Memilih susu penambah berat badan anak 2 tahun tidak bisa asal pilih. Pasalnya, Ibu juga perlu memastikan bahwa nutrisi lain yang ia butuhkan selama masa tumbuh kembang juga terpenuhi dengan baik. Ibu sebaiknya memberikan si Kecil susu pertumbuhan seperti Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat. Susu ini mengandung tinggi DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya. Si Kecil pun dapat tumbuh Cermat dan Kuat.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Berbeda dengan bayi yang masih mengandalkan ASI sebagai nutrisi utama untuk tumbuh kembangnya, anak yang berusia 2 tahun pada umumnya sudah bisa diberi asupan nutrisi yang berasal dari makanan padat. Hanya saja, tumbuh kembangnya terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Itulah mengapa susu pertumbuhan yang juga dapat berperan sebagai susu penambah berat badan anak 2 tahun dibutuhkan dalam tumbuh kembang si Kecil.

Kandungan Nutrisi Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun

Susu penambah berat badan anak 2 tahun akan membantu menaikkan berat badan si Kecil agar sesuai dengan berat dan tinggi ideal sesuai usianya berkat adanya beberapa kandungan nutrisi berikut ini:

  1. Protein

    Protein merupakan nutrisi utama yang harus ada di dalam susu penambah berat badan anak 2 tahun. Sebab, nutrisi ini sangat berpengaruh terhadap kekuatan otot dan pertumbuhan si Kecil. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, protein juga dapat membantu menaikkan massa otot, sehingga akan berdampak juga pada massa tubuh. Jika massa tubuh tinggi, maka berat badan pun akan meningkat.

    Menurut Angka Kecukupan Gizi dari Kementerian Kesehatan, anak yang berusia 1-3 tahun setiap harinya membutuhkan 26 gram protein. Meski begitu, protein di dalam susu penambah berat badan anak 2 tahun ini hanyalah sebagai pelengkap saja.

    Artikel Sejenis

    Si Kecil tetap membutuhkan asupan makanan yang kaya kandungan protein, seperti telur, daging, seafood, jamur, dan kacang-kacangan sebagai cara menambah berat badan anak 2 tahun yang paling utama.

    Salah satu susu penambah berat badan anak 2 tahun yang tinggi protein yaitu susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Dalam setiap sajiannya, terdapat kandungan protein sebesar 5 gram.

  2. Karbohidrat

    Susu penambah berat badan anak 2 tahun juga mengandung karbohidrat sebagai tambahan kalori yang akan membantu menambah bobot si Kecil. Kalori merupakan jumlah energi yang dilepaskan oleh tubuh ketika menyerap dan mencerna makanan.

    Semakin tinggi jumlah kalori yang dikonsumsi oleh si Kecil setiap hari, maka energi yang diberi oleh tubuh pun jadi semakin banyak. Ketika si Kecil mengonsumsi kalori dengan jumlah yang lebih banyak dari yang ia butuhkan, tubuhnya pun akan menyimpan sisa kalori tersebut dalam bentuk lemak tubuh.

    Sebagai informasi, pada 1 gr karbohidrat terdapat 4 kkal energi. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, anak berusia 1-3 tahun membutuhkan asupan karbohidrat harian sebanyak 155 gram. Asupan karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, gandum, kentang, ubi, jagung, dan pasta.

    Selain dari makanan, Ibu juga bisa memenuhi asupan karbohidrat si Kecil dari susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Setiap sajian susu Frisian Flag Primagro 1+ memiliki kandungan karbohidrat total sebesar 22 gram.

    Baca Juga: Tips Mengatasi Si Kecil yang Susah Mengonsumsi MPASI

  3. Lemak

    Kandungan nutrisi susu penambah berat badan anak 2 tahun - ibudanbalita

    Lemak merupakan jenis nutrisi yang wajib terkandung di dalam susu penambah berat badan anak 2 tahun, karena dapat dengan efektif menaikkan bobot si Kecil. Supaya berat badan si Kecil bisa mencapai ideal, ia akan membutuhkan asupan lemak harian sebanyak 44 gram.

    Salah satu susu penambah berat badan anak 2 tahun dengan kandungan lemak yang cukup tinggi, yaitu susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Dalam tiap sajiannya diketahui terdapat 6 gram lemak total yang dapat membantu menaikkan berat badan si Kecil.

