Whatsapp Share Like
Simpan

Menjalani masa kehamilan banyak yang harus diperhatikan. Hal ini demi keselamatan si Kecil kelak. Mulai dari makanan yang masuk, aktivitas, hingga nutrisi pun harus seimbang. Tapi ada satu hal yang perlu Ibu lakukan saat hamil pada trimester pertama, yakni pemeriksaan darah. Tes darah atau pengambilan sampel darah untuk diperiksa di laboratorium perlu dilakukan secara rutin oleh ibu hamil. Tujuannya untuk mengetahui apakah ibu hamil mengalami penyakit tertentu, seperti infeksi atau kurang darah, serta untuk mendeteksi kelainan pada janin.

Dengan melakukan tes darah, potensi masalah yang ada pada tubuh Ibu hingga masalah kehamilan dapat terdeteksi secara cepat. Untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjalani tes darah, diskusikan dengan dokter atau bidan saat menjalani pemeriksaan kehamilan rutin. Nah, apa saja yang Ibu harus periksa saat pemeriksaan darah dan apa saja manfaatnya? Simak ulasan lengkap berikut ini ya!

  1. Tes perhitungan darah

    Biasanya tes ini dilakukan untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam sel darah merah ibu hamil. Jika Ibu memiliki hemoglobin rendah itu artinya pertanda anemia. Biasanya dokter akan menyarankan Ibu agar lebih banyak mengosumsi nutrisi ibu hamil kaya zat besi. Tes darah ini juga dapat dilakukan untuk menghitung jumlah darah putih. Jika mengalami peningkatan sel darah putih, artinya ibu hamil mungkin mengalami infeksi.

  2. Tipe darah, Rhesus, dan antibodi

    Tes golongan darah dilakukan untuk mengetahui golongan darah (A, B, AB, atau O) dan resus darah ibu hamil (resus negatif atau positif). Jika Ibu memiliki resus yang berbeda dengan janin, maka ibu hamil akan diberi suntikan immunoglobulin guna mencegah pembentukan antibodi yang dapat menyerang darah janin.

  3. Tes gula darah

    Pemeriksaan kadar gula darah ibu hamil biasanya dilakukan di trimester kedua kehamilan. Akan tetapi, dokter mungkin akan menyarankan tes gula darah lebih dini pada ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih, pernah melahirkan anak dengan berat badan di atas 4,5 kilogram sebelumnya, atau memiliki riwayat diabetes gestasional.

    Artikel Sejenis

  4. Rubella

    Rubella merupakan salah satu virus yang dapat menyebabkan beragam masalah pada kehamilan, termasuk kelahiran sebelum waktunya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan cek darah untuk mengetahui sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus rubella. Vaksin ini bisa Ibu dapatkan baik saat hamil maupun setelah melahirkan. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter kehamilan Ibu ya.

  5. Tes HIV

    Infeksi HIV penyebab AIDS pada ibu hamil bisa menular ke janin selama kehamilan, saat melahirkan, atau selama menyusui. Di Indonesia, semua ibu hamil di wilayah dengan angka kasus HIV yang tinggi, atau ibu hamil dengan perilaku berisiko dianjurkan untuk menjalani tes HIV.

    Tidak perlu khawatir saat melakukan pemeriksaan, jika Ibu positif HIV, perawatan khusus akan dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sekaligus menurunkan risiko bayi tertular HIV.

Sangat banyak bukan manfaat dari tes darah? Melakukaan pemeriksaan sedini mungkin sangat baik untuk mengetahui keadaan Ibu dan janin. Sehingga jika Ibu memiliki masalah akan terdeketsi agar tak semakin parah. Manfaat ini juga sebaik Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA yang memliki nutrisi lengkap untuk ibu hamil.

Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA adalah minuman khusus untuk ibu hamil dan menyusui dengan rasa cokelat yang lezat. Diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi janin dan mama. Dengan kombinasi zat gizi makro, protein, karbohidrat dan lemak, Serat pangan (inulin), Tinggi Zat Besi, Tinggi Kalsium, Tinggi Asam folat, serta 29 multivitamin dan mineral untuk melengkapi asupan gizi ibu hamil dan menyusui yang memerlukan tambahan zat gizi lebih banyak dibandingkan kebutuhan gizi harian sebelumnya.

Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA mempunyai 2 manfaat dalam 1 produknya. Dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui sekaligus, menjadikan konsumsi susu menjadi lebih praktis dan ekonomis. Rasa cokelat yang lezat membuat minum susu Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA menjadi sensasi yang berbeda. Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA bisa diminum dalam sajian susu panas maupun dingin dan dapat juga dikombinasikan dengan bahan makanan dan minuman lain. Tersedia dalam kemasan kotak dengan harga terjangkau.