Whatsapp Share Like
Simpan

Menonton film anak anak seperti kartun memiliki berbagai manfaat bagi si Kecil, lho, Bu. Dilansir dari parenting.firstcry.com, salah satu efek positif menonton film anak anak atau kartun bagi si Kecil adalah film dapat menjadi media untuk memulai pembelajaran awal untuk anak. Misalnya seperti kartun atau film anak anak dengan edukasi yang mempertontonkan warna, bentuk, serta angka. Si Kecil dapat menyerap yang ia lihat melalui kartun atau film anak anak tersebut, sehingga ia juga ikut belajar dengan kartun interaktif yang ia tonton, tidak hanya belajar, film anak anak juga membuat belajar terasa menyenangkan untuk anak.

Tahukah Ibu? Ternyata selain menjadi media pembelajaran untuk si Kecil, film anak anak juga mampu membantu mengembangkan keterampilan kognitif anak seperti bekerja, membentuk memori jangka panjang, fokus anak, logika, penalaran, pemrosesan visual dan pendengaran, tidak hanya itu, manfaat menonton film anak anak juga bagus untuk si Kecil seperti mampu mengembangkan bahasa si Kecil, meningkatkan kreativitas dan menghibur si Kecil sehingga ia dapat tertawa, karena tertawa adalah penghilang stres dan pembangun kepercayaan diri yang baik. Ini juga meningkatkan kekebalan tubuh serta menyebabkan pelepasan endorfin yang menyebabkan kita memiliki perasaan positif. Wah, ternyata banyak manfaatnya ya, Bu?

Salah satu film anak-anak yang biasanya mudah ditemukan adalah kartun. Kartun adalah genre film anak anak yang biasanya menjadi favorit anak anak. Meski begitu, ada juga jenis kartun atau film anak anak yang jalan ceritanya kurang bagus untuk ditonton oleh semua umur. Oleh karenanya Ibu sebagai orang tua harus mengawasi dan menyeleksi jenis kartun atau film anak anak seperti apa yang boleh ia tonton. Untuk anak-anak, pilihlah kartun anak atau film anak anak dengan jalan cerita yang tidak mengandung unsur kekerasan, mendidik, dan mengandung pesan moral. Contoh film kartun atau film anak anak yang baik untuk ditonton anak adalah yang seperti berikut ini, Bu:

Finding Nemo

Sangat populer di awal perilisannya, film anak anak Finding Nemo menceritakan tentang seekor anak ikan badut bernama Nemo yang terpisah jauh dari ayahnya karena ia tidak mendengarkan larangan sang ayah. Sang ayah berusaha keras untuk dapat menemukan Nemo. Setelah menempuh segala macam rintangan, akhirnya mereka berhasil bertemu.

Dari jalan cerita tersebut, terkandung pesan kalau anak seharusnya menuruti perintah orang tua. Di sisi lain, film ini juga memperlihatkan besarnya kasih sayang ayah Nemo yang rela melakukan apapun untuk bisa menyelamatkannya.

Artikel Sejenis

Toy Story

Waktu kecil dulu, Ibu mungkin pernah berimajinasi bahwa mainan yang Ibu miliki bisa hidup dan berbicara layaknya manusia. Imajinasi tersebut ternyata diwujudkan oleh kartun atau film anak anak berjudul Toy Story.

Film ini menceritakan tentang petualangan Woody, sebuah mainan kayu koboi, bersama teman-teman mainannya. Woody dan teman-temannya sangat disayang dan selalu dimainkan oleh Andy, sang pemilik mainan. Hal ini membuat mereka bahagia. Namun jika mereka terabaikan, maka mereka menjadi sedih.

Dari sini, terkandung pesan kalau anak-anak haruslah menyayangi dan merawat mainan yang mereka miliki. Toy Story juga mengajarkan tentang persahabatan yang saling tolong-menolong saat menemui kesulitan.

Upin & Ipin

Kalau film anak anak atau kartun yang satu ini bisa ditonton di televisi setiap hari nih, Bu. Berasal dari Malaysia, film Upin & Ipin bercerita tentang kehidupan sepasang anak kembar bernama Upin dan Ipin. Sarat akan kesederhanaan, mereka tinggal bersama nenek dan kakaknya di sebuah rumah panggung di desa.

Upin dan Ipin memiliki banyak teman dan sering bermain bersama-sama. Mereka saling menolong saat ada yang kesulitan dan selalu terlihat kompak. Film ini mengajarkan pada anak arti kesederhanaan, pertemanan, keimanan, kreativitas, pantang menyerah, dan rasa tanggung jawab.

Nussa

Indonesia juga punya film anak anak atau kartun yang edukatif dan inspiratif lho, Bu. Judulnya adalah Nussa. Film anak anak ini berkisah tentang kakak beradik bernama Nussa dan Rara yang kental akan nuansa Islami. Meski masih anak-anak, mereka berdua sangat rajin beribadah dan selalu saling mengingatkan kalau ada yang berbuat salah.

Film Nussa sangat baik ditonton oleh anak muslim. Cara penyampaian yang sederhana membuatnya mudah dipahami oleh anak-anak. Dari film, biasanya anak akan lebih mudah terinspirasi untuk mengikuti. Jadi, ajak buah hati menonton film ini ya, Bu.

The Lion King

Film Lion King pertama kali rilis di tahun 1990an, kemudian dibuat kembali dan ditayangkan pada tahun 2019 lalu dengan judul The Lion King. Sesuai judulnya, film ini menceritakan tentang kehidupan seekor singa kecil bernama Simba yang merupakan anak dari Mufasa, Si Raja Hutan.

