Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat membaca saat hamil ternyata tak hanya dirasakan oleh Ibu saja, tetapi juga penting bagi janin dalam kandungan. Membaca buku termasuk kegiatan yang mengenalkan Ibu kepada banyak hal. Selain mampu menambah informasi dan pengetahuan, manfaat membaca buku juga baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang. 

Penelitian dari Journal of Healthcare Communications menyebutkan bahwa membaca adalah latihan yang bermanfaat bagi otak dan pikiran karena membantu otak manusia untuk melakukan semua fungsinya dengan sangat baik. Oleh karena itu, membaca salah satu kegiatan yang perlu dibiasakan selama kehamilan. Nah, di artikel ini akan dijelaskan mengenai tujuan dan manfaat membaca, waktu yang tepat membaca buku, serta tips memilih buku yang tepat untuk Ibu hamil. Simak penjelasannya yuk, Bu! 

Manfaat Gemar Membaca untuk Ibu Hamil 

Berikut ini beberapa manfaat membaca yang bisa Ibu hamil dapatkan, di antaranya:

  • Menjaga Kesehatan Otak

    Manfaat membaca disebut dapat menjaga kesehatan otak Ibu hamil yang berdampak positif pada kesehatan mental yang lebih baik. Ini karena membaca turut melibatkan fungsi otak, termasuk proses penglihatan dan pendengaran, kepekaan, kemampuan bahasa, dan pemahaman tentang suatu hal. 

    Selain itu, manfaat membaca juga dapat meningkatkan konsentrasi Ibu karena kebiasaan membaca buku memberikan kemampuan untuk lebih fokus serta berpikir secara praktis dengan cara yang efektif dan objektif.

    Artikel Sejenis

  • Meningkatkan Memori

    Manfaat membaca bagi Ibu hamil lainnya yaitu dapat melatih daya ingat dan meningkatkan memori di otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara untuk melatih dan menstimulasi otak bisa dilakukan dengan membaca dibandingkan menonton film dan mendengarkan musik. Bahkan, manfaat membaca juga disebut dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. 

  • Mengurangi Tingkat Stres

    Salah satu kegiatan yang dapat mengurangi stres selama kehamilan yaitu dengan membaca buku. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat membaca dapat mengurangi stres hingga 68 persen. Ini karena ketika membaca, pikiran akan terbebas dari masalah dan justru fokus terhadap isi bacaan. 

  • Mengatasi Insomnia

    Ibu mengalami kesulitan tidur? Cobalah untuk membaca sebelum tidur karena dapat membuat Ibu lebih rileks dan cepat terlelap. Kebiasaan ini dapat membantu mengatur jam tubuh dan mengirim sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk tidur, sehingga manfaat membaca dapat mengatasi insomnia bagi Ibu hamil. 

  • Meningkatkan Kemampuan Menulis

    Manfaat membaca yang tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan kemampuan menulis Ibu lho. Setiap Ibu membaca, maka secara tidak langsung Ibu akan mempelajari lebih banyak kosakata dan gaya penulisan yang berbeda. Kebiasaan inilah yang mampu melatih keterampilan menulis. 

Manfaat Membaca untuk Janin dalam Kandungan

Seperti yang diketahui, suara atau musik mampu mendukung proses perkembangan si Kecil selama berada di dalam kandungan. Stimulasi ini dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya, baik Ibu maupun Ayah sangat disarankan untuk membiasakan diri membaca cerita ataupun mengobrol dengan si Kecil yang belum lahir. Selain itu, ada pula manfaat membaca untuk janin yang penting Ibu ketahui, di antaranya: 

  • Menenangkan Janin dalam Kandungan

    Selain membuat Ibu rileks, ternyata manfaat membaca juga dapat menenangkan janin dalam kandungan. Hal ini dikarenakan si Kecil dalam kandungan dapat mendengarkan suara Ibu. Semakin sering ia mendengar, maka semakin ia mengenali suara Ibu. 

  • Menstimulasi Pergerakan Janin

    Manfaat membaca juga dapat menstimulasi pergerakan janin. Ibu bisa menambahkan gerakan seperti mengusap perut, memainkan jari di atas perut atau mengetuk halus. Sentuhan-sentuhan tersebut akan dihantarkan oleh kulit perut dan air ketuban kepada janin, pada usia kehamilan tertentu dapat memberikan respons berupa tekanan dari dalam. Jika ada reaksi saat Ibu membaca, maka si Kecil sedang merespons suara Ibu. 

