Ada banyak manfaat susu bagi tubuh manusia, terutama bagi kesehatan tulang. Hal tersebut memang benar, sebab berbagai kandungan di dalamnya sangat bagus bagi tulang. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan pun sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi susu, agar pertumbuhan tulangnya bisa optimal. Salah satu manfaat susu yang tak kalah penting adalah memperkuat kesehatan tulang si Kecil.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Kesehatan tulang pada anak harus dijaga sejak dini. Sehingga perkembangan tulang anak semakin optimal di masa depannya nanti. Demi menjaga kesehatan tulang anak di masa pertumbuhannya, ibu-ibu harus menjaga kebutuhan kalsium harian anak, dengan rutin memberikan susu sebagai pelengkap nutrisi dalam membantu pertumbuhan tulang anak yang optimal. Namun, asupan makanan bergizi anak juga perlu dijaga ya ibu-ibu.

Manfaat Susu Bagi Masa Pertumbuhan Anak Kini dan Nanti

Manfaat susu pada anak sebenarnya sudah dapat dirasakan sejak anak baru lahir. Dari ASI yang disarankan untuk dikonsumsi di usia 0-6 bulan, menjadi bukti bahwa susu termasuk ASI memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang anak.

Manfaat susu ASI pada bayi sudah tidak perlu diragukan lagi, ASI mengandung banyak manfaat untuk perkembangan tulang anak usia 0-6 bulan. Setelah itu, kebutuhan nutrisi anak terus bertambah seiring bertambahnya usia. 

Memasuki masa MPASI, anak disarankan untuk diberikan asupan susu untuk pelengkap kebutuhan nutrisi tulang dan tumbuh kembangnya. Ibu sebaiknya mulai mencari tahu bagaimana cara membuat susu formula yang benar.

Artikel Sejenis

Lalu, apa saja kira-kira manfaat susu bagi pertumbuhan anak kini dan nanti? Berikut ini beberapa manfaat susu untuk para ibu ketahui, agar bisa selalu mencukupi kelengkapan nutrisi untuk tumbuh kembang anak:

  1. Tulang dan Gigi Sehat

    Manfaat susu yang pertama adalah baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Oleh sebab itu, susu dipercaya sebagai sumber kalsium terbesar untuk tubuh manusia terutama pertumbuhan anak-anak. Mengkonsumsi susu menjadi sebuah kewajiban untuk anak baru lahir hingga dewasa nanti. Hal tersebut karena kombinasi nutrisi yang terkandung dalam susu termasuk kalsium, fosfor, kalium, protein, dan vitamin K2.

    Semua nutrisi pada susu memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang anak kini dan nanti. Bahkan tidak hanya tulang yang terjaga kesehatannya, gigi juga turut ikut terjaga kesehatannya. Mengoptimalkan nutrisi tubuh tidak hanya dengan makanan bergizi, susu dinobatkan sebagai pelengkap nutrisi untuk tulang sehat anak kini dan nanti. Jadi, jangan ragu dengan manfaat susu sebagai nutrisi baik untuk mengoptimalkan kesehatan tulang anak.

  2. Terhindar dari penyakit

    Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, manfaat susu juga dirasa dapat menjaga kesehatan jantung serta daya tahan tubuh anak. Minum susu ini dilakukan untuk menjaga tekanan darah tetap sehat dan mengurangi resiko stroke. Jadi, memang pada dasarnya susu tidak hanya dikonsumsi untuk anak-anak, namun orang dewasa juga dianjurkan untuk mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan tubuh. 

    Menjaga daya tahan tubuh anak agar terhindar dari penyakit dengan memanfaatkan susu. Susu tidak hanya mengandung kalsium untuk tulang, tapi juga ada kandung susu yang menjaga kesehatan tubuh lainnya. Seperti, kandung protein pada susu dan vitamin-vitamin yang terdapat pada susu. Oleh sebab itu, anak yang rutin minum susu akan terjaga daya tahan tubuhnya dari penyakit yang tidak diinginkan. 

