Whatsapp Share Like
Simpan

Ada-ada saja ya, Bu, tingkah si Kecil yang sudah menginjak usia 2 tahun. Kadang lucu, tapi kadang juga bisa sangat menguji kesabaran. Di usia ini si Kecil memang sudah mengalami banyak perkembangan, Bu, mulai dari fisik, kognitif, motorik dan sensorik, hingga emosional. Otaknya pun sedang sangat berkembang dengan pesat, sehingga ia ingin tahu semua hal dan mudah menyerap berbagai hal baru yang ditemuinya. Diperlukan cara mendidik anak usia 2 tahun dengan tepat sebagai bekal kehidupannya di masa mendatang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Berikan Cukup Kasih Sayang

Si Kecil membutuhkan kasih sayang yang cukup dari kedua orang tuanya. Untuk itu sangat penting bagi Ibu bersikap lemah lembut kepadanya dan memberikan kasih sayang dengan tulus. Caranya adalah dengan memeluk dan menciumnya setiap ia bangun tidur di pagi hari. Hal ini akan membuatnya merasa nyaman dan selalu mendapatkan cukup kasih sayang dan cinta dari orang tuanya.

Ajarkan Etika dan Sopan Santun

Etika dan sopan santun sangat penting untuk diterapkan dalam hidup bersosialisasi. Dimulai dari hal yang mendasar dulu, yaitu mengucapkan ‘terima kasih’, ‘maaf’, dan ‘tolong’. Si Kecil juga harus diajarkan untuk menghormati semua orang, tidak hanya orang tua dan keluarga saja. 

Ini termasuk tidak merebut barang milik orang lain dan harus meminta izin terlebih dulu. Jika tidak mendapat izin, maka tidak boleh memaksa. Si Kecil juga harus diajarkan untuk tidak menyakiti orang lain, seperti memukul, mencubit, menendang, ataupun mendorong.

Sering Ajak Mengobrol

Cara mendidik anak usia 2 tahun juga termasuk dengan sering mengobrol bersama. Terdengar sepele, tapi aktivitas ini sangat berdampak positif lho, Bu. Berkomunikasi dapat menambah koleksi kosakata si Kecil, menambah pengetahuan, mengajarkan cara berbicara yang benar, serta mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.

Artikel Sejenis

Bersikap Tegas, Bukan Galak

Ingat ya, Bu, tegas itu berbeda dengan galak. Tegas artinya Ibu selalu konsisten untuk menerapkan suatu peraturan apapun kondisinya. Sementara galak cenderung bersikap marah dan menakuti anak. Ketegasan diperlukan dalam mematuhi peraturan yang ada, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Kompromikan hal ini dengan Ayah supaya tidak terjadi perbedaan dalam mendidik si Kecil yang akan membuatnya bingung.

Membaca Bersama

Salah satu cara yang tepat dalam menghabiskan quality time antara orang tua dan anak adalah dengan membaca buku bersama. Kegiatan membaca dapat membantu menstimulasi otak si Kecil. Tak hanya itu saja, saat Ibu membacakannya cerita, maka kata-kata yang Ibu ucapkan akan terekam dalam otaknya dan menjadi tambahan kata-kata baru baginya.

Membangun Kreativitasnya

Memasuki usia 2 tahun, si Kecil mulai belajar mandiri dan suka untuk melakukan banyak hal sendiri. Ibu pun bisa mengajarkan berbagai aktivitas dan membangun kreativitas si Kecil sambil bermain. Cara mendidik anak usia 2 tahun ini akan membuat proses belajar jadi terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Ajak Diskusi dan Minta Pendapat

Jangan kaget ya, Bu, kalau si Kecil mulai memiliki keinginan sendiri. Bahkan terkadang ia akan ngotot dan keinginannya harus terpenuhi. Oleh karenanya Ibu bisa mengajak si Kecil berdiskusi dan meminta pendapatnya dengan cara yang benar. Dengan cara ini ia akan dapat belajar untuk memahami proses sebab akibat.

Jangan Menakuti dan Membohongi Si Kecil

Menakuti dan membohongi anak sering menjadi ‘senjata’ setiap orang tua agar anaknya patuh. Padahal apapun alasannya, kebiasaan tersebut tidaklah baik, Bu. Jika mengajarkan berbohong, maka si Kecil akan menganggapnya hal yang biasa dilakukan dan menirunya di masa depan. 

Sementara kebiasaan menakuti anak hanya akan meninggalkan bekas dalam benaknya dan bisa jadi membuatnya trauma, bahkan mematikan kreativitas anak. Anak yang sering ditakuti juga akan tumbuh menjadi anak yang penakut.

Tidur Tepat Waktu

Jangan sepelekan waktu tidur si Kecil ya, Bu, karena di usia ini tidur sangat berperan dalam menunjang tumbuh kembangnya. Cara mendidik anak usia 2 tahun adalah dengan membiasakan untuk tidur tepat pada waktunya. Dengan tidur tepat waktu, maka ia terlatih untuk disiplin dan terbiasa untuk bangun dalam keadaan segar.

Anak adalah titipan Tuhan yang harus dididik dengan benar untuk menjadikannya manusia yang berhasil dan berguna bagi orang lain. Walaupun mendidik buah hati akan membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan, tapi hasilnya pasti tidak akan mengecewakan, Bu. Semoga cara mendidik anak usia 2 tahun bisa membuat si Kecil tumbuh menjadi anak yang membanggakan ya, Bu. Selamat mencoba!

Ibu punya pertanyaan seputar tumbuh kembang si Kecil? Jangan ragu untuk melakukan konsultasi anak pada laman Tanya Pakar. Namun pastikan Ibu sudah melakukan registrasi sebelumnya ya, Bu!

Sumber: 

www.motherandbaby.co.id