Sang ayah terbunuh oleh adiknya sendiri yang ingin mengambil alih kedudukan pemimpin. Simba sebagai penerus sah ayahnya berusaha merebut kembali kedudukan tersebut setelah ia beranjak dewasa. Dari film anak anak ini, anak-anak dapat memetik pesan tentang kepemimpinan, keberanian, memperjuangkan hak miliknya, dan tidak boleh menjadi pribadi yang tamak.

Tayo: The Little Bus

Ibu pasti sudah hafal kan dengan bis kecil biru bernama Tayo? Film anak anak atau kartun yang satu ini ditayangkan setiap malam di televisi dan menjadi favorit banyak anak-anak. Jalan ceritanya yang lucu, gambar animasi yang menarik, serta lagunya yang riang memang sangat menempel di ingatan anak-anak.

Tak hanya lucu, film Tayo: The Little Bus juga sarat akan pesan yang mendidik. Diantaranya adalah untuk taat berkendara, selalu mematuhi rambu lalu lintas, saling menolong, dan selalu berbuat kebaikan.

Zootopia

Zootopia adalah film anak anak yang dibuat oleh Disney dengan tokoh utamanya seekor kelinci bernama Judy Hopps yang memiliki impian ingin menjadi polisi di kota Zootopia. Meski berbadan kecil, tapi Judy mempunyai semangat yang besar dan pantang menyerah. Bersama temannya yang seekor serigala, mereka berhasil membasmi kejahatan.

Dengan menonton film ini, ada berbagai nilai edukasi yang bisa ditiru oleh anak-anak. Diantaranya adalah berjuang menggapai cita-cita, pantang menyerah, saling menolong dengan teman, dan toleransi.

Coco

Coco adalah film anak anak atau animasi yang berkisah tentang seorang anak bernama Miguel yang sangat menyukai musik. Sayangnya, keluarga Miguel justru membenci musik. Hal ini membuatnya berpetualang untuk mewujudkan impiannya dan bertemu dengan banyak teman baru.

Di samping memiliki jalan cerita yang lucu dan ceria, film Coco juga mengandung banyak pesan moral. Diantaranya adalah mengajarkan anak untuk berjuang meraih cita-cita, mengedukasi anak bahwa harta yang paling berharga adalah keluarga, serta mengajarkan kejujuran pada anak.

Inside Out

Film anak anak atau kartun anak berjudul Inside Out berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Riley yang merasa kesepian karena harus pindah ke kota lain bersama ayahnya. Di tempat yang baru ini ia harus belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah, sekolah, dan teman-teman yang baru. Hal ini membuatnya merasakan emosi yang bercampur aduk, mulai dari sedih, takut, marah, hingga bahagia.

Pesan moral yang terkandung dalam film anak anak ini adalah supaya anak bisa belajar menyesuaikan diri dalam situasi apapun, memperkenalkan jenis-jenis perasaan kepada anak, serta belajar mengendalikan emosi.

Up

Beberapa kali ditayangkan di televisi, film Up mengisahkan seorang anak pramuka bernama Russel yang berpetualang untuk mengumpulkan pin untuk tugas pramukanya. Di tengah pencariannya tersebut, ia bertemu dengan seorang kakek kesepian yang ingin mewujudkan impian istrinya yang sudah meninggal. Berbagai kesulitan mereka hadapi bersama tanpa pantang menyerah sampai akhirnya mereka berhasil menggapai cita-cita. Dari sini, anak-anak bisa belajar untuk pantang menyerah dalam menggapai impian serta berani dalam menghadapi rintangan.

Menonton film kartun anak yang tepat dapat mengajarkan berbagai macam hal kepada anak, Bu. Untuk itulah Ibu harus selalu mendampingi dan memberikan tontonan yang baik untuk buah hati supaya ia dapat memetik dan menerapkan pesan yang terkandung di dalamnya ke kehidupan sehari-hari.

Frozen

Nah, untuk film anak anak terakhir ini bisa menjadi tontonan untuk Ibu yang memiliki anak perempuan, coba ajak ia untuk menonton salah satu film anak anak terbaik ini. Film anak anak yang bertema putri dan kerajaan ini, pasti menarik untuk ditonton oleh putri kecil Ibu. Walaupun film anak anak atau animasi ini banyak ditonton oleh anak perempuan, tapi jika Ibu mempunyai anak laki-laki pun juga tak masalah jika ingin menyaksikannya.

Film anak anak ini menceritakan tentang Elsa dan Anna, putri-putri dari sebuah kerajaan bernama Arandelle. Elsa kecil ternyata mempunyai kekuatan sihir yaitu bisa mengubah apapun yang disentuhnya berubah menjadi es. Setelah mencelakai Anna, sang adik, karena kekuatan supernya, Elsa kemudian tak mau bertemu dengan siapapun selain orang tuanya.

Kehidupan sebenarnya baru dimulai ketika orang tua mereka meninggal di laut dan Elsa harus mengambil alih kerajaan karena dia adalah putri tertua. Hingga suatu hari terjadi kesalahpahaman antara Elsa dan Anna yang membuat Elsa memilih pergi dari kerajaan dan mengasingkan diri. Anna berniat mencari Elsa untuk menyuruhnya kembali dan di perjalanan bertemu dengan Kristoff, dari situlah petualangan dimulai.

Nilai moral yang bisa diambil dari salah satu film anak anak terbaik sepanjang masa ini yaitu mengajarkan anak untuk tetap mendukung dan mengasihi saudara yang kita miliki. Apapun masalahnya setidaknya dia harus terbuka, dan jangan sungkan untuk meminta tolong ketika memerlukan bantuan.

Nah, itulah film anak anak untuk rekomendasi film si Kecil, ya Bu. Ibu memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar anak? Langsung saja berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.