Share Like
Simpan

Hai Bu, bagaimana perkembangan si Kecil tersayang? Selain perkembangan fisik, perkembangan psikologi anak juga harus menjadi perhatian orang tua. Sebab, ada begitu banyak kejutan yang akan Ibu peroleh dari perkembangan psikologi anak terutama saat usianya masih sangat muda.

Pengetahuan tentang psikologi anak ini sangat penting untuk dimiliki orang tua agar dapat memahami proses perkembangan secara baik dan dapat memberikan perlakuan yang tepat. Lantas, apa sajakah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan psikologi anak? Berikut informasinya:

  1. Pola Asuh

    Pola pengasuhan keluarga adalah faktor penting yang dapat membentuk dan mempengaruhi karakter dan psikologi anak. Misalnya saja, anak yang dibesarkan oleh orang tua yang disiplin cenderung akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih teratur. Selain itu, kasih sayang juga termasuk hal yang penting dalam membentuk kepribadian dan psikologi anak. Kasih sayang orang tua dapat membentuk anak menjadi seseorang yang penyayang, lembut, dan memiliki empati terhadap sesamanya.

  2. Trauma

    Perkembangan psikologi anak dapat terhambat karena pengaruh sesuatu hal yang menimpa dirinya, misalnya saja adanya trauma atas kekerasan fisik di masa lalu. Meski terkesan sepele, kenangan buruk tentang hal-hal yang tidak menyenangkan semacam ini akan menghambat perkembangan psikologi si Kecil tersayang. Untuk itu, Ibu hendaknya berhati-hati dalam memberi perlakuan kepada anak dan menghindari bentakan serta kekerasan fisik yang dapat melukai tubuhnya.

  3. Interaksi dengan Lingkungan

    Interaksi dengan lingkungan juga dapat menyumbangkan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan psikologi anak. Jika terbiasa berada dalam lingkungan yang baik, maka si Kecil juga akan tumbuh menjadi seseorang yang penuh dengan kebaikan, begitu pula sebaliknya. Untuk itu, Ibu harus selalu mengawasi aktivitas si Kecil agar tak terpengaruh dengan lingkungan buruk yang dapat mempengaruhi perkembangan psikologinya serta membuatnya menjadi sosok pembangkang atau pemarah.

  4. Keterlibatan Orang Tua

    Keterlibatan orang tua dalam kehidupan si Kecil adalah salah satu yang hal yang dapat menentukan perkembangan psikologi anak. Keterlibatan ini dapat ditunjukkan dengan melakukan aktivitas bersama, seperti bermain, berolahraga, bernyanyi, atau menemani si Kecil belajar. Dengan keterlibatan orang tua, si Kecil akan lebih mudah berkomunikasi dan mengutarakan segala keinginannya sehingga ia tumbuh menjadi pribadi yang terbuka, jujur, dan lebih percaya diri.

Membangun karakter dan psikologi anak yang baik memang tidaklah mudah, namun dengan ketelatenan dan perhatian lebih Ibu pasti bisa mewujudkan hal tersebut. Untuk itu, Ibu hendaknya selalu menjadi pengawal terdepan bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil agar ia tumbuh menjadi pribadi yang baik. Selalu awasi dan dampingi perkembangan si Kecil ya, Bu!