Perkembangan bayi setiap bulan perlu Ibu perhatikan dengan baik. Ketika memasuki usia 4 bulan, bayi cenderung mulai menunjukkan tanda perkembangan yang signifikan. Oleh karena itu, stimulasi bayi 4 bulan jadi hal yang cukup penting untuk Ibu lakukan. Pada usia tersebut, stimulasi bayi 4 bulan dinilai baik untuk merangsang perkembangan jadi lebih optimal. 

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan 

Sebelum mengetahui apa saja stimulasi bayi 4 bulan yang bisa Ibu lakukan dalam merangsang pertumbuhan si Kecil. Ibu bisa cari tahu terlebih dahulu mengenai ciri perkembangan bayi saat menginjak usia 4 bulan. Secara menyeluruh, dokter memiliki beberapa informasi mengenai jenis perkembangan yang terjadi. Namun, ada beberapa hal yang mudah terlihat untuk mata sebagai acuan Ibu terkait perkembangan si Kecil. 

  1. Perkembangan Motorik 

    Perkembangan motorik merupakan salah satu pertumbuhan yang bisa Ibu lihat dalam aktivitas sehari-hari. Untuk membantu si Kecil tumbuh dengan optimal, perkembangan ini membutuhkan stimulasi bayi 4 bulan yang tepat. Salah satu ciri signifikan yang bisa Ibu temukan dari perkembangan motorik adalah kemampuan si Kecil menjaga lehernya tetap kuat dan tegak saat berada dalam posisi duduk. 

    Selain itu, si Kecil juga sudah mulai bisa mengangkat tangan saat posisi tengkurap. Perkembangan signifikan lainnya adalah ketika si Kecil sudah mulai berusaha untuk meraih objek, seperti mainan yang menarik perhatiannya. Tidak jarang juga si Kecil menunjukkan emosi jika kesulitan dalam meraih objek. Hal tersebut bisa jadi langkah untuk menstimulasi bayi 4 bulan yang bisa Ibu lakukan. 

  2. Mulai Berkomunikasi dengan Bicara 

    Di usia 4 bulan, bayi juga sudah mulai bisa berbicara. Meskipun masih sekadar mengeluarkan suara, hal tersebut merupakan sebuah perkembangan yang dapat jadi acuan di usianya. Suara tersebut merupakan cara bagi si Kecil untuk berkomunikasi dengan Ibu. 

    Artikel Sejenis

    Terkait stimulasi bayi 4 bulan, Ibu bisa kembali mengajak si Kecil berkomunikasi dengan merespon suara yang keluar. Hal tersebut melatih kemampuan si Kecil untuk mengenal suara dan berkomunikasi dengan baik. Mungkin tidak instan. Namun, perkembangan tersebut bermanfaat untuk di usianya mendatang. 

  3. Tidur Lebih Lama 

    Semakin berambahnya usia si Kecil, Ibu mulai bisa merasakan tidur malam dengan nyaman. Pasalnya, bayi sudah mulai jarang terbangun di malam hari dan bisa tidur nyenyak dalam waktu yang lebih lama. Bahkan si Kecil pun bisa mendapatkan tidur sebanyak 7 hingga 8 jam di malam hari. 

    Tidur atau istirahat berkualitas merupakan hal yang membantu si Kecil untuk tumbuh kembang dengan optimal. Untuk itu, Ibu bisa memastikan si Kecil mendapatkan waktu tidur yang baik sesuai anjuran dokter. Umumnya bayi usia 4 bulan juga masih membutuhkan tidur siang hingga dua jam sehari. Meningkatkan kuantitas waktu menyusui jadi langkah stimulasi bayi 4 bulan yang bisa Ibu coba di usia ini. 

  4. Indera Penglihatan Lebih Fokus 

    Si Kecil juga akan menunjukkan tanda-tanda indera penglihatan yang lebih fokus menginjak usia 4 bulan. Perkembangan penglihatan ini merupakan salah satu ciri pertumbuhan yang bisa Ibu ketahui ketika si Kecil mulai tertarik melihat objek berwarna cerah. Di usia 4 bulan, ketajaman penglihatan bayi bisa meningkat mencapai 50 persen. 

    Selain warna yang cerah, si Kecil juga sudah mulai bisa mengikuti gerak orang di sekitarnya. Tidak jarang juga ketajaman penglihatan membantu memberikan stimulasi bayi 4 bulan pada perkembangan motoriknya. Si Kecil jadi mulai menggunakan tangannya dalam menunjuk hal yang menarik perhatiannya. 

  5. Peka Terhadap Lingkungan 

    Selaras dengan meningkatnya ketajaman penglihatan, bayi juga mulai peka terhadap lingkungan di usia 4 bulan. Tidak hanya dari gerakan yang menarik perhatian si Kecil. Sumber suara juga bisa membuat bayi jadi lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya. 

