Share Like
Simpan

Kegiatan membaca merupakan salah satu cara saya untuk berbicara dengan si Kecil sewaktu hamil dulu. Menurut artikel yang saya baca di internet, sering mengobrol dengan janin, bisa meningkatkan ikatan antara Ibu dan anak. Tak hanya itu, aktivitas ini ternyata juga dapat membantu perkembangan janin semakin optimal, lho. Berikut ulasan singkatnya untuk Ibu.

Manfaat membaca untuk janin dalam kandungan

Seperti yang kita tahu, suara atau musik mampu mendukung proses perkembangan si Kecil selama berada di dalam kandungan. Stimulasi ini dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya, baik Ibu maupun Ayah sangat disarankan untuk membiasakan diri membaca cerita ataupun mengobrol dengan si Kecil yang belum lahir.

Beberapa penelitian menemukan bahwa, suara Ibu dapat membuat detak jantung bayi lebih tenang serta membantunya agar stabil. Bahkan, tak hanya Ibu dan Ayah, anggota keluarga lain juga dapat ikut mengobrol dengan si Kecil, tentunya atas seizin Ibu, ya.

Yuk, lakukan stimulasi sederhana ini agar perkembangan janin dari minggu ke minggu semakin optimal!

Waktu yang tepat membaca untuk janin dalam kandungan

Membaca untuk si Kecil bisa dimulai ketika janin telah berusia 6 bulan dan mulai mengenal suara, terutama detak jantung Ibu. Pada masa tumbuh kembang janin saat ini, suara-suara dari luar mulai akrab di telinganya dan dapat menjadi informasi yang dipelajari olehnya. Itulah sebabnya, musik sering kali dijadikan sebagai salah satu media penting untuk menstimulasi si Kecil.

Memilih buku yang tepat untuk janin dalam kandungan

Sebelum bercerita untuk si Kecil, Ibu bisa memilih buku cerita yang dapat memberikan stimulasi lebih. Contohnya, buku cerita yang menghadirkan beragam melodi, nada suara ataupun pengulangan. Buku bertemakan dongeng juga bisa menjadi pilihan untuk melakukan aktivitas ini, Bu. Namun, apa pun buku yang Ibu pilih untuk dibacakan, sebaiknya perhatikan intonasi Ibu saat membaca agar momen ini tetap memberikan rasa tenang dan nyaman bagi si Kecil, ya .

Menjadi orang tua yang baik merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi Ibu dan Ayah, terutama jika ini adalah kehamilan pertama Ibu. Akan tetapi, dengan keyakinan dan kerja sama yang baik, Ibu dan Ayah tentu dapat menjaga proses tumbuh kembang si Kecil tepta berjalan optimal, baik selama ia berada di dalam kandungan maupun setelah lahir.

Jadi, pilihlah buku dan waktu yang tepat untuk momen membaca bersama si Kecil, sambil  membuat diri Ibu nyaman dengan segelas susu Frisian Flag Mama. Kegiatan sederhana ini merupakan hal disarankan agar perkembangan janin tetap optimal.