Whatsapp Share Like
Simpan

Di masa pertumbuhannya, si Kecil akan sangat membutuhkan banyak nutrisi. Selain bisa didapatkan dari makanan, kebutuhan nutrisi bisa didapatkan dari susu. Susu bubuk pertumbuhan sangat dianjurkan karena mengandung nilai gizi yang lengkap untuk tumbuh kembang anak. Apa saja kandungan susu tersebut? Berikut daftar beserta fungsinya untuk perkembangan si Kecil:

Kalsium

Untuk pertumbuhan tulang dan giginya, si Kecil akan membutuhkan kalsium yang memiliki porsi yang besar di dalam susu bubuk pertumbuhan. Selain itu kalsium juga bermanfaat sebagai penghantar transmisi impuls saraf dan pembekuan darah. Agar kebutuhan kalsiumnya tercukupi, si Kecil sebaiknya minum susu sebanyak 3 kali sehari. Bila ia rutin minum susu, maka pertumbuhan tulangnya bisa lebih maksimal dan tubuhnya jadi lebih tinggi. Kemudian giginya pun lebih cepat tumbuh dan tidak cepat keropos.

Fosfor

Masih untuk kebutuhan tulang dan giginya, kali ini ada zat fosfor yang terkandung dalam susu. Fosfor bermanfaat untuk menyeimbangkan asam basa pada tubuh yang akan mendukung proses pembentukan struktur tulang dan gigi supaya mempunyai kadar kekuatan yang normal. Saat fosfor bertemu dengan kalsium maka akan terbentuk senyawa kalsium fosfat yang berperan besar dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

Vitamin D

Vitamin D sangat diperlukan bagi anak-anak di masa pertumbuhannya. Kandungan susu ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tulangnya agar bisa tumbuh optimal dan terhindar dari penyakit tulang, seperti rakhitis. Penyakit ini masih banyak ditemukan di negara-negara berkembang dan umumnya menyerang anak berusia 6 bulan hingga 3 tahun. Rakhitis adalah kelainan yang mengakibatkan tulang menjadi lunak dan lemah sehingga bentuknya bisa berubah dan pertumbuhannya jadi terhambat. Vitamin D akan bekerja sama dengan kalsium dan fosfat untuk membuat pertumbuhan tulang anak menjadi kuat dan sehat.

Protein

Protein merupakan zat yang membawa banyak fungsi bagi tubuh. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan dengan orang dewasa. Zat ini berfungsi sebagai penguat struktur, pertumbuhan, penguat imunitas, katalisator, dan neurotransmiter. Protein banyak diperlukan bagi jaringan tubuh untuk membentuk otot, tulang, sistem tubuh, dan organ tubuh. Saat ada jaringan tubuh yang rusak, maka protein akan bekerja untuk menggantinya. Selain itu protein juga diperlukan untuk pembuatan hemoglobin yang menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk itulah si Kecil sangat membutuhkan protein dalam tiap asupannya. Susu hadir untuk mencukupi kebutuhan protein si Kecil di samping sumber protein lainnya.

Artikel Sejenis

Omega 3

Omega 3 merupakan salah satu jenis asam lemak yang memiliki banyak manfaat bagi anak. Dikarenakan tubuh tidak bisa memproduksi, maka omega 3 harus disuplai melalui asupan tambahan. Sumber makanan yang banyak mengandung omega 3 adalah ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan makarel. Namun kini sudah banyak susu yang mengandung omega 3 untuk memberikan banyak manfaat bagi anak di masa emasnya. Manfaat tersebut antara lain meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan kesehatan mental, mencegah berbagai penyakit, dan meningkatkan kemampuan membaca.

Omega 6

Sama seperti omega 3, omega 6 juga merupakan asam lemak yang tidak diproduksi oleh tubuh sehingga memerlukan tambahan asupan dari makanan dan susu. Manfaatnya pun hampir sama, yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan mengurangi gejala beberapa penyakit kronis. Selain itu omega 6 juga bisa mengendalikan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan begitu anak jadi terhindar dari resiko kegemukan dan diabetes. Omega 3 dan 6 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan otak, jadi sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi keduanya.

AA dan DHA

Di dalam susu anak juga sebaiknya mengandung AA dan DHA. AA merupakan singkatan dari Arachidonic Acid sedangkan DHA adalah Docosehaxaenoic Acid. Keduanya merupakan asam lemak tak jenuh yang ada di dalam rantai panjang yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat dari AA dan DHA adalah sebagai pembentukan jaringan penglihatan, jaringan saraf, otak, dan sistem imun. Saat kandungan AA dan DHA pada tubuh anak tercukupi, si Kecil akan tumbuh jadi anak yang cerdas, memiliki penglihatan yang sehat, dan lebih kebal terhadap penyakit.

Probiotik

Kandungan susu lainnya yang tak kalah penting  untuk pertumbuhan anak adalah probiotik. Probiotik sebenarnya merupakan salah satu jenis bakteri baik yang hidup secara alami di dalam usus manusia dan bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat utamanya adalah untuk memperkuat imunitas, melawan infeksi penyebab diare, dan mencegah viral gastroenteritis. Untuk itu bakteri ini banyak digunakan pada beberapa produk untuk mengobati penyakit diare kronis yang diderita oleh anak-anak. Susu membantu jumlah probiotik di dalam usus tetap tercukupi untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga bisa berdampak pada pertumbuhan yang optimal pada anak. 

(sumber: hellosehat.com)

Prebiotik

Terakhir ada prebiotik yang juga baik untuk anak. Berbeda dengan probiotik, prebiotik merupakan senyawa natural dalam makanan yang tidak bisa dicerna oleh usus. Fungsi dari prebiotik adalah sebagai suplemen yang membantu pertumbuhan mikroorganisme baik pada sistem pencernaan. Bila mikroorganisme baik tercukupi, maka akan ikut menjaga kesehatan pencernaan anak sekaligus meningkatkan penyerapan kalsium yang bermanfaat pada pertumbuhan tulang dan gigi. Prebiotik banyak ditemui pada beberapa sumber makanan, seperti bawang merah dan bawang putih, kedelai, gandum, pisang, buah-buahan, asparagus, daun bawang, bawang prei, dan kacang polong-polongan.

Nah, itulah beberapa kandungan susu yang sangat dibutuhkan oleh tumbuh kembang anak di masa pertumbuhannya, Bu. Ibu harus teliti dalam memberikan susu bubuk pertumbuhan kepada si Kecil dengan membaca daftar kandungan yang ada pada kemasan. Susu dapat membantu, terutama saat si Kecil sedang susah makan, agar kebutuhannya tetap tercukupi. Ibu bisa memilih susu Frisian Flag 123 kepada anak setidaknya 3 kali sehari ya, Bu.