Share Like
Simpan

Supaya tumbuh kembangnya semakin optimal secara fisik maupun psikologis, si Kecil perlu bermain aktif lebih sering, Bu. Namun, bermain aktif di luar rumah tentu dapat menyebabkan ia lebih berisiko terpapar kuman dan bakteri. Oleh sebab itu, Ibu perlu memperkuat daya tahan tubuhnya agar ia senantiasa terlindungi. Ya, salah satu caranya yaitu dengan memberikan makanan sehat untuk anak.

Nah, menurut konsultasi online yang saya lakukan melalui Tanya Pakar Ibu & Balita, beberapa makanan berikut bisa dipilih untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, Bu. Apa sajakah itu?

1. Wortel

Sebagai makanan yang mengandung Vitamin A dalam jumlah besar, selama ini wortel menjadi salah satu asupan terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Namun, sebenarnya, manfaat dari sayuran berwarna oranye ini tak hanya itu, Bu.

Melalui kandungan Vitamin A yang ada di dalamnya, wortel juga bisa membantu memperkuat pertahanan tubuh dari serangan bakteri dan virus berbahaya. Ini sebabnya, Ibu bisa lebih sering menyajikan sayuran yang satu ini sebagai cara meningkatkan sistem imun tubuh balita.

2. Yogurt

Menurut dokter tempat saya berkonsultasi, sistem pencernaan yang sehat adalah awal dari daya tahan tubuh yang kuat. Kenapa? Sebab, saat sistem pencernaan sehat, proses pengolahan Vitamin dan Mineral penting dari makanan yang dikonsumsi akan semakin optimal, Bu. Sehingga, daya tahan tubuh pun semakin meningkat.

Supaya sistem pencernaan si Kecil lebih sehat, Ibu bisa memberikannya yogurt untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari. Dengan balutan rasa nikmat yang khas, asupan yang satu ini membantu menjaga kesehatan usus anak karena mengandung Lactobacillus. Sebagai info, Lactobacillus adalah bakteri baik yang berperan melawan bakteri jahat di dalam usus penyebab masalah pencernaan.

3. Ikan tuna

Tahukah, Bu? Selain menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk menunjang tumbuh kembang balita, ikan tuna termasuk makanan sehat yang bisa membantu Ibu meningkatkan kekebalan tubuh balita dari penyakit, lho.

Ikan tuna diketahui termasuk salah satu ikan yang mengandung Vitamin D cukup tinggi. Di samping menguatkan tulang, menurut penjelasan dokter, Vitamin D juga berperan penting dalam meningkatkan imunitas alami tubuh.
Jadi, rutin masukkan ikan ini sebagai salah satu lauk makan untuk si Kecil ya, Bu.

4. Bayam

Di balik rasanya yang manis, sayuran hijau yang banyak disukai anak ini mengandung Vitamin E yang membantu tubuh bertahan dari serangan bakteri dan virus. Tak hanya itu, sebagai Antioksidan alami, Vitamin E juga membantu menjaga sel-sel anak dari kerusakan. Untuk menyajikan bayam pada si Kecil, Ibu bisa mengolah sayuran hijau ini dengan cara merebusnya atau membuatnya menjadi sayur bening.

5. Daging

Menurut konsultasi kesehatan anak yang pernah saya lakukan dengan dokter ahli gizi, Zinc adalah salah satu zat yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Bu. Tak hanya itu, Zinc juga bisa menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kecerdasan si Kecil. Kandungan Zinc ini dapat ditemukan di daging merah. Jadi, masukkan asupan ini ke daftar menu harian si Kecil, ya, Bu.

Nah, itulah lima makanan yang bisa Ibu sajikan secara rutin untuk si Kecil untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya, agar ia tak gampang sakit. Yuk, terus semangat mendampingi buah hati agar tumbuh sehat!