Whatsapp Share Like
Simpan

Sejak dulu susu sapi dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh manusia, terutama bagi kesehatan tulang. Hal tersebut memang benar, sebab berbagai kandungan di dalamnya sangat bagus bagi tulang. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan pun sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi susu anak agar pertumbuhan tulangnya bisa optimal. Memang, ada kandungan apa saja di dalam susu sapi yang bermanfaat bagi tulang anak? Berikut informasinya untuk para Ibu:

Kalsium

Kalsium merupakan zat yang memiliki kandungan besar di dalam susu sapi. Zat ini pulalah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Selain itu kalsium juga masih memiliki manfaat lainnya, yaitu untuk penghantar transmisi impuls saraf dan pembekuan darah.

Sejatinya kalsium sudah dimiliki oleh setiap manusia dan akan diambil dari tubuh. Jika jumlahnya tidak mencukupi, maka kalsium akan diambil dari tulang. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh atau dikenal dengan sebutan osteoporosis. Untuk itu diperlukan asupan gizi yang kaya kalsium agar mencukupi kebutuhannya.

Yayasan Osteoporosis Amerika Serikat merekomendasikan untuk mengonsumsi kalsium antara 1,000 hingga 1,200 mg per hari. Selain susu, sumber kalsium lainnya bisa ditemukan pada produk susu seperti yogurt dan keju.

Fosfor

Zat berikutnya yang terkandung dalam susu anak yang bermanfaat bagi kesehatan tulang adalah fosfor. Zat ini dibutuhkan untuk menyeimbangkan asam basa pada tubuh untuk mendukung proses pembentukan struktur tulang dan gigi agar memiliki kadar kekuatan yang normal. Bila tubuh kekurangan asupan fosfor, maka akan terjadi peningkatan enzim fosfatase yang dibutuhkan untuk membuat fosfor dapat melepaskan diri dari ikatan jaringan tubuh. Fosfor nantinya akan bertemu dengan kalsium dan membentuk senyawa kalsium fosfat yang memiliki perang terbesar dalam proses pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selain banyak terdapat dalam susu, fosfor juga bisa didapatkan dari sumber makanan seperti daging-dagingan, telur, kacang-kacangan, kentang, bawang putih, dan buah kering.

Vitamin D

Kandungan terakhir dalam susu yang mungkin sudah Ibu ketahui sebelumnya adalah vitamin D. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari, tapi juga bisa ditemukan di berbagai sumber makanan lainnya, termasuk susu. Vitamin ini sangat dibutuhkan di masa-masa pertumbuhan anak, terutama untuk tulangnya. Bila tubuh kekurangan vitamin D, maka pertumbuhan pun jadi tidak berjalan dengan maksimal. Bahkan dalam kondisi sangat kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penyakit rakhitis pada anak.

Rakhitis masih sering ditemui di negara-negara berkembang dan paling sering menyerang anak berusia 6 bulan hingga 3 tahun. Ini adalah sebuah kelainan yang mengakibatkan tulang menjadi lemah dan lunak sehingga bentuk tulang bisa berubah dan menyebabkan pertumbuhan jadi terhambat. Vitamin D bekerja sama dengan kalsium dan fosfat dalam proses pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat di masa tumbuh kembang anak. Selain rutin minum susu, Ibu juga sebaiknya memberikan berbagai jenis makanan sumber vitamin D. Diantaranya adalah hati sapi, kuning telur, salmon, tuna, mackarel, sarden, minyak ikan cod, keju, yogurt, dan jamur kancing.

Sangat besar manfaat susu anak bagi perkembangan si Kecil ya, Bu. Jadi jangan pernah ragu untuk memberikan buah hati Ibu susu terbaik yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang, kesehatan, kecerdasan, dan organ lainnya. Ibu bisa memilih susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI. Rasanya yang enak pasti akan disukai oleh anak-anak dan pastinya akan mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil di masa emasnya.

Baca juga: manfaat kandungan susu bubuk pertumbuhan anak