekal makan dan minum dari rumah untuk dibawa ke sekolah setiap hari. Jadi, kotak makan dan botol minum akan menjadi kado ulang tahun anak yang sangat bermanfaat. Pilihlah corak dan warna yang sesuai untuk anak, sehingga ia jadi lebih bersemangat untuk menghabiskan bekalnya. Ibu juga perlu mempertimbangkan kotak makan dan botol minum yang tertutup rapat, sehingga tidak akan mudah tumpah ketika dimasukkan ke dalam tas anak.

Buku Dongeng

Pilihan lainnya untuk kado ulang tahun anak adalah buku dongeng. Memberi hadiah berupa buku akan sangat berguna, karena buku memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Apalagi di usia ini anak sedang membutuhkan banyak rangsangan untuk mengembangkan berbagai kemampuannya. Pilihlah buku dongeng yang mengandung banyak pesan moral untuk dijadikan sebagai bahan pelajaran di kehidupan sehari-hari anak. Ibu pun bisa memilih buku yang memiliki gambar karakter menarik dan penuh warna.

Mainan Masak-masakan

Melihat kegiatan ibunya memasak di dapur pasti akan membuat setiap anak perempuan ingin menirunya. Nah, mengingat hal ini, Ibu bisa memberikan hadiah berupa satu set mainan masak-masakan alias kitchen set yang terdiri dari kompor, panci, pisau, talenan, piring, dan aneka bahan makanan.

Dengan warna yang khas anak perempuan dan desainnya yang mungil, mainan ini merupakan hadiah yang sangat menggemaskan bagi setiap anak perempuan. Kado ulang tahun anak ini juga bisa melatihnya untuk belajar memasak yang akan sangat bermanfaat saat ia sudah besar nanti.

Artikel Sejenis

Mainan Building

Mainan building adalah salah satu jenis mainan edukasi yang dapat merangsang berbagai kemampuan anak. Di usia taman kanak-kanak anak juga sedang membutuhkan banyak rangsangan, dan mainan building merupakan media yang tepat untuk anak belajar dengan cara yang menyenangkan. Dari mainan ini, anak bisa mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan motorik halus. Sangat bermanfaat, bukan?

Kue Beraneka Warna

Kado ulang tahun anak tidak melulu berupa barang, Bu. Makanan pun bisa dijadikan sebagai ide hadiah, seperti kue, puding, atau donat. Untuk menarik minat anak-anak, pilihlah yang memiliki hiasan menggemaskan dengan warna-warna bernuansa pastel. Dengan rasa yang manis dan tampilan menarik, dijamin anak pasti tidak sabar untuk langsung menyicipinya.

Tas Sekolah

Selain kotak makan, tas sekolah juga merupakan kado ulang tahun anak yang bisa ia pakai setiap hari ke sekolah. Tas berfungsi untuk menyimpan semua kebutuhannya selama di sekolah. Pilih tas yang bagus dan awet untuk dipakai dalam jangka waktu lama, baik dari bahan maupun jahitannya. Untuk anak TK, pilihkan ukuran sedang yang pas dengan ukuran tubuhnya serta memiliki gambar yang lucu dan disukai oleh anak-anak.

 

Baca juga: 5 Inspirasi untuk Hadiah Ulang Tahun Pertamanya!

Peralatan Sekolah

Memberikan kado ulang tahun anak berupa peralatan sekolah bisa selalu menjadi pilihan yang tepat, karena benda ini pasti sangat berguna. Peralatan sekolah ini berupa buku tulis, buku gambar, pensil, penghapus, kotak pensil, penggaris, dan pewarna. Semua perlengkapan tersebut akan terpakai untuk ia belajar di sekolah maupun di rumah. Hadiah ini juga cukup terjangkau, sehingga sangat pas untuk dipilih jika Ibu memiliki budget yang terbatas.

Pakaian

Kado ulang tahun anak berupa pakaian pasti akan sangat bermanfaat untuk ia kenakan. Apalagi sekarang ini pakaian anak semakin beraneka ragam, sehingga akan memberikan banyak pilihan untuk diberikan sebagai hadiah. Anak perempuan pasti akan selalu terlihat sangat cantik saat mengenakan dress. Kalau untuk anak laki-laki, pilihlah kemeja yang akan membuatnya tampak keren. Pastikan Ibu memilih dress dengan bahan yang nyaman dan tidak gerah saat dikenakan oleh anak, ya.

Aksesoris

Siapa sih yang tidak gemas saat melihat aksesoris anak-anak? Dengan bentuknya yang lucu, rasanya ingin selalu membelinya ya, Bu. Jadi, kenapa tidak memilihnya sebagai kado ulang tahun anak saja? Aksesoris bisa menjadi ide yang sangat bagus untuk hadiah ulang tahun, karena anak sedang berada dalam masa suka mencoba memakai berbagai macam aksesoris.

Apalagi anak perempuan yang umumnya suka berdandan dan memakai aksesoris. Aksesoris, seperti bando, jepit, pita, kalung, gelang, atau cincin, dapat melengkapi penampilan anak-anak agar semakin terlihat cantik. Sedangkan untuk anak laki-laki Ibu bisa memberikan aksesoris berupa sabuk, topi, dan kacamata hitam.

Jam Tangan

Selain aksesoris, jam tangan pun bisa membuat penampilan anak jadi lebih trendi. Bukan cuma itu saja, jam tangan juga dapat mengajari anak cara membaca jam lho, Bu, sehingga barang ini akan menjadi kado ulang tahun anak perempuan yang tepat. Ada banyak sekali pilihan jam tangan dengan aneka motif dan warna yang khas anak. Ibu hanya tinggal memilih mana yang merupakan favorit dari anak tersebut.

Sepeda

Jika Ibu memiliki budget lebih, sepeda bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kado ulang tahun anak, Bu. Sepeda merupakan sarana yang baik untuk menjaga kesehatan sekaligus melatih banyak keterampilan anak, seperti kekuatan kaki dan tangan, keseimbangan, serta koordinasi mata dan tangannya. Bermanfaat sekali kan, Bu? Anak juga pasti akan sangat senang saat mendapatkan hadiah berupa sepeda, apalagi kalau motif dan warnanya imut.

 

Itulah beberapa ide yang bisa dijadikan sebagai kado ulang tahun anak, Bu. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan kertas kado yang imut dan ucapan yang penuh makna supaya tampilannya lebih menarik anak, ya. Semoga informasi ini dapat menginspirasi Ibu.

Ingin berkonsultasi seputar anak? Kunjungi saja laman Tanya Pakar, Bu. Para ahli di sana akan menjawab semua pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu, ya.

Sumber:

Orami