Whatsapp Share Like
Simpan

Film animasi untuk anak-anak menyuguhkan banyak sekali tema untuk ditonton sebagai hiburan di waktu senggang. Mulai dari tema satwa, superhero, fantasi, kerajaan, hingga anak sekolah, semuanya dibuat untuk menghibur sekaligus mendidik anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Untuk anak usia sekolah, film animasi anak sekolah merupakan salah satu tema yang cocok ditonton bersama anggota keluarga. Film bertema ini akan memberikan banyak nilai moral dan pesan mendidik bagi anak-anak. Nah, saat Ibu memiliki waktu luang, coba ajak buah hati nonton rekomendasi film anak sekolah yang edukatif berikut ini, yuk: 

Upin dan Ipin

Siapa sih yang tidak kenal dengan si kembar yang selalu ceria dan banyak akal ini? Upin dan Ipin adalah film animasi buatan negeri tetangga, Malaysia, yang menceritakan kehidupan sehari-hari yang sederhana di pedesaan. Tokoh utamanya adalah sepasang anak laki-laki kembar bernama Upin dan Ipin yang duduk di Taman Kanak-kanak.

Mereka tinggal bersama nenek dan kakak perempuan di sebuah rumah sederhana. Di sekolah, Upin dan Ipin memiliki banyak teman, diantaranya Ehsan, Fizi, Mei-mei, Mail, Susanti, Jarjit, dan masih banyak lagi. Dari film animasi anak sekolah ini, anak-anak dapat belajar banyak hal, mulai dari pertemanan, kekeluargaan, sopan santun, hingga ibadah.

Nussa

Indonesia juga punya film animasi yang tak kalah menarik dan mendidik lho, Bu. Judulnya adalah Nussa, yang mengisahkan seorang anak lelaki yang periang bernama Nussa. Ia memiliki cita-cita ingin menjadi seorang hafiz astronot. Bersama dengan adik perempuannya bernama Rara yang lucu dan polos, film serial animasi anak sekolah ini akan mengajari banyak hal di dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Sejenis

Film Nussa membantu para orang tua untuk membangun karakter dan moral buah hatinya melalui jalan cerita yang menyenangkan dan erat dengan ajaran Islam. Dari film ini anak-anak juga akan disuguhi petualangan seru serta cara pemecahan masalah yang akan sering ditemuinya dalam kehidupan.

Up

Meski tergolong film lawas, tapi Up masih seru untuk ditonton bersama buah hati, Bu. Tokoh utama di dalam film ini adalah Russel, seorang anak laki-laki yang mengikuti pramuka dan ditugaskan untuk mengumpulkan lencana. Dari pengumpulan lencana tersebut, ia bertemu dengan seorang kakek bernama Carl.

Carl hidup sendiri di rumahnya yang akan digusur untuk pembangunan gedung. Dikarenakan sangat menyayangi rumah tersebut, ia tidak mau jika rumahnya dihancurkan. Ia pun akhirnya memindahkan rumahnya menggunakan segerombolan balon menuju suatu tempat yang diinginkan mendiang istrinya. Di tengah perjalanan tersebut, Carl bertemu dengan Russel dan akhirnya melakukan petualangan bersama-sama.

Dari film animasi anak sekolah ini, anak dapat memetik pelajaran untuk tidak mudah menyerah saat menemui masalah. Teruslah berusaha keras hingga cita-cita tercapai. Selain itu, anak juga bisa belajar agar menjadi pribadi yang suka menolong orang lain.

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Film untuk Proses Belajar si Kecil

Big Hero 6

Hiro adalah seorang anak laki-laki cerdas yang suka bereksperimen membuat robot. Saat kota tempat tinggalnya mengalami peristiwa dahsyat yang membahayakan umat manusia. Bersama dengan empat orang temannya dan sebuah robot besar bernama Baymax yang lucu, mereka menjadi superhero yang akan menuntaskan kejahatan tersebut.

Mengharukan, lucu, dan menegangkan adalah perasaan yang muncul saat menonton film Big Hero 6. Saat menonton film animasi anak sekolah ini anak-anak dapat belajar soal keberagaman, pertemanan, dan kerja keras dalam menggapai impian.

Doraemon

Sudah populer sejak tahun 1990 an, film animasi anak sekolah Doraemon mungkin dulu menjadi film yang rutin ditonton Ibu saat kecil, ya. Film kartun asal Jepang ini mengisahkan tentang sebuah robot dari masa depan bernama Doraemon yang datang ke masa lalu untuk membantu seorang anak laki-laki bernama Nobita.

Ia adalah anak yang malas dan lemah, sehingga sering dikerjai oleh teman-temannya. Saat mengalami kesulitan, Doraemon akan selalu membantunya dengan peralatan-peralatan ajaibnya. Meski terkesan kurang mendidik, tapi dari sini Ibu dapat mengedukasi anak untuk menjadi pribadi yang lebih rajin, kuat, dan tidak suka mengandalkan bantuan orang lain.

Chibi Maruko Chan

Masih dari Negeri Sakura, ada film Chibi Maruko Chan yang juga sempat populer di tahun 1990 an. Tokoh utamanya yang bernama Maruko adalah seorang anak perempuan yang sederhana dan hidup bersama orang tua, kakak perempuan, kakek, serta neneknya.

Film animasi anak sekolah ini menggambarkan kehidupan sehari-hari anak berumur 9 tahun yang sederhana, baik di sekolah maupun di rumah. Di sekolah, ia memiliki beberapa teman, salah satunya Tama. Kisah-kisah Maruko dapat memberikan pembelajaran pada anak tentang pertemanan, kekeluargaan, serta kesederhanaan.

Sailormoon

Film animasi yang khas anak perempuan ini juga berasal dari Jepang dan sangat booming di tahun 1990 an. Sudah lawas memang, tapi kisah-kisahnya masih tetap menarik dan bisa membawa Ibu bernostalgia mengingat masa kecil. Tokoh utamanya yang bernama Usagi adalah seorang anak perempuan remaja yang cengeng dan pemalas. Namun setelah bertemu dengan seekor kucing ajaib bernama Luna, kehidupannya berubah drastis.

Ia mendapatkan peralatan yang memberikannya kekuatan dan menjadikan dirinya seorang pahlawan super pemberantas kejahatan bernama Sailormoon. Dari kisah-kisah Sailormoon terdapat pesan moral agar anak menjadi pribadi yang lebih rajin, kuat, dan tidak takut terhadap tantangan.

Belajar tidak harus dari buku atau sekolah, film animasi anak sekolah pun bisa menjadi sarana edukasi yang baik bagi anak-anak. Tentunya Ibu harus memberikan pendampingan selama anak menonton supaya bisa memberikan arahan mana yang baik dan boleh ditiru anak serta mana yang tidak baik dan tidak boleh ditiru anak. Yuk, habiskan waktu untuk menonton film edukatif bersama buah hati.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak langsung dengan ahlinya, bisa mengunjungi laman Tanya Pakar. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi dulu ya, Bu.

Sumber:

Tirto.id