  • Menstimulasi Pendengaran 

    Beberapa penelitian menemukan bahwa, suara Ibu dapat membuat detak jantung bayi lebih tenang serta membantunya agar stabil. Pada usia sekitar 4 minggu, organ pendengaran bayi mulai terbentuk, tetapi kemampuan mendengarnya baru akan muncul pada usia kehamilan sekitar 18 minggu. Meski si Kecil berada di dalam perut dengan dikelilingi air ketuban, ia sebenarnya dapat mendengarkan dan merespons suara-suara di sekitarnya lho, Bu. Oleh karena itu, manfaat membaca buku tak hanya penting bagi Ibu, tetapi juga penting bagi indra pendengaran si Kecil.

    Baca juga: 9 Ciri-ciri Orang Mau Melahirkan

  • Membantu Meningkatkan Kecerdasan

    Otak bayi berkembang pesat selama masa kehamilan. Maka dari itu, manfaat membaca untuk janin dapat meningkatkan aktivitas otak dan mampu melatih keterampilan perkembangan bahasa di masa mendatang. Dilansir dari laman resmi terra centre, agar manfaat membaca ini lebih optimal, pastikan Ibu membaca buku yang menyenangkan dengan mengeluarkan suara. 

Tujuan Membaca

Dari banyaknya manfaat membaca untuk Ibu hamil dan janin, Ibu juga perlu mengetahui tujuan membaca yang penting selama kehamilan, di antaranya:

  • Menambah informasi atau ilmu baru yang belum diketahui
  • Salah satu cara untuk menghilangkan stres
  • Meningkatkan kemampuan bahasa
  • Meningkatkan kemampuan menulis
  • Menambah literasi
  • Menghindari rasa bosan
  • Meningkatkan imajinasi

Waktu yang Tepat untuk Membaca

Manfaat membaca untuk si Kecil akan lebih optimal jika Ibu semakin rajin melakukan kebiasaan ini saat usia kehamilan 6 bulan. Sebab, di usia tersebut janin sudah mulai mengenal suara, terutama detak jantung Ibu. Pada masa tumbuh kembang janin saat ini, suara-suara dari luar mulai akrab di telinganya dan dapat menjadi informasi yang dipelajari olehnya. Itulah sebabnya, musik sering kali dijadikan sebagai salah satu media penting untuk menstimulasi si Kecil.

Memilih Buku yang Tepat untuk Ibu Hamil

Sebelum bercerita untuk si Kecil, Ibu bisa memilih buku cerita yang dapat memberikan stimulasi lebih. Contohnya, buku cerita yang menghadirkan beragam melodi, nada suara ataupun pengulangan. Buku bertemakan dongeng juga bisa menjadi pilihan untuk melakukan aktivitas ini, Bu. Namun, apa pun buku yang Ibu pilih untuk dibacakan, sebaiknya perhatikan intonasi Ibu saat membaca agar manfaat membaca bagi si Kecil lebih maksimal dan momen ini tetap memberikan rasa tenang dan nyaman bagi si Kecil, ya .

Menjadi orang tua yang baik merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi Ibu dan Ayah, terutama jika ini adalah kehamilan pertama Ibu. Akan tetapi, dengan keyakinan dan kerja sama yang baik, Ibu dan Ayah tentu dapat menjaga proses tumbuh kembang si Kecil tetap berjalan optimal, baik selama ia berada di dalam kandungan maupun setelah lahir.

Jadi, pilihlah buku dan waktu yang tepat untuk momen membaca bersama si Kecil, sambil membuat diri Ibu nyaman dengan segelas susu Frisian Flag Mama. Kegiatan sederhana ini merupakan hal disarankan agar perkembangan janin tetap optimal. Susu  Frisian Flag MAMA termasuk salah satu nutrisi penting yang perlu dikonsumsi oleh Ibu hamil dan menyusui karena mengandung protein, serat pangan, vitamin B9 (asam folat), zat besi, dan kalsium untuk mendukung kesehatan Ibu dan si Kecil selama di dalam kandungan hingga setelah lahir. 

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz