Whatsapp Share Like Simpan

Bolehkah Ibu hamil makan mie instan? Mungkin sebagian Ibu akan menanyakan hal ini, terutama saat usia kehamilan masih di trimester awal. Sebab, banyak Ibu yang menyukai mie instan sebagai makanan yang menggugah selera. Mie instan termasuk makanan yang mudah dibuat, terjangkau, dan lezat. Namun sayangnya, mie instan bukanlah makanan yang bergizi, sehingga banyak Ibu hamil yang khawatir untuk mengonsumsinya. Akan tetapi, jika sedang ngidam saat hamil, sebenarnya bolehkah Ibu hamil makan mie instan? Nah, untuk mengetahui hal ini, simak penjelasannya di bawah ini yuk! 

Kandungan Mie Instan

Sebelum menjawab pertanyaan bolehkah Ibu hamil makan mie instan, sebaiknya Ibu memahami terlebih dahulu kandungan di dalam makanan ini. Melansir laman resmi World Instant Noodles Association (WINA), karbohidrat merupakan kandungan yang paling tinggi di dalam mie instan. Setidaknya dalam 100 gram mie instan terdapat 60 gram karbohidrat. 

Kandungan karbohidrat yang tinggi gini disebabkan oleh penggunaan tepung terigu sebagai bahan utama mie instan. Tak hanya itu, mie instan juga termasuk makanan cepat saji yang tinggi kalori dan MSG, sehingga rasanya pun sangat gurih. Satu porsi mie instan rata-rata mengandung 300-500 kalori. 

Mengutip pedoman Badan Kesehatan Dunia (WHO), sejak tahun 2001, semua produk mie instan perlu dilakukan fortifikasi atau diberikan tambahan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, asam folat, zat besi, dan zinc. Namun di sisi lain, pemahaman terkait bolehkah Ibu hamil makan mie instan pun perlu dijelaskan lebih lanjut. Sebab, mie instan juga mengandung zat pengawet, pewarna, dan perasa. Meski kadar dan kandungannya sudah dinyatakan aman, tetap saja tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan dengan durasi yang sering. 

Sedangkan, berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019, wanita membutuhkan 2250 kalori per hari dan 360 gram karbohidrat per hari. Sementara, untuk Ibu hamil dapat dibedakan ke dalam trimester, seperti:

Artikel Sejenis

  • Trimester pertama, Ibu hamil membutuhkan 2430 kalori dan 385 gram karbohidrat per hari
  • Trimester kedua dan ketiga, Ibu hamil membutuhkan 2550 kalori dan 400 gram karbohidrat per hari

Tingginya kadar kalori dan MSG dalam mie instan dapat memicu masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, terutama saat hamil. Lantas, bagaimana dampaknya terhadap Ibu hamil? Bolehkah Ibu hamil makan mie instan sesekali?

Kombinasi dari tingginya jumlah kalori, lemak jenuh, gula, dan garam pada mie instan dapat memicu munculnya kondisi ini. Dengan melihat kandungan mie instan dan anjuran AKG dari Kementerian Kesehatan, maka sebenarnya bolehkah Ibu hamil makan mie instan? 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Jika berbicara mengenai pertanyaan bolehkah Ibu hamil makan mie instan, mungkin untuk sebagian orang tak masalah mengonsumsi makanan ini. Apalagi mengingat mie instan termasuk makanan yang jadi pilihan jika Ibu hamil merasa lapar di tengah malam. Namun, Ibu juga perlu mengetahui fakta di balik pertanyaan bolehkah Ibu hamil makan mie instan berdasarkan kesehatan. 

Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi oleh Ibu hamil secara langsung dan tidak langsung dapat memengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Kandungan gram atau sodium yang tinggi pada mie instan dapat memicu terjadinya hipertensi. Saat hamil, peningkatan tekanan darah dapat berbahaya bagi Ibu dan janin. Maka, pemahaman seputar bolehkah Ibu hamil makan mie instan ini perlu dipahami lebih lanjut agar tidak memicu gangguan kesehatan yang lebih serius. 

Lebih lanjut lagi, jawaban dari pertanyaan bolehkah Ibu hamil makan mie instan ini sebenarnya bisa dikonsumsi sesuai batas dan kondisi kesehatan Ibu. Artinya, jika Ibu hamil sangat ingin menikmati mie instan, boleh saja mengonsumsi makanan tersebut, asalkan tidak terlalu sering. Mengenai bolehkah Ibu hamil makan mie instan satu kali dalam seminggu? 