    Selain dari susu penambah berat badan anak 2 tahun, berikan juga sumber makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, seperti ikan, telur, kacang-kacangan, keju, mentega, minyak ikan, dan minyak sayur.

    Baca juga: 5 Penyebab Berat Badan Bayi Susah Naik dan Solusinya

  4. Omega 6

    Menurut studi yang diterbitkan di jurnal Multidisciplinary Digital Publishing Institute Nutrients, asam lemak omega 6 adalah nutrisi yang dapat menambah massa lemak sehat di dalam tubuh. Pada penelitian ini juga disebutkan bahwa omega 6 yang terkandung di dalam darah akan berpengaruh pada peningkatan berat badan anak.

    Oleh karena itu, susu penambah berat badan anak 2 tahun juga mengandung omega 6 agar berat badannya bisa meningkat sesuai batas ideal. Untuk anak berusia 1-3 tahun, Kementerian Kesehatan telah menetapkan kebutuhan harian omega 6 harian sebanyak 7 gram.

    Ibu bisa membantu kebutuhan omega 6 si Kecil terpenuhi dengan memberikannya susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Satu gelas susu ini mengandung 666 gram omega 6 yang dapat membantu menaikkan bobot si Kecil.

  5. Kalsium

    Kalsium adalah salah satu mineral yang diperluka dalam pembentukkan dan kekuatan tulang anak. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kemenkes, kebutuhan kalsium harian anak usia 1-3 tahun adalah sebesar 650 gram.

    Kalsium bisa didapatkan dari ikan teri, kacang kedelai, dan susu penambah berat badan anak 2 tahun. 

    Susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa menjadi pilihan Ibu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian si Kecil. Mengonsumsi satu gelas susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dapat membantu memenuhi 30% kebutuhan kalsium yang bagus untuk memperkuat tulang si Kecil.

  6. Vitamin D

    Supaya kalsium dapat berfungsi dengan optimal, tubuh harus mempunyai cukup kadar vitamin D. Maka dari itu, susu penambah berat badan anak 2 tahun juga harus mengandung vitamin D. Nutrisi ini akan membantu penyerapan kalsium dan jenis mineral lainnya yang dibutuhkan untuk meningkatkan kepadatan mineral di dalam tulang.

    Vitamin D yang terkandung di dalam susu penambah berat badan anak 2 tahun dapat membantu memperkuat tulang si Kecil, sehingga massa tulang pun ikut meningkat. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kemenkes, kebutuhan vitamin D harian anak usia 1-3 tahun adalah sebesar 15 mikrogram.

    Vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari, kuning telur, jamur, tiram, produk kedelai, sereal, yoghurt, dan ikan berlemak. 

Baca juga: 14 Kandungan Susu yang Bermanfaat untuk Anak

Tips Menyajikan Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun

Tips menyajikan susu penambah berat badan anak 2 tahun - ibudanbalita

Susu penambah berat badan anak 2 tahun boleh diberikan ketika berat badan si Kecil berada di bawah batas normal. Ibu tetap harus memerhatikan dosis yang tepat dan pastikan sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan supaya susu tersebut tidak memicu kenaikan berat badan yang berlebih. Sebab, pemberian susu penambah berat badan anak 2 tahun hanyalah sebagai tambahan nutrisi.

Cara menambah berat badan anak 2 tahun yang utama, yaitu tetap memberi makanan padat yang mengandung kalori serta semua nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya. Susu penambah berat badan anak 2 tahun hanya boleh diberikan pada si Kecil yang memang sulit makan dan memiliki berat badan di bawah ideal.

Selain itu, pemberian susu penambah berat badan anak 2 tahun juga harus dikonsultasikan terlebih dulu pada dokter supaya dosisnya tepat sesuai kebutuhan. Susu ini juga hanyalah sebagai penambah, jadi Ibu tetap harus memberikan makanan padat yang kaya nutrisi.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam susu penambah berat badan anak 2 tahun di atas, pasti Ibu semakin yakin memilih susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, bukan? Apalagi 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat.

Selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat. Selain mengandung tinggi DHA dan 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Tak kalah pentingnya dari itu, Ibu juga bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangannya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.