Pada masa tumbuh kembang, si Kecil membutuhkan banyak nutrisi agar menjadi anak yang lebih prima. Selain bisa didapatkan dari makanan, kebutuhan nutrisi juga bisa didapatkan dari susu. Susu bubuk pertumbuhan sangat dianjurkan karena mengandung berbagai nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Pastikan Ibu memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

9AAE dan DHA termasuk nutrisi penting yang harus dikonsumsi secara bersamaan lho, Bu. Ini karena 9AAE disebut juga sebagai protein super yang bertugas untuk menyerap nutrisi-nutrisi lain, terutama DHA. Kalau si Kecil kekurangan 9AAE, tubuhnya tidak bisa menggantikan nutrisi tersebut. 

Itulah sebabnya, 9AAE sangat penting untuk dikonsumsi bersamaan dengan DHA agar dapat memaksimalkan akal kreatif si Kecil. Dengan begitu, si Kecil jadi lebih kreatif, tangkas, dan berani. Nah, 9AAE yang lengkap dan DHA 4x lebih tinggi bisa Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+

Kenapa ya 9AAE harus dipenuhi secara lengkap? Karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri nih, Bu, sehingga harus didapatkan dari makanan yang mengandung protein tinggi, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. 

Akan tetapi, dalam masa tumbuh kembang, sebaiknya si Kecil mengonsumsi protein hewani secara tepat dan teratur ya, Bu. Sebab, protein nabati (kacang, sayuran, dan buah) tidak memiliki 9AAE yang lengkap, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko terhambatnya tumbuh kembang si Kecil.

Artikel Sejenis

Hal tersebut sudah didukung oleh penelitian dari J.Nutr lho, Bu. Penelitian ini menunjukkan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE bisa menghambat hormon pertumbuhan anak sebanyak -50%. Ibu pasti tidak ingin hal ini dialami oleh si Kecil, kan? 

Untuk itu, pilihlah susu anak yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dan DHA 4x lebih tinggi, seperti susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Supaya lebih jelas, kita simak berbagai kandungan susu dan manfaatnya bagi tumbuh kembang si Kecil, yuk!

Apa Saja Kandungan Susu yang Penting Bagi Anak?

Berikut ini beberapa kandungan susu yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, antara lain:

  • Protein

    Protein merupakan zat gizi makro yang berperan penting untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Artinya, protein bertugas untuk meningkatkan tumbuh kembang si Kecil agar lebih prima.

    Itulah sebabnya, anak-anak membutuhkan asupan protein dalam masa pertumbuhannya. Sebab, protein bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai sumber energi, meningkatkan hormon pertumbuhan, menjaga kesehatan tulang, gigi, dan mata, membantu kesehatan pencernaan, dan lain sebagainya.

    Pada masa tumbuh kembang, sebaiknya si Kecil rutin mengonsumsi ‘protein super’ atau 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Asupan ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari protein hewani, salah satunya susu. 

    Kalau si Kecil kekurangan 9AAE, maka kemungkinan besar tumbuh kembangnya akan terhambat lho, Bu. Hal ini didukung oleh penelitian dari J.Nutr yang menyebutkan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE bisa menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan ini mencakup tinggi badan si Kecil. 

    Sekarang Ibu tidak perlu khawatir lagi karena 9AAE yang lengkap bisa didapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+, kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya demi mendukung potensi tumbuh kembang si Kecil lebih prima. Bahkan, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga sudah diperkaya dengan berbagai nutrisi prima agar si Kecil lebih kreatif, tangkas, dan berani. 

  • DHA

    Selain 9AAE, DHA juga termasuk nutrisi yang sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, Bu. Sebab, DHA berperan sebagai komponen struktural utama otak yang dapat mendukung kecerdasan, tingkat kognitif, dan fungsi sistem saraf yang optimal. 

    Nah, 9AAE dan DHA harus dikonsumsi secara bersamaan lho, agar manfaatnya lebih optimal bagi si Kecil. Ibaratnya, 9AAE adalah mobil, sedangkan DHA adalah penumpangnya. Jika si Kecil tidak mengonsumsi 9AAE, maka DHA (penumpang) pasti tidak bisa diantarkan ke tujuan masing-masing, yaitu ke dalam sel-sel tubuh si Kecil. 

    Asupan DHA bisa Ibu dapatkan dengan mudah dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, bahkan kandungan DHA-nya 4x lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ cukup efektif untuk meningkatkan perkembangan si Kecil agar lebih kreatif, apalagi dikombinasikan dengan 9AAE dan nutrisi prima lainnya. 

  • Omega 3 (ALA)

    Omega 3 (ALA) merupakan salah satu jenis asam lemak yang memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Dikarenakan tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, maka omega 3 harus disuplai melalui asupan tambahan, salah satunya adalah susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+

  • Omega 6 (LA)

    Sama seperti omega 3, omega 6 juga merupakan asam lemak yang tidak diproduksi oleh tubuh sehingga memerlukan tambahan asupan dari susu. Manfaatnya pun hampir sama, yaitu untuk meningkatkan perkembangan otak, mendukung pertumbuhan, membantu mencegah radang, dan lain sebagainya.

