Whatsapp Share Like Simpan

Setiap orang tua ingin memiliki buah hati yang memiliki rasa hormat, khususnya kepada orang tuanya. Supaya terbiasa, maka sebaiknya si Kecil mulai diajari untuk menghormati orang tua sejak dini. Namun terkadang anak-anak tidak begitu saja mudah untuk diajari. Seringnya si Kecil tidak mau menurut dan masih suka bersikap seenaknya. Supaya hal tersebut tidak terjadi lagi, cobalah untuk menerapkan tips-tips berikut ini:

Jadilah Teladan yang Baik bagi Si Kecil

Anak merupakan cerminan orang tuanya. Inilah yang perlu untuk selalu Ibu ingat bahwa cara si Kecil berbicara dan bersikap terbentuk dari pola asuh yang Ibu berikan. Misalnya bila Ibu suka memerintah dengan suara keras, maka ia pun akan melakukan hal yang sama. Atau bila saat marah Ibu suka melempar barang, si Kecil juga akan melempar barangnya saat sedang marah.

Jadi jika Ibu menginginkan si Kecil menghormati orang tua, mulailah intropeksi diri Ibu sendiri. Perbaiki cara Ibu berbicara dan bersikap, baik terhadap si Kecil maupun orang lain. Saat ia melihat Ibu yang memiliki kebiasaan baik, maka ia pasti akan menirunya.

Memperlakukan Si Kecil Layaknya Memperlakukan Orang Dewasa

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh orang tua adalah kurang menghormati anak-anaknya sedangkan mereka sendiri ingin dihormati. Perlu diingat bahwa si Kecil juga manusia yang memiliki perasaan serta meniru hal-hal yang sering ia lihat. Terlebih, orang tua adalah sosok yang akan ditiru oleh anak-anak.

Oleh karenanya, orang tua juga perlu memperlakukan dan menghormati si Kecil seperti yang dilakukan kepada orang dewasa. Jangan beranggapan bahwa hanya anak yang wajib menghormati orang tuanya tanpa mau memberikan hal serupa kepada anak. Saat si Kecil merasa tidak dihormati haknya sebagai anak, maka ia dapat beranggapan ia juga tidak perlu menghormati Ibu sebagai orang tuanya.

Artikel Sejenis

Hindari Berbohong pada Si Kecil

Saat sedang kewalahan mengurus buah hati, terkadang orang tua memilih untuk mengambil jalan pintas dengan berbohong. Padahal, cara ini justru bisa memicu si Kecil tidak menghargai Ibu beserta aturan yang telah Ibu tetapkan. Untuk itu, hindarilah berkata bohong atau mengarang cerita kepada si Kecil. Lebih baik berkata dengan jujur supaya ia lebih menghargai dan menghormati Ibu.

Berbicara dengan Tegas, Bukan Galak

Tegas dan galak itu berbeda ya, Bu. Saat Ibu ingin si Kecil menuruti perintah Ibu, bicaralah dengan tegas tanpa perlu membentak dengan suara keras apalagi sampai melakukan kekerasan, baik verbal maupun fisik. Begitu pula saat melarang si Kecil untuk tidak melakukan sesuatu, laranglah dengan nada yang tegas dan sertai juga dengan alasan mengapa ia tidak boleh melakukannya.

Berkata dan Bersikap Konsisten

Konsisten merupakan salah satu kunci agar si Kecil mau menghormati orang tua. Saat menerapkan aturan pada si Kecil, maka sebisa mungkin konsistenlah terhadap peraturan tersebut. Begitu pula saat berkata dan bersikap, jangan suka berubah-ubah. Di samping dapat membuat si Kecil bingung, bersikap tidak konsisten juga akan mengacuhkan dan meremehkan Ibu sebagai orang tua yang memegang kendali. 

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Dihindari Orangtua dalam Mendidik Anak Usia 1-3 Tahun

Hormati Hak Si Kecil

Ibu juga perlu menghormati hak-hak yang si Kecil miliki. Contohnya saja hak untuk mendapatkan kasih sayang, mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, sandang dan tempat tinggal yang layak, dan sebagainya. Hormati dan penuhilah hak-hak tersebut, maka si Kecil pun akan terbiasa untuk menghormati hak orang lain.

Bersikap Jujur dan Berikan Anak Penjelasan Tentang Sesuatu

Si Kecil yang sudah beranjak besar pasti akan memiliki banyak pertanyaan. Di sini Ibu harus berkata dan bersikap dengan jujur terhadap pertanyaan yang ia ajukan. Bila tidak mengetahui jawabannya, maka janganlah berbohong dan mengarang jawaban yang tidak masuk akal. Sebaiknya katakan kalau Ibu tidak tahu dan ajak ia untuk bersama-sama mencari jawabannya. Cara ini akan membuat si Kecil lebih menghargai Ibu dibandingkan dengan berbohong.

Meminta Maaf Jika Berbuat Salah

Orang tua tentu tidak luput dari salah, khususnya pada anak. Jika Ibu berkata atau berbuat kesalahan, maka jangan pernah gengsi untuk meminta maaf, ya. Meminta maaf tidak akan menurunkan harga diri terhadap si Kecil kok, Bu. Sebaliknya, sikap tersebut justru akan dihargai dan ditiru si Kecil saat ia berbuat salah.

Selalu Ungkapkan Kasih Sayang pada si Kecil

Hujanilah anak dengan kasih sayang, maka ia juga akan tumbuh menjadi orang yang penyayang. Selain itu, si Kecil mendapatkan banyak kasih sayang dari orang tuanya juga cenderung mempunyai sikap yang ekspresif dalam menunjukkan gagasan yang ia pikirkan. Anak yang mendapatkan cukup kasih sayang saat kecil juga tidak akan mudah mencari perhatian dari orang lain sehingga tidak rentan terjerumus ke dalam pergaulan yang negatif.

Tentunya untuk mengajari si Kecil supaya menghormati orang tua tidak bisa dengan cara instan, Bu. Diperlukan ketekunan dari Ibu untuk terus menerapkan tips-tips di atas. Nantinya, seiring pertambahan usianya si Kecil pun akan semakin memahami apa dan manfaat dari yang Ibu coba lakukan tersebut.

Ibu memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar anak? Langsung saja berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.

 

Sumber:

SayangiAnak.com