Whatsapp Share Like
Simpan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih motorik kasar anak demi mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Salah satunya yaitu dengan mengajaknya bersepeda. Kabar baiknya, menurut artikel yang saya baca di forum konsultasi anak online, selain menyenangkan aktivitas yang satu ini juga memiliki banyak manfaat buat si Kecil, Bu. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat saat Ibu mengajak anak bersepeda:

  1. Belajar melatih kemampuan motorik kasar

    Supaya anak tumbuh lincah dan mampu beraktivitas dengan baik, kemampuan motorik kasarnya harus dilatih. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajaknya mengayuh sepeda, Bu. Sebab, saat mengayuh sepeda, otot tangan, paha, kaki, dan tubuh si Kecil ikut bergerak.

  2. Belajar berani dan percaya diri

    Selain punya keingintahuan yang besar terhadap berbagai hal baru, di usia balitanya saat ini anak juga sering takut saat hendak mencoba kegiatan yang belum pernah ia lakukan, termasuk bersepeda, Bu. Namun, ketakutannya ini bisa Ibu redam dengan memberikannya dukungan dan semangat.

    Sebagai awalan, proses belajar bisa dimulai dengan mencoba sepeda roda tiga. Seiring berjalannya waktu dan makin sering ia berlatih, anak akan mulai berani menjajal kemampuannya untuk mengayuh sepeda roda dua dengan bantuan dua roda tambahan untuk menjaga keseimbangannya. Setelah makin terbiasa, ia pun bisa mencoba hal yang lebih menantang, yaitu belajar mengendarai sepeda roda dua tanpa bantuan roda kecil.

    Menurut artikel yang saya baca, tiap Momen Wow yang dicapai anak ini bisa meningkatkan kepercayaan dirinya dan membuat ia terpacu untuk mencoba lebih banyak hal baru lainnya, Bu.

  3. Belajar arah dan konsentrasi

    Ketika anak bersepeda, secara tidak langsung anak juga akan belajar memahami arah kiri, kanan, depan, dan belakang, Bu. Selain itu, ia juga akan belajar fokus dan konsentrasi, karena bersepeda mengharuskannya menjaga fokus dan keseimbangan agar tidak jatuh dan menabrak. Saat di depannya terhalang sesuatu, ia pun harus belajar untuk menghindarinya dengan cara berbelok.

  4. Belajar bersosialisasi

    Mengajak anak bermain sepeda di luar rumah, misalnya taman dan lapangan bermain di kompleks rumah, juga secara tidak langsung melatih ia untuk terbiasa bertemu dengan orang lain. Dari situ, anak akan belajar berinteraksi dan bersosialisasi untuk menjalin pertemanan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya.

  5. Belajar bertanggung jawab

    Saat dibelikan sepeda oleh orang tuanya, anak akan secara tidak langsung belajar pentingnya bertanggung jawab. Sebab, dengan memiliki sepeda berarti ia harus menjaganya agar tetap dalam keadaan baik, utuh, dan tidak hilang. Tentunya, hal ini baik untuk perkembangan psikologi anak ya, Bu.

  6. Belajar Menyeimbangkan Tubuh

    Bermain sepeda membutuhkan keseimbangan supaya tubuh tidak jatuh. Pada awalnya anak pasti akan kesulitan untuk menyeimbangkan tubuhnya, tapi jika terus dilakukan secara rutin ia mulai bisa melakukannya. Belajar menjaga keseimbangan tubuh penting untuk dikuasai anak supaya ia tidak mudah terjatuh saat berjalan, berlari, melompat, memanjat, dan aktivitas lainnya.

  7. Belajar Mengayuh

    Agar sepeda bisa berjalan, maka kaki harus mengayuh pedal. Di sini anak akan belajar tentang proses suatu benda bisa beroperasi. Anak akan belajar bagaimana caranya mengayuh untuk bisa mengendarai sepedanya. Di sini Ibu harus mengawasi agar anak tidak mengayuh sepedanya terlalu kencang yang dapat membahayakan keselamatannya.

  8. Menyehatkan Tubuh

    Bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak. Kegiatan ini akan membuat tubuh aktif bergerak dan berkeringat, sehingga tubuh pun jadi lebih sehat, bugar, dan tidak mudah lemas. Jika Ibu bersepeda bersama anak-anak, maka manfaat lainnya yang akan didapat adalah mempererat hubungan antara orang tua dan buah hatinya.

  9. Menumbuhkan Kemandirian

    Membiasakan anak untuk bersepeda ternyata juga bisa membantu menumbuhkan kemandiriannya lho, Bu. Bagaimana bisa? Ini karena anak dapat belajar untuk menjelajahi lingkungan di sekitarnya sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Ia hanya tinggal mengayuh sepedanya untuk bisa sampai ke tempat yang membuat ia penasaran dan ingin melihatnya. Namun tentunya Ibu tetap harus mengawasi anak supaya ia tidak pergi ke tempat yang berbahaya, ya.

Nah, itulah sembilan manfaat mengajak anak bermain sepeda. Supaya manfaat ini makin optimal, Ibu juga disarankan untuk memberikannya segelas susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag 456 PRIMANUTRI sebelum anak bersepeda supaya lebih bersemangat. Dengan rasanya yang nikmat, membantu Ibu mencukupi kebutuhan Protein, Karbohidrat, Lemak, Vitamin, dan Mineral yang penting untuk tumbuh kembang anak. Selain itu susu ini juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti Omega 3, Omega 6, Minyak Ikan, Zat Besi, Serat Pangan Inulin, Zinc, selenium, serta Kalsium. Mulai sekarang, rutin ajak anak bersepeda ya, Bu, untuk mendapatkan banyak manfaat di atas!