Ketika membuat susu untuk si Kecil, mungkin Ibu kerap bertanya bagaimana cara membuat susu formula yang benar agar nutrisinya tetap terjaga. Namun, selain mengetahui cara membuat susu formula yang benar, pastikan Ibu memberikan si Kecil susu pertumbuhan yang dapat mendukung tumbuh kembanganya seperti susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Pertanyaan tentang bagaimana cara membuat susu formula yang benar kerap hadir karena mempersiapkan air panas dengan suhu yang tepat terkadang memakan banyak waktu.

Dalam memahami cara membuat susu formula yang benar, sebaiknya Ibu perlu memastikan kebutuhannya terlebih dahulu. Selain itu, memilih susu formula berdasarkan usia si Kecil juga bisa jadi salah satu pertimbangan dalam aturan penyajiannya.

Cara Membuat Susu Formula yang Benar

Cara membuat susu formula yang benar sangat penting untuk diperhatikan agar si Kecil dapat mendapatkan nutrisi yang optimal. Tak hanya soal takaran, aspek kebersihan juga menjadi kunci utama demi menjaga kesehatan Si Kecil. 

Berikut adalah langkah-langkah membuat susu formula yang benar melansir dari Mayo Clinic:

Artikel Sejenis

  1. Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir
  2. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat susu formula adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hal ini penting untuk mencegah kontaminasi bakteri ke dalam susu formula.

  3. Pastikan Peralatan Steril
  4. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat susu formula adalah botol susu, dot susu, dan sendok takar. Cuci semua peralatan tersebut dengan sabun dan air panas, lalu sterilkan dengan cara merebusnya selama 5 menit, menggunakan sterilizer, atau merendamnya dalam larutan pembersih botol. 

  5. Tuangkan Air Matang ke dalam Botol Susu
  6. Gunakan air matang bersuhu 70-80 derajat Celcius untuk membuat susu formula. Tuangkan air sesuai dengan takaran yang tertera pada kemasan susu formula.

  7. Tambahkan Susu Formula Sesuai Takaran
  8. Gunakan sendok takar yang disediakan oleh produsen susu formula untuk menuangkan susu formula. Tambahkan susu formula sesuai dengan takaran yang tertera pada kemasan. Aduk susu formula hingga larut sempurna.

  9. Biarkan Susu Formula Dingin
  10. Sebelum diberikan kepada si Kecil, biarkan susu formula dingin hingga suhunya sesuai dengan suhu tubuhnya. Jika susu formula terlalu panas, Ibu bisa mempercepat proses pendinginan susu formula dengan cara meletakkannya di bawah air mengalir. 

    Jangan lupa memeriksa suhu susu formula dengan meneteskan sedikit susu ke bagian belakang pergelangan tangan Ibu. Jika susu formula terasa hangat, maka susu formula sudah siap diberikan kepada si Kecil.

  11. Berikan Susu Setelah Dibuat
  12. Pastikan si Kecil menghabiskan susu formula dalam waktu 2 jam setelah dibuat. Bolehkah susu formula diminum lebih dari 2 jam? Jawabannya tidak boleh, karena akan bercampur dengan kuman dari mulut si Kecil.

    Apabila si Kecil tidak bisa menghabiskan susu formula, Ibu dapat menyimpannya di dalam kulkas. Memangnya susu formula tahan berapa jam di kulkas? Ibu bisa menyimpannya selama maksimal 24 jam.

Selain mengetahui bagaimana cara membuat susu formula yang benar, Ibu juga perlu mengetahui tips memilih susu formula yang tepat agar si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang optimal.

Baca juga: Penting! Inilah 14 Kandungan Susu yang Bermanfaat untuk Anak

Tips Memilih Susu Formula yang Tepat 

Tips memilih susu formula yang tepat - ibudanbalita

Dalam memahami cara membuat susu formula yang benar, Ibu perlu lebih dahulu memastikan bahwa susu formula yang ada saat ini merupakan jenis yang tepat.

Susu formula dirancang khusus untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi dari si Kecil, sehingga diperlukan cara membuat susu formula yang benar agar nutrisinya bisa terserap dengan optimal di tubuh si Kecil.

Susu pertumbuhan juga masuk ke dalam kategori susu formula berkat kandungan khususnya bagi pertumbuhan si Kecil. Berikut beberapa tips memilih susu formula yang tepat untuk si Kecil:

  1. Perhatikan Kebutuhan si Kecil
  2. Sejak lahir dan berkembang, kebutuhan si Kecil akan berbeda dengan kebutuhan anak lainnya. Oleh karena itu, dalam memilih susu formula yang tepat, Ibu perlu memastikan kebutuhan nutrisi si Kecil terlebih dahulu.

    Pastikan susu formula yang dipilih dapat membantu tumbuh kembang anak jadi optimal. Selain itu, sebaiknya Ibu memilih susu formula yang rasanya mirip ASI agar si Kecil tidak menolak untuk meminumnya.

    Untuk bisa menentukan susu formula yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil, Ibu bisa lebih dulu konsultasi perihal ini kepada dokter anak terpercaya. bu juga bisa menanyakan kepada dokter terkait cara membuat susu formula yang benar.

  3. Periksa Kandungan Susu Formula 
  4. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi si Kecil, Ibu perlu dengan cermat memerhatikan sumber makanan dan asupan lainnya. Hal tersebut juga bisa Ibu lakukan dengan cara memeriksa kandungan susu formula si Kecil.

    Sebelum mulai membeli, Ibu juga bisa lakukan konsultasi kepada dokter terkait kandungan susu formula tersebut agar sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

    Jangan lupa untuk menanyakan tentang aturan menyeduh susu formula dan bagaimana cara membuat susu formula yang benar. 

  5. Bahan Dasar Susu 
  6. Dari proses konsultasi yang Ibu lakukan dengan dokter juga bisa mengetahui, apakah anak memiliki reaksi alergi terhadap zat tertentu. Secara umum, susu formula memiliki bahan dasar dari susu sapi.

    Jika si Kecil memiliki kondisi intoleransi laktosa, maka pastikan memilih susu yang tidak punya bahan dasar dari susu sapi. Ibu juga perlu mencari tahu apakah menyeduh susu formula pakai air dingin dapat menimbulkan reaksi alergi pada si Kecil atau tidak.

  7. Sesuaikan dengan Usia Anak
  8. Baik kandungan atau cara membuat susu formula yang benar, Ibu perlu menyesuaikannya dengan usia