Whatsapp Share Like Simpan

Sebagai bagian dari seafood atau makanan yang berasal dari laut, daging kepiting juga masuk sebagai salah satu sumber makanan dengan kandungan protein yang cukup melimpah. Kandungan protein yang ditemukan di dalam daging kepiting ini berguna untuk memproduksi isoleusin sebagai salah satu dari 9 asam amino esensial atau yang lebih dikenal dengan istilah 9AAE. 9 asam amino esensial atau 9AAE merupakan elemen penting yang dibutuhkan demi mengoptimalisasi tumbuh kembang anak, agar anak tumbuh sehat dan kuat. Isoleusin dapat membantu meningkatkan metabolisme otot agar pembentukan otot anak jadi lebih optimal sehingga memiliki fisik yang kuat. Selain itu, isoleusin juga punya peranan dalam menjaga kekebalan tubuh, penyaluran energi, dan produksi hemoglobin.

Sumber makanan kaya protein seperti daging kepiting memiliki peran penting dalam memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE. Pasalnya, tubuh tidak dapat secara otomatis memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE. Demi memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE secara optimal tubuh membutuhkan asupan nutrisi, seperti protein. Protein tersebut nantinya akan diolah oleh tubuh untuk menjadi 9 asam amino esensial atau 9AAE yang memiliki banyak manfaat dalam memastikan tumbuh kembang optimal pada anak. Penguraian tersebut terjadi berkat sistem metabolisme anak yang bekerja dengan baik, sehingga produksi 9 asam amino esensial atau 9AAE dapat hadir secara maksimal. Selain daging kepiting, 9 asam amino esensial atau 9AAE juga diproduksi dari berbagai sumber makanan berprotein tinggi, seperti telur, susu, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan, serta hasil olahnya.

Manfaat daging kepiting untuk anak

Selain kaya akan protein yang berguna dalam memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE, daging kepiting juga punya berbagai macam manfaat untuk tubuh. Terutama bagi tumbuh kembang anak. Daging kepiting juga diketahui memiliki berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tumbuh kembang anak  Berikut adalah manfaat daging kepiting untuk kesehatan serta tumbuh kembang anak.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan aspek penting yang harus dijaga dan ditingkatkan saat anak berada di masa tumbuh kembangnya dan daging kepiting mampu menawarkan manfaat tersebut. Manfaat daging kepiting yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini bisa Ibu jadikan salah satu variasi menu makanan dalam keseharian anak-anak. Diketahui selain kaya protein, daging kepiting juga mengandung selenium. Selenium merupakan sebuah zat yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dibutuhkan oleh anak untuk tetap terus bisa beraktivitas. 

Selain itu, daging kepiting juga dikenal sebagai sumber antioksidan. Antioksidan dibutuhkan oleh anak yang sedang aktif berkegiatan agar tubuhnya mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan hadirnya penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam daging kepiting dapat berfungsi sebagai anti peradangan serta mencegah masalah kesehatan pada sistem pencernaan anak. Menjaga sistem pencernaan di masa tumbuh kembang anak cukup penting, karena dengan sistem pencernaan yang baik maka produksi 9 asam amino esensial akan lebih maksimal.

Artikel Sejenis

2. Menjaga berat badan ideal

Di dalam masa tumbuh kembangnya, anak perlu memiliki berat badan yang ideal. Pasalnya, di masa tumbuh kembangnya saat ini, intensitas kegiatan yang dilakukan oleh anak akan bertambah setiap harinya. Jika tidak dijaga dengan baik, maka berat badan anak bisa saja jadi penghambat aktivitasnya yang juga memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembangnya. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mengonsumsi daging kepiting adalah fungsinya yang mampu menjaga berat badan anak tetap ideal. Daging kepiting dikenal juga sebagai sumber makanan yang rendah kalori. Maka jika dikonsumsi dalam kadar yang cukup, daging kepiting akan mampu menjaga berat badan tubuh anak secara optimal. 

Selain itu, paduan kandungan protein serta lemak baik yang dimiliki oleh daging kepiting juga akan membuat anak merasa kenyang lebih lama. Rasa kenyang yang lebih lama akan membuat anak lebih nyaman melakukan aktivitas yang menguras energi. Ibu juga bisa konsumsi daging kepiting sebagai menu diet, lho. Tidak hanya memberikan rasa kenyang yang lebih lama, kandungan nutrisi baik yang terdapat pada daging kepiting mampu melancarkan pencernaan anak sehingga metabolisme tubuh anak berjalan secara baik dan mampu menyerap segala nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya yang didapatkan dari daging kepiting atau sumber makanan lainnya guna memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE yang baik untuk tubuh.

3. Membantu membentuk sel baru

Daging kepiting juga dapat membantu membentuk sel baru di dalam tubuh. Manfaat ini penting karena di masa tumbuh kembangnya anak bisa saja rentan terhadap penyakit. Pembentukan sel baru ini berguna agar proses pemulihan anak menjadi lebih cepat serta optimal. Pembentukan sel baru tersebut hadir berkat kandungan protein yang dimiliki oleh daging kepiting. Selain itu, protein di dalam daging kepiting juga berguna dalam memproduksi antibodi yang membantu tubuh anak melawan infeksi. Dengan mengenalkan makanan seafood seperti daging kepiting kepada anak sedari dini, mulai dari usia 1 hingga 3 tahun, Ibu dapat menjaga tumbuh kembang anak agar selalu sehat dan kuat sehingga anak bebas beraktivitas, seperti bermain dan belajar setiap harinya.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Daging ternyata juga mengandung vitamin A. Sebagaimana yang telah Ibu ketahui, bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan mata. Tentu saja kehadiran vitamin A di dalam daging kepiting juga memberi manfaat terhadap tumbuh kembang anak, sehingga anak memiliki kondisi mata yang selalu sehat. Manfaat terkait kesehatan mata yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging kepiting juga membuat anak lebih mudah merespon tangkapan cahaya agar anak lebih mudah mengenali warna di masa tumbuh kembangnya.

5. Meningkatkan perkembangan otak

Agar anak tumbuh dan berkembang jadi anak yang pintar, maka diperlukan sumber makanan yang mampu memberi manfaat dalam meningkatkan kecerdasan serta perkembangan otaknya secara menyeluruh. Daging kepiting merupakan salah satu sumber makanan yang bisa memberikan manfaat tersebut terhadap proses tumbuh kembang anak. Daging kepiting diketahui memiliki kandungan omega 3 serta vitamin B12 yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak. Asupan nutrisi yang didapat dari daging kepiting akan menjaga perkembangan otak secara optimal, sehingga anak mudah mencerna pengetahuan dan meningkatkan attention span di masa tumbuh kembangnya. Selain itu, dengan meningkatnya perkembangan otak, anak Ibu juga akan mendapatkan manfaat peningkatan IQ dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti daging kepiting.

Untuk melengkapi asupan nutrisi tumbuh kembangnya, Ibu juga bisa menghadirkan susu di setiap menu makanannya. Susu dikenal memiliki kandungan protein baik yang tinggi dan berguna bagi tubuh dalam memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE. Susu Frisian Flag 123 bisa jadi pilihan baik demi menjaga asupan nutrisi anak secara optimal. Asupan nutrisi yang cukup akan memberikan banyak manfaat di masa tumbuh kembangnya, terutama agar anak tumbuh dengan aktif, sehat, dan kuat.