  3. Mendukung Kecerdasan Otak Anak

    Manfaat susu selanjutnya adalah bisa mendukung kecerdasan otak anak. Kandungan DHA dan AA dalam susu, bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan otak anak sejak dini. Tidak hanya DHA dan AA, nutrisi lain yang terdapat pada susu juga berguna untuk menjaga saraf otak anak untuk berkembang optimal sesuai dengan usianya. Namun, dengan begitu anak juga harus distimulasi dengan makanan bergizi yang dapat meningkatkan kinerja kecerdasan otaknya. Manfaat susu bisa sebagai pelengkap dalam menyempurnakan kecerdasan anak.

  4. Membantu mencegah kenaikan berat badan

    Manfaat susu berikutnya yaitu bisa mencegah berat badan berlebih pada anak. Susu mengandung berbagai komponen yang dapat berpartisipasi pada penurunan berat badan dan mencegah obesitas pada anak. Ibu-ibu tidak perlu khawatir dengan minum susu, anak menjaga kegemukan. Karena nutrisi kalsium pada susu mengurangi resiko obesitas yang lebih rendah pada anak. Selain itu, kalsium pada susu juga dapat meningkatkan pemecahan lemak dan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh. Jadi, ibu-ibu pilihlah susu dengan kandungan yang pas untuk kebutuhan tumbuh kembang anak.

  5. Anak Menjadi Lebih Aktif dan Kreatif

    Kandungan gizi yang lengkap pada susu membuat banyak anak menyukai susu. Nah, jika susu dikonsumsi secara rutin selain sebagai pelengkap nutrisi gizi anak, tubuh si kecil juga akan terasa lebih bugar dan sehat. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih aktif dan kreatif dalam kesehariannya. Anak-anak akan lebih inisiatif dalam berfikir kreatif dan aktif. Oleh sebab itu, anak akan lebih senang mengajak Ayah dan Ibu untuk bermain di luar atau beraktivitas lebih banyak dari biasanya. Hal tersebut adalah hal normal, karena anak sedang dalam masa pertumbuhan yang seharusnya sebagai orang tua mendukung kegiatan aktif dan kreatif anak. Tidak hanya dalam hal itu, dalam asupan gizi anak ayah dan Ibu juga harus perhatikan baik-baik. Seimbang antara pola makanan bergizi dan dilengkapi susu sebagai nutrisi tambahan. Jadi Ibu tak perlu ragu akan manfaat susu pada tumbuh kembang si Kecil.

Kandungan serta Manfaat Susu yang Baik untuk Anak

Selain itu, ada juga beberapa kandungan susu yang perlu ibu-ibu ketahui, agar manfaat susu untuk pertumbuhan tulang anak bisa sampai secara optimal. Berikut ini informasi kandungan susu untuk para ibu:

Kalsium

Kalsium adalah mineral dalam tubuh yang bertugas untuk mengoptimalkan kekuatan serta kepadatan tulang dan gigi anak. Sejatinya kalsium sudah dimiliki oleh setiap manusia dan akan diambil dari tubuh. Proses ini disebut dengan nama remodeling process atau proses renovasi tulang. Jika tubuh anak terus mengeluarkan sejumlah kalsium, tetapi asupan kalsium pada tubuh anak tidak optimal, tentu lama-kelamaan dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan tidak berkembang dengan sempurna. Untuk itu diperlukan asupan gizi yang kaya kalsium agar mencukupi kebutuhannya.

Sumber asupan gizi yang kaya akan kalsium tidak hanya dari makanan saja, susu juga merupakan salah satu sumber asupan kalsium yang paling besar untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Selain itu kalsium juga masih memiliki manfaat lainnya, yaitu untuk penghantar transmisi impuls saraf dan pembekuan darah. Yayasan Osteoporosis Amerika Serikat merekomendasikan untuk mengkonsumsi kalsium antara 1,000 hingga 1,200 mg per hari. Selain susu, sumber kalsium lainnya bisa ditemukan pada produk susu seperti yogurt dan keju. 

Fosfor

Kandungan susu dikenal banyak memberikan manfaat untuk kebutuhan tulang anak. Oleh karena itu, dalam memilih susu terbaik untuk Anak, Ibu harus memilih susu dengan kandungan fosfor. Kandungan fosfor pada susu berguna untuk menyeimbangkan asam basa pada tubuh yang akan mendukung proses pembentukan struktur tulang dan gigi. Hal tersebut dibutuhkan agar tulang dan gigi anak mempunyai kadar kekuatan yang normal.

Zat baik fosfor yang terkandung pada susu ini, jika bertemu dengan zat baik lainnya seperti kalsium, makan akan terbentuk senyawa kalsium fosfat yang berperan besar dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada anak. Jadi, jangan salah pilih yah Ayah dan Ibu. Kandungan susu dengan zat-zat baik seperti Fosfor ini harus menjadi prioritas Ibu dalam memilih susu pertumbuhan untuk Anak. Agar tulang dan gigi anak bisa tumbuh secara optimal. 

Vitamin D

Manfaat susu selanjutnya adalah untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin D di dalam susu. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari, tapi juga bisa ditemukan di berbagai sumber makanan lainnya, termasuk susu. Vitamin ini sangat dibutuhkan di masa-masa pertumbuhan anak, terutama untuk tulangnya. Bila tubuh kekurangan vitamin D, maka pertumbuhan pun jadi tidak berjalan dengan maksimal. Bahkan dalam kondisi sangat kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penyakit rakhitis pada anak.

Rakhitis masih sering ditemui di negara-negara berkembang dan paling sering menyerang anak berusia 6 bulan hingga 3 tahun. Ini adalah sebuah kelainan yang mengakibatkan tulang menjadi lemah dan lunak sehingga bentuk tulang bisa berubah dan menyebabkan pertumbuhan jadi terhambat. Vitamin D bekerja sama dengan kalsium dan fosfat dalam proses pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat di masa tumbuh kembang anak. Selain rutin minum susu, Ibu juga sebaiknya memberikan berbagai jenis makanan sumber vitamin D. Diantaranya adalah hati sapi, kuning telur, salmon, tuna, makarel, sarden, minyak ikan cod, keju, yogurt, dan jamur kancing.

Probiotik dan Prebiotik

Kandungan susu yang tak kalah penting untuk pertumbuhan anak adalah probiotik dan prebiotic. Probiotik adalah semacam jenis bakteri baik yang hidup secara alami di dalam usus manusia yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat susu yang terbilang sangat penting adalah adanya probiotik yang bisa memperkuat imunitas tubuh anak, melawan infeksi penyebab diare, dan mencegah gastroenteritis. Dengan begitu, probiotik ini banyak digunakan untuk mengobati penyakit diare kronis yang diderita anak-anak. Kandungan susu membantu jumlah probiotik di dalam usus tercukupi dalam menjaga kesehatan pencernaan, sehingga bisa berdampak baik pada pertumbuhan yang optimal pada anak. 

Selain probiotik, ada juga prebiotic yang juga zat dalam kandungan susu yang baik untuk anak. Bedanya dengan probiotik, prebiotic merupakan senyawa natural dalam makanan yang tidak bisa dicerna oleh usus. Lalu fungsinya apa? Jadi, prebiotik ini berfungsi sebagai suplemen yang membantu pertumbuhan mikroorganisme baik pada sistem pencernaan. Jika mikroorganisme dalam tubuh sudah tercukupi, maka sistem pencernaan ikut sehat dan sekaligus meningkatkan penyerapan kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain di kandungan susu, prebiotic juga ditemukan di beberapa sumber makanan seperti bawang-bawangan, gandum, pisang, dan kacang polong.

Sangat besar manfaat susu anak bagi perkembangan si Kecil ya, Bu. Jadi jangan pernah ragu untuk memberikan buah hati Ibu susu terbaik yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang, kesehatan, kecerdasan, dan organ lainnya. Ibu bisa memilih susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag Primagro 1+. Rasanya yang enak pasti akan disukai oleh anak-anak dan pastinya akan mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil di masa emasnya.

Untuk Ibu yang ingin bertanya atau berkonsultasi, bisa mengunjungi laman Tanya Pakar. Para ahli di sana akan membantu menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu, ya.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.