Sebaiknya konsumsi mie instan jangan terlalu sering dan berlebihan ya, Bu. Berdasarkan penelitian, konsumsi mie instan dua kali per minggu bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik. Sindrom metabolik merupakan kumpulan gangguan kesehatan yang terdiri dari tekanan darah tinggi, penumpukan lemak berlebih di perut, kadar kolesterol baik yang rendah, kadar gula darah tinggi, dan kadar trigliserida tinggi. 

Oleh karena itu, pemahaman mengenai bolehkah Ibu hamil makan mie instan pun harus Ibu pertimbangan secara cermat, mengingat banyak dampak buruk yang akan timbul di kemudian hari. Sebab, efek konsumsi makanan mie instan tidak hanya muncul saat ini lho, tetapi juga beberapa tahun ke depan. Jadi, sekarang Ibu sudah tidak bertanya-tanya mengenai bolehkah Ibu hamil makan mie instan, kan

Tips Makan Mie Instan Saat Hamil

Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan bolehkah Ibu hamil makan mie instan, pasti sebagian Ibu langsung makan mie instan, ya? Eits, tunggu dulu Bu. Sebelum makan, ada beberapa hal yang harus Ibu perhatikan saat mengolahnya. 

  • Bolehkah Ibu hamil makan mie instan dengan tambahan sayuran? 

    Jawabannya sangat boleh. Justru langkah ini dianjurkan agar Ibu bisa mendapatkan manfaat dari sayuran yang ada. Beberapa jenis sayuran yang bisa dipilih di antaranya sawai, wortel, tomat, brokoli, atau bayam. 

  • Bolehkah Ibu hamil makan mie instan dengan tambahan daging?

    Cara ini juga boleh dilakukan ya, Bu. Sebab, daging merah dan daging putih termasuk sumber protein hewani yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain daging, Ibu juga bisa menambahkan telur, udang, atau cumi sebagai pelengkap. 

  • Bolehkah Ibu hamil makan mie instan dengan semua bumbunya?

    Sebaiknya Ibu kurangi jumlah bumbu yang dipakai. Ibu bisa gunakan setengah bumbu dari mie instan tersebut atau bisa membuat bumbu sendiri yang lebih sehat. 

    Seperti yang Ibu ketahui, mie instan termasuk makanan olahan yang tidak sehat. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu mengonsumsi makanan bergizi seimbang lain yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan. 

    Baca juga: Ibu Hamil Minum Kopi? Ini Efek Sampingnya Bagi Janin

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 

Berikut ini beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh Ibu hamil, di antaranya: 

  1. Makanan kaya asam folat

    Makanan Ibu hamil yang wajib dikonsumsi di trimester awal yaitu makanan yang kaya akan vitamin B9 (asam folat). Nutrisi ini dapat mengurangi risiko keguguran, kelahiran prematur, dan mencegah cacat tabung saraf. Sumber asam folat di antaranya kacang merah, bayam, sawi, selada, brokoli, wortel, asparagus, kacang polong, jagung, kacang kedelai, buncis, alpukat, jambu biji dan stroberi. 

  2. Makanan tinggi protein

    Makanan Ibu hamil yang tak kalah penting adalah makanan yang tinggi protein. Sebab, nutrisi ini berperan dalam pembentukan jaringan tubuh. Sumber protein berkualitas di antaranya susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya.

  3. Makanan kaya zat besi

    Zat besi juga termasuk nutrisi yang harus ada dalam makanan Ibu hamil. Sebab, Ibu hamil rentan terkena anemia. Sumber zat besi di antaranya biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, kacang merah, bayam, daging sapi, daging unggas, telur, dan makanan laut. 

  4. Makanan kaya serat

    Serat termasuk nutrisi yang tak boleh Ibu lewatkan karena bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan, sehingga Ibu terhindar dari sembelit. Beberapa sumber serat di antaranya buah, sayuran, dan biji-bijian utuh seperti nasi merah dan kacang.

Nah, itulah penjelasan seputar pertanyaan bolehkah Ibu hamil makan mie instan yang sering membingungkan sebagian besar Ibu. Kesimpulannya, lebih baik Ibu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dibandingkan mie instan. Salah satu asupan nutrisi yang wajib dikonsumsi adalah susu khusus Ibu hamil. Susu Frisian Flag MAMA bisa jadi solusi karena mengandung protein, serat pangan, vitamin B9 (asam folat), zat besi, dan kalsium untuk mendukung kesehatan Ibu dan si Kecil selama di dalam kandungan hingga setelah lahir.