Memasuki usia 4 bulan, si Kecil cenderung mulai menunjukkan tanda perkembangan yang signifikan. Oleh karena itu, stimulasi bayi 4 bulan jadi hal yang cukup penting untuk Ibu lakukan. Si Kecil juga membutuhkan asupan ASI yang berkualitas dan penuh dengan nutrisi. Ibu menyusui perlu asupan bernutrisi seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Banyak hal yang sudah bisa dilakukan oleh bayi berusia 4 bulan, seperti mencoba berkomunikasi dengan caranya dan mengajak bermain. Kegiatan dan mainan stimulasi bayi 4 bulan dinilai baik untuk merangsang perkembangan si Kecil jadi lebih optimal. 

Simak apa saja stimulasi bayi 4 bulan agar cerdas berikut ini yuk, Bu!

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan 

Sebelum mengetahui apa saja stimulasi bayi 4 bulan yang bisa Ibu lakukan dalam merangsang pertumbuhan si Kecil, Ibu bisa cari tahu terlebih dahulu mengenai ciri perkembangan bayi saat menginjak usia 4 bulan.

Secara menyeluruh, dokter memiliki beberapa informasi mengenai jenis perkembangan yang terjadi. Namun, ada beberapa hal yang mudah terlihat sebagai acuan Ibu terkait perkembangan si Kecil. 

Artikel Sejenis

  1. Perkembangan Motorik 
  2. Perkembangan motorik merupakan salah satu pertumbuhan yang bisa Ibu lihat dalam aktivitas sehari-hari. Untuk membantu si Kecil tumbuh dengan optimal, perkembangan ini membutuhkan stimulasi bayi 4 bulan yang tepat.

    Salah satu ciri signifikan yang bisa Ibu temukan dari perkembangan motorik adalah kemampuan si Kecil menjaga lehernya tetap kuat dan tegak saat berada dalam posisi duduk. 

    Selain itu, si Kecil juga sudah mulai bisa mengangkat tangan saat posisi tengkurap. Perkembangan signifikan lainnya adalah ketika si Kecil sudah mulai berusaha untuk meraih objek, seperti mainan yang menarik perhatiannya.

    Tidak jarang juga si Kecil menunjukkan emosi jika kesulitan dalam meraih objek. Hal tersebut bisa jadi langkah stimulasi bayi 4 bulan yang bisa Ibu lakukan. 

  3. Mulai Berkomunikasi dengan Bicara 
  4. Di usia 4 bulan, si Kecil juga sudah mulai bisa berbicara. Meskipun masih sekadar mengeluarkan suara, hal tersebut merupakan sebuah perkembangan yang dapat jadi acuan di usianya. 

    Suara merupakan cara bagi si Kecil untuk berkomunikasi dengan Ibu. Terkait stimulasi bayi 4 bulan agar cerdas, Ibu bisa kembali mengajak si Kecil berkomunikasi dengan merespon suara yang keluar.

    Hal tersebut melatih kemampuan si Kecil untuk mengenal suara dan berkomunikasi dengan baik. Meskipun tidak instan, perkembangan tersebut bermanfaat untuk di usianya mendatang.

  5. Tidur Lebih Lama 
  6. Perkembangan bayi 4 bulan - ibudanbalita

    Semakin bertambahnya usia si Kecil, Ibu mulai bisa merasakan tidur malam dengan nyaman. Pasalnya, si Kecil biasanya sudah mulai jarang terbangun di malam hari dan bisa tidur nyenyak dalam waktu yang lebih lama. Bahkan si Kecil pun bisa mendapatkan tidur sebanyak 7 hingga 8 jam di malam hari.Tidur atau istirahat berkualitas merupakan hal yang membantu si Kecil untuk tumbuh kembang dengan optimal. Untuk itu, Ibu bisa memastikan si Kecil mendapatkan waktu tidur yang baik sesuai anjuran dokter.

    Umumnya, bayi usia 4 bulan juga masih membutuhkan tidur siang hingga dua jam sehari. Meningkatkan kuantitas waktu menyusui jadi cara menstimulasi bayi 4 bulan yang bisa Ibu coba di usia ini.