    Baca Juga: Mulai Ajarkan Anak Gaya Hidup Sehat Sejak Dini, Yuk!

  • Minyak Ikan

    Minyak Ikan

    Susu untuk anak sebaiknya juga mengandung minyak ikan, karena zat ini memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah meningkatkan kualitas tidur, mengurangi asma, mengurangi risiko terkena diabetes, memperbaiki kesehatan otak, mengatasi gejala ADHD, mengobati gejala depresi, dan mengurangi resiko perilaku agresif dan antisosial.

  • Zat Besi

    Zat besi memiliki banyak peranan bagi si Kecil. Kandungan susu yang satu ini berperan utama untuk mencukupi suplai sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, zat besi juga berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga fungsi kognitif tubuh. Jika kebutuhan zat besi si Kecil tercukupi, maka ia akan berisiko kecil terserang anemia.

  • Vitamin A

    Memberikan susu bagi si Kecil artinya Ibu berupaya menjaga kesehatan matanya, karena di dalam susu terkandung vitamin A. Tak hanya berfungsi untuk mata, vitamin A juga memiliki berbagai fungsi lainnya, seperti meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan tulang, dan mengurangi risiko kanker.

    Baca juga: Pentingnya 9 Asam Amino Esensial untuk Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah nutrisi yang penting ada di dalam susu untuk si Kecil, karena kandungan susu yang satu ini membawa banyak manfaat. Salah satu fungsi yang umum diketahui adalah untuk memperbaiki sistem imun tubuh. 

    Manfaat lainnya adalah membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang, sebagai antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah infeksi luka, serta membantu mempercepat pengeringan luka.

  • Vitamin E

    Peranan utama dari vitamin E adalah untuk membantu merawat kesehatan kulit agar senantiasa lembut, halus, dan lembap. Namun ternyata kandungan susu ini juga berperan untuk memperkuat sistem imun tubuh, mencegah penyakit jantung, membantu sel tubuh untuk tetap berfungsi, dan menjaga pembuluh darah agar tetap lebar supaya aliran darah ke beberapa organ tubuh tetap berjalan dengan baik.

  • Vitamin D3

    Vitamin D3

    Vitamin D3 sangat diperlukan bagi anak-anak di masa pertumbuhannya. Kandungan susu ini dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tulang yang optimal dan terhindar dari penyakit tulang, seperti rakitis. Penyakit ini masih banyak ditemukan di negara-negara berkembang dan umumnya menyerang anak berusia 6 bulan hingga 3 tahun.

    Rakitis adalah kelainan yang mengakibatkan tulang menjadi lunak dan lemah sehingga bentuknya bisa berubah dan pertumbuhannya jadi terhambat. Vitamin D3 akan bekerja sama dengan kalsium dan fosfat untuk membuat pertumbuhan tulang si Kecil menjadi kuat dan sehat.

  • Kalsium

    Kandungan susu yang terbesar adalah kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Selain itu, kalsium juga bermanfaat sebagai penghantar transmisi impuls saraf dan pembekuan darah. 

    Agar kebutuhan kalsiumnya tercukupi, si Kecil sebaiknya minum susu sebanyak 3 kali sehari. Bila ia rutin minum susu, maka pertumbuhan tulangnya bisa lebih maksimal dan tubuhnya jadi lebih tinggi. Kemudian giginya pun lebih cepat tumbuh dan tidak cepat keropos.

  • Seng

    Seng atau zinc adalah jenis nutrisi yang mempunyai beragam manfaat bagi si Kecil. Diantara manfaat tersebut adalah untuk mengobati diare, mempertajam daya ingat, mengoptimalkan tumbuh kembang, menyembuhkan luka, dan menjaga daya tahan tubuh.

  • Selenium

    Selenium merupakan sumber antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Selenium juga masih memiliki fungsi untuk melawan penyakit jantung, menurunkan risiko penyakit kanker, merawat kesehatan kelenjar tiroid, mencegah penurunan kondisi mental, dan meredakan gejala asma.

  • Prebiotik

    Terakhir ada prebiotik yang juga baik untuk si Kecil. Fungsi dari prebiotik adalah sebagai suplemen yang membantu pertumbuhan mikroorganisme baik pada sistem pencernaan.

    Bila mikroorganisme baik tercukupi, maka kesehatan pencernaan si Kecil akan terjaga sekaligus meningkatkan penyerapan kalsium yang bermanfaat pada pertumbuhan tulang dan gigi. 

Nah, itulah beberapa kandungan susu yang sangat dibutuhkan oleh si Kecil. Ibu harus teliti dalam memberikan susu bubuk pertumbuhan yang tepat, ya! 

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima. Fitur ini dapat memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, indeks massa tubuh, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Fitur ini didukung oleh grafik pertumbuhan dari WHO, sehingga Ibu bisa tahu seperti apa tumbuh kembang ideal bagi bayi dan anak-anak. Yuk, coba langsung mencoba fiturnya di sini

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.