Kehadiran buah hati biasanya dinantikan oleh pasangan baru. Apakah Ibu juga termasuk yang sedang menunggu momongan untuk melengkapi kebahagiaan keluarga? Jika ya, Ibu perlu tahu tentang ciri-ciri hamil muda atau ciri-ciri hamil muda usia 1 bulan. Selama masa kehamilan, pastikan Ibu minum susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Bagi calon Ibu baru, menantikan gejala hamil 1 bulan menjadi hal baru dan butuh perhatian lebih. Penting bagi Ibu untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Bisa dari dokter dan juga membaca artikel ini.

Baca juga: Perubahan Tubuh Ibu di Setiap Trimester Kehamilan

26 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan

Banyak wanita yang kurang menyadari adanya ciri-ciri hamil 1 bulan yang sudah mulai bisa diketahui. Ketidaksadaran akan gejala hamil 1 bulan ini biasanya karena calon Ibu masih memproses emosi dan informasi di usia kehamilan yang masih sangat dini.

Namun, mengetahui tanda-tanda hamil muda sejak dini merupakan hal yang cukup penting agar Ibu dapat mempersiapkan kehamilan seawal mungkin. Beberapa ciri-ciri hamil muda yang sesuai dengan penelitian, yaitu:

Artikel Sejenis

  1. Terlambat haid

    Terlambat haid lebih dari 35 hari merupakan ciri-ciri hamil 1 bulan yang cukup umum terjadi. Meskipun begitu, kehamilan bukanlah satu-satunya penyebab dari haid yang terlambat. Keterlambatan haid juga bisa disebabkan oleh stres atau sedang menjalani diet.

  2. Payudara membengkak

    Keluhan Ibu hamil 1 bulan paling umum lainnya adalah kondisi payudara yang membengkak dan terasa sedikit nyeri. Ciri-ciri hamil 1 bulan ini merupakan tanda bahwa payudara sedang terisi sebagai persiapan untuk menyusui bayi setelah melahirkan.

    Selain itu, payudara juga akan terasa sensitif dan jadi sangat lunak sebagai bagian dari tanda-tanda hamil muda satu ini.

  3. Timbul bercak & perut kram

    Saat Ibu menemukan adanya bercak darah di celana dalam, jangan langsung menyimpulkan sedang datang bulan, ya. Bisa jadi itu adalah ciri-ciri hamil 1 bulan yang ditunjukkan melalui blastocyst.

    Blastocyst adalah sel-sel yang berisi cairan bakal organ tubuh bayi yang diciptakan oleh sel telur yang dibuahi. Selain timbul bercak darah, Ibu mungkin juga akan merasakan kram perut seperti saat sedang menstruasi sebagai bagian dari ciri-ciri hamil 1 bulan pada perut.

  4. Mual dan muntah

    ciri-ciri hamil muda usia 1 minggu

    Ibu merasa mual hingga muntah? Keduanya merupakan ciri-ciri hamil 1 bulan lho, Bu. Morning sickness atau rasa mual yang Ibu rasakan di pagi hari ini disebabkan oleh human chorionic gonadotropin (hCG) atau hormon kehamilan yang meningkat.

    Sebanyak 80% wanita merasakan mual dan muntah sebagai tanda-tanda hamil muda di masa awal kehamilan. Jika Ibu sudah mengalami morning sickness selama berhari-hari, lebih baik periksa ke dokter untuk bisa memastikannya.

  5. Areola menghitam

    Saat hamil, Ibu akan mengalami perubahan hormon yang dapat mengakibatkan areola (daerah puting susu) jadi menghitam lebih lebar. Ciri-ciri hamil 1 bulan ini adalah bentuk respons tubuh dalam mempersiapkan produksi ASI untuk menyusui nantinya.

  6. Indra penciuman sensitif

    Wanita yang sedang hamil biasanya juga memiliki indra penciuman yang sensitif. Saat mencium bau tertentu, terlebih yang menyengat, maka ibu hamil dapat menjadi sensitif dan kemudian merasa rasa mual.

    Kondisi tersebut juga bisa diklasifikasikan sebagai ciri-ciri hamil 1 bulan. Untuk itu beberapa peneliti menganjurkan ibu hamil agar menghindari makanan yang berbau menyengat, seperti pete, durian, atau bawang.

  7. Mengalami sembelit & sering buang air kecil

    Ibu yang merasakan ciri-ciri hamil 1 bulan mungkin akan mengalami sembelit sebagai keluhannya. Hal tersebut terjadi karena adanya tekanan pada rahim dan perubahan pada usus. Tekanan pada rahim tersebut juga bisa menyebabkan Ibu sering merasa ingin buang air kecil.

    Baca juga: 5 Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil yang Tepat

  8. Merasa kelelahan

    Menjalani aktivitas yang berat dan padat bisa membuat fisik merasa lelah. Namun, bisa jadi rasa lelah tersebut juga sebagai ciri-ciri hamil 1 bulan.

    Menjaga janin di dalam kandungan supaya tetap aman memang membutuhkan energi yang besar, Bu. Untuk menyiasatinya, perbanyaklah minum air putih dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

  9. Sering bermimpi

    Bu, percaya tidak kalau sering bermimpi bisa menjadi salah satu ciri-ciri hamil 1 bulan? Hal ini dikaitkan dengan perubahan hormon yang membuat perasaan Ibu hamil menjadi lebih sensitif. Jika dalam beberapa hari belakangan Ibu dapat dengan mudah mengingat mimpi-mimpi yang sering dialami, maka bisa jadi Ibu sedang hamil.

  10. Mulut terasa logam

    Meski beberapa Ibu memperlihatkan ciri-ciri hamil 1 bulan tanpa mual, tapi mereka mengeluhkan mulutnya yang seperti terasa logam. Sayangnya hingga kini belum ada penjelasan ilmiah untuk menjelaskan tanda-tanda hamil muda ini.

    Rasa logam di mulut ini terkadang dapat menimbulkan rasa ingin muntah. Untuk menyiasatinya, Ibu bisa mengonsumsi makanan manis atau air es. Tak perlu khawatir karena gejala ini biasanya akan berkurang saat usia kehamilan bertambah.

  11. Mood swing

    Mood swing atau perubahan suasana hati kerap dialami oleh wanita yang sedang PMS. Namun, kondisi tersebut juga bisa dirasakan sebagai ciri-ciri hamil 1 bulan karena adanya perubahan hormon yang memengaruhi kondisi psikologis yang membuat perubahan suasana hati secara drastis.

  12. Pusing dan berkunang-kunang

    Adanya embrio yang terbentuk di rahim ibu hamil akan membutuhkan lebih banyak darah agar embrio tersebut bisa tumbuh dan berkembang menjadi janin. 

    Hal ini akan meningkatkan detak jantung untuk memompa darah dan menyebabkan menurunnya tekanan darah. Itulah mengapa Ibu hamil muda biasanya akan merasa pusing berlebih dan berkunang-kunang seperti ingin pingsan.

  13. Migrain

    Migrain saat hamil muda disebabkan oleh meningkatnya jumlah darah yang dialirkan ke seluruh tubuh, termasuk kepala yang kemudian timbul tekanan. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya migrain yang biasanya akan menghilang menjelang persalinan.

  14. Sering merasa lapar

    Saat hamil muda, hormon lapar akan diaktifkan tubuh atas perintah otak. Inilah yang menyebabkan ibu hamil akan sering merasa lapar. Tak masalah untuk makan lebih sering dan banyak, Bu. Sebab, makanan yang Ibu konsumsi akan dialirkan ke janin untuk tumbuh kembangnya.

Selain keempat belas ciri-ciri hamil 1 bulan di atas, berikut beberapa ciri-ciri lainnya yang mungkin terjadi dan dialami oleh Ibu:

  1. Sakit punggung
  2. Sering merasa haus
  3. Jantung berdetak lebih cepat
  4. Perubahan rasa di lidah
  5. Sulit tidur
  6. Sesak nafas
  7. Penggelapan garis yang melintang dari bawah pusar ke tulang kemaluan sebagai ciri-ciri perut hamil muda
  8. Kulit wajah lebih cerah karena meningkatnya volume darah
  9. Hidung tersumbat
  10. Jerawat
  11. Perut kembung
  12. Perubahan keinginan makan

Jika Ibu merasakan beberapa ciri di atas, lebih baik segera cek ke dokter agar mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih pasti. 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Testpack? Ini Jawabannya

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hamil 1 Bulan

Setelah mengetahui tentang ciri-ciri hamil muda, selanjutnya penting bagi Ibu untuk memahami cara merawat kesehatan tubuh Ibu. Berikut ini hal yang perlu Ibu perhatikan agar tetap sehat selama kehamilan:

  1. Menjaga pola makan

    Sebagaimana yang telah diinformasikan sebelumnya bahwa memiliki nafsu makan yang tinggi merupakan salah satu ciri-ciri hamil 1 bulan yang bisa Ibu rasakan.

    Meskipun begitu, Ibu perlu tetap menjaga pola makan dengan makanan-makanan sehat agar Ibu dan janin bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. 

    Pola makan yang baik juga akan membantu Ibu dalam mendapatkan berat badan ideal saat mengandung. Ibu juga perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi ketika hamil.

    Ibu perlu menghindari jenis makanan seperti, daging mentah, kerang, serta ikan dengan kandungan merkuri tinggi agar kesehatan Ibu dan janin tetap terjaga.

  2. Olahraga secara rutin

    Meskipun saat mengalami ciri-ciri hamil 1 bulan Ibu dianjurkan untuk tidak cepat lelah dan capek, ternyata Ibu masih bisa melakukan olahraga ringan demi menjaga diri tetap sehat begitu pula dengan janin yang ada di dalam kandungan.

    Berolahraga secara rutin dapat membantu Ibu meringankan gejala menyebalkan yang hadir akibat ciri-ciri hamil 1 bulan yang Ibu rasakan. Selain itu, olahraga juga mendukung proses tumbuh kembang bayi di dalam kandungan selama 9 bulan serta dapat mempermudah proses persalinan.

  3. Minum air secukupnya

    Setelah menjaga pola makan dengan baik, serta melakukan olahraga secara rutin, pastikan Ibu juga selalu mencukupi kebutuhan cairan. Dianjurkan bagi Ibu untuk mengonsumsi air sebanyak 8 hingga 11 gelas dalam sehari.

Selain itu, Ibu perlu mulai mengurangi bahkan menghindari konsumsi minuman dengan kadar gula tinggi agar asupan nutrisi yang dibutuhkan janin tetap terjaga kualitasnya, sehingga kondisi tubuh Ibu dan janin tetap terjaga kesehatannya.

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Dalam memantau kesehatan selama masa kehamilan, Ibu perlu berkonsultasi secara rutin dengan dokter. Selain itu, manfaatkan juga fitur Kamus Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini bisa membantu Ibu untuk mengetahui usia kehamilan, kondisi janin, dan tumbuh kembang si Kecil hingga persalinan. Yuk, coba fiturnya sekarang ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.