  7. Indera Penglihatan Lebih Fokus 
  8. Si Kecil juga akan menunjukkan tanda-tanda indera penglihatan yang lebih fokus menginjak usia 4 bulan. Perkembangan penglihatan ini merupakan salah satu ciri pertumbuhan yang bisa Ibu ketahui ketika si Kecil mulai tertarik melihat objek berwarna cerah.

    Di usia 4 bulan, ketajaman penglihatan bayi bisa meningkat mencapai 50 persen. Selain warna yang cerah, si Kecil juga sudah mulai bisa mengikuti gerak orang di sekitarnya.

    Tidak jarang juga ketajaman penglihatan membantu memberikan stimulasi bayi 4 bulan pada perkembangan motoriknya. Si Kecil jadi mulai menggunakan tangannya dalam menunjuk hal yang menarik perhatiannya. 

  9. Peka Terhadap Lingkungan 
  10. Selaras dengan meningkatnya ketajaman penglihatan, si Kecil juga mulai peka terhadap lingkungan di usia 4 bulan. Tidak hanya dari gerakan yang menarik perhatian si Kecil, sumber suara juga bisa membuatnya jadi lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya.

    Stimulasi bayi 4 bulan untuk lebih peka terhadap lingkungan baik untuk Ibu lakukan. Namun, di usia ini alangkah baiknya jangan terlalu berlebihan. Berikan waktu untuk si Kecil berinteraksi di ruangan utama tempat keluarga berkumpul.

Namun, ketika saat tidur dan menyusui, Ibu bisa kembali menata ruangan dalam cahaya redup dan sunyi untuk menyeimbangkan proses tumbuh kembang.

Untuk mengoptimalkan tahapan perkembangan bayi 4 bulan di atas, Ibu perlu menemukan stimulasi yang tepat.

Baca juga: 4 Jenis Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Kuat dan Sehat

8 Cara Stimulasi Bayi 4 Bulan

cara stimulasi bayi 4 bulan - ibudanbalita

Ketika si kecil sudah mulai menunjukan perkembangan pada fisiknya, banyak aktivitas stimulasi bayi 4 bulan agar cerdas yang bisa Ibu coba. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Ajak si Kecil Membaca 
  2. Salah satu stimulasi bayi 4 bulan agar cerdas yang bisa Ibu coba adalah dengan mengajak si Kecil membaca. Stimulasi bayi 4 bulan ini merupakan cara menarik untuk mengajarkannya berkomunikasi.

    Tidak hanya itu, Ibu juga bisa membantu si Kecil untuk melatih ketajaman penglihatannya. Pilihlah buku bergambar yang cocok untuk stimulasi bayi 4 bulan.

    Akan lebih baik jika buku tersebut punya cerita yang ringan. Jadi, si Kecil bisa mendengar Ibu bercerita dan mulai mengikuti cara Ibu berbicara yang membantu proses latihan komunikasinya di masa depan. 

  3. Kenalkan Mainan Berwarna 
  4. Tidak hanya dari buku bergambar dan berwarna, stimulasi bayi 4 bulan juga bisa Ibu berikan dari mainan. Mainan berwarna dapat membantu si Kecil fokus mengenal objek lebih mudah.

    Selain itu, mainan stimulasi bayi 4 bulan bagus perkembangan motoriknya. Biarkan si Kecil untuk mengangkat mainan dengan tangannya secara perlahan. Namun, pilihlah mainan stimulasi bayi 4 bulan yang tidak terlalu berat, ya Bu. 

  5. Lebih Sering Ajak Bicara 
  6. Selain membaca buku, Ibu juga bisa melakukan stimulasi bayi 4 bulan dengan cara berbicara. Ibu hanya perlu membalas apa yang si Kecil ucapkan. 

    Ajak si Kecil bicara dan ikuti gerak motoriknya agar proses komunikasi jadi lebih jelas, si Kecil jadi lebih mudah mengungkapkan apa yang dirinya inginkan kepada Ibu saat usianya bertambah. 

  7. Perlihatkan si Kecil ke Cermin 
  8. Selain mengenalkan si Kecil kepada objek seperti mainan dan buku, cara menstimulasi bayi 4 bulan terkait motorik dan otot juga bisa dengan menggunakan cermin.

    Cara menstimulasi bayi 4 bulan ini membantu si Kecil mengenal dirinya sendiri. Selain itu, hal ini juga bisa jadi latihan untuk mengetahui emosi dari si Kecil. 