    Stimulasi bayi 4 bulan untuk lebih peka terhadap lingkungan baik untuk Ibu lakukan. Namun, di usia ini alangkah baiknya jangan terlalu berlebihan. Berikan waktu untuk anak berinteraksi di ruangan utama tempat keluarga berkumpul. Namun, ketika saat tidur dan menyusui, Ibu bisa kembali menata ruangan dalam cahaya redup dan sunyi untuk menyeimbangkan proses tumbuh kembang. 

Kegiatan untuk Stimulasi Bayi 4 Bulan 

Ketika si kecil sudah mulai menunjukan perkembangan pada fisiknya, banyak jenis stimulasi bayi 4 bulan yang bisa Ibu coba. Dari hal yang sederhana hingga beberapa cara yang mengajak seluruh anggota keluarga. 

  1. Ajak si Kecil Membaca 

    Salah satu stimulasi bayi 4 bulan yang bisa Ibu coba adalah dengan mengajak si Kecil membaca. Stimulasi bayi 4 bulan ini merupakan cara menarik untuk mengajarkan bayi berkomunikasi. Tidak hanya itu, Ibu juga bisa membantu anak untuk melatih ketajaman penglihatannya. 

    Pilihlah buku bergambar yang cocok untuk stimulasi bayi 4 bulan. Lebih baik jika buku tersebut punya cerita yang ringan. Jadi si Kecil bisa mendengar Ibu bercerita dan mulai mengikuti cara Ibu berbicara yang membantu proses latihan komunikasinya di masa depan. 

  2. Kenalkan Mainan Berwarna 

    Tidak hanya dari buku bergambar dan berwarna, stimulasi bayi 4 bulan juga bisa Ibu berikan dari mainan. Mainan berwarna dapat membantu si Kecil fokus mengenal objek lebih mudah. Selain itu, mainan juga jadi alat stimulasi bayi 4 bulan untuk perkembangan motoriknya. Biarkan anak untuk mengangkat mainan dengan tangannya secara perlahan. Namun pilihlah mainan yang tidak terlalu berat, ya Bu. 

  3. Lebih Sering Ajak Bicara 

    Selain membaca buku, Ibu juga bisa melakukan stimulasi bayi 4 bulan dengan cara berbicara. Ibu hanya perlu membalas apa yang si Kecil ucapkan. Ajak bayi bicara dan ikuti gerak motoriknya agar proses komunikasi jadi lebih jelas. Sehingga, ketika usianya bertambah, si Kecil jadi lebih mudah mengungkapkan apa yang dirinya inginkan kepada Ibu sebagai bagian dari stimulasi bayi 4 bulan. 

  4. Perlihatkan si Kecil Ke Cermin 

    Selain mengenalkan si Kecil kepada objek seperti mainan dan buku, langkah stimulasi bayi 4 bulan terkait motorik dan otot juga bisa dengan menggunakan cermin. Stimulasi bayi 4 bulan ini membantu si Kecil mengenal dirinya sendiri. Selain itu, hal ini juga bisa jadi latihan untuk mengetahui emosi dari bayi. 

Agar proses stimulasi bayi 4 bulan berjalan dengan baik, Ibu tetap perlu memastikan asupan nutrisi si Kecil terpenuhi dengan baik. Tentu saja dengan kualitas ASI yang baik. Kualitas ASI yang baik, menjaga agar perkembangan bayi di usia 4 bulan berjalan secara optimal. 

Agar kualitas ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan 500 kalori tambahan setiap harinya (AKG 2019) begitu juga tambahan nutrisi penting lainnya. 

Selain dari makanan, Ibu juga perlu mengonsumsi susu yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial – protein penting dalam bentuk siap diserap oleh tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu) dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, sumber serat pangan inulin, tinggi vitamin C, sumber protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan selama masa menyusui. 

Semua nutrisi di atas Ibu bisa dapatkan dengan rutin mengonsumsi 2 gelas susu Frisian Flag PRIMAMUM setiap harinya karena Susu Frisian Flag PRIMAMUM memiliki kandungan 9AAE, 9 nutrisi penting untuk Ibu selama menyusui, dan DHA

Bahkan kandungan DHA dalam Frisian Flag PRIMAMUM tertinggi dibandingkan dengan susu sejenisnya. DHA ditambahkan untuk mendukung pertumbuhan otak si Kecil di periode 1000 Hari Pertama Kehidupannya. Susu Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat enek atau mual. 

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! .

Agar Ibu lebih yakin bahwa si Kecil tumbuh dengan optimal, Ibu perlu rutin memantau tumbuh kembang si Kecil melalui grafik pertumbuhan. Ibu 

Selain dengan memberikannya stimulasi, Ibu juga harus memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal dengan menggunakan Rapor Tumbuh Kembang Prima yang ada di Akademi Keluarga Prima. Yuk, coba sekarang di halaman ini!