  9. Tummy Time
  10. Umumnya, si Kecil sudah mulai bisa tengkurap dan membalikkan badannya sendiri di usia 3-5 bulan. Meski begitu, ada juga bayi yang baru bisa tengkurap saat berusia sekitar 6-7 bulan ketika otot lengan dan lehernya sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya.

    Stimulasi bayi 4 bulan agar tengkurap sendiri yang bisa Ibu coba yaitu dengan melatihnya tummy time sekitar 5 menit. Lakukan stimulasi bayi 4 bulan agar tengkurap ini secara berulang selama si kecil masih terjaga.

  11. Pangku si Kecil
  12. Memangku si Kecil dapat menjadi stimulasi awal untuk melatihnya duduk sendiri. Namun, bolehkah bayi 4 bulan stimulasi untuk duduk ini dilakukan? Mengutip dari What to Expect, bayi umumnya dapat duduk dengan bantuan pada usia 4-5 bulan.

    Si Kecil juga mulai menunjukkan tanda-tanda siap duduk pada usia 4 bulan. Jika si Kecil bisa mengangkat kepalanya dengan baik, Ibu dapat membantunya mengembangkan kontrol leher dan kepalanya dengan menopang punggungnya saat memangkunya duduk.

  13. Ajak si Kecil Bermain Tekstur
  14. Bayi usia 4 bulan memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia di sekitarnya, termasuk tekstur. Berikan si Kecil kesempatan untuk merasakan tekstur benda-benda yang berbeda.

    Ibu bisa menggunakan selimut berbulu halus, bola kain, atau mainan yang bergelombang. Saat si Kecil menyentuh benda-benda tersebut, Ibu bisa membantu mendeskripsikannya dengan kata sifat.

  15. Ajak si Kecil bermain Tangkap Bola
  16. Menggulirkan bola ke arah si Kecil dapat membantunya meningkatkan kemampuan motorik kasar. Bola lembut dengan warna dan tekstur berbeda dapat menjadi pilihan mainan stimulasi bayi 4 bulan yang tepat karena mudah digenggam dan dapat menarik perhatian si Kecil. 

    Bola juga dapat menjadi mainan stimulasi bayi 4 bulan yang bagus untuk belajar tengkurap. Si Kecil dapat menggunakan bola untuk mendorong diri mereka sendiri ke posisi duduk atau merangkak.

Stimulasi bayi 4 bulan di atas perlu dilakukan secara teratur dan bertahap. Jangan memaksa si Kecil untuk melakukan sesuatu yang belum siap dilakukan ya, Bu.

Baca juga: 9 Kegiatan Seru yang Bisa Jadi Stimulasi Bayi 0-6 Bulan

Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan yang Perlu Diwaspadai

 tanda-tanda keterlambatan perkembangan bayi 4 bulan - ibudanbalita

Menyaksikan si Kecil tumbuh dan berkembang merupakan kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua. Namun, kadang-kadang muncul kekhawatiran ketika perkembangannya terlihat berbeda dengan anak-anak seusianya. 

Berikut ini sejumlah tanda-tanda keterlambatan yang harus Ibu waspadai mengutip dari Baby Center:

  • Tidak memperhatikan sesuatu saat mereka bergerak
  • Tidak tersenyum pada orang
  • Tidak bisa menjaga kepala tetap stabil
  • Tidak mengeluarkan suara
  • Tidak memasukkan benda ke mulutnya
  • Kakinya tidak menapak dengan kuat saat diletakkan di permukaan yang keras
  • Mengalami kesulitan menggerakkan satu atau kedua mata ke segala arah.

Mengetahui tanda-tanda keterlambatan perkembangan pada usia dini sangat penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Segera konsultasikan dengan dokter anak jika si Kecil mengalami salah satu tanda-tanda di atas.

Berbagai cara menstimulasi bayi 4 bulan di atas dapat berjalan optimal apabila diimbangi dengan pemberian ASI yang berkualitas. Agar kualitas ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan 500 kalori tambahan setiap harinya (AKG 2019) begitu juga tambahan nutrisi penting lainnya.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun, jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya, Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi.

Tak kalah pentingnya dari itu, Ibu juga perlu mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangan si Kecil melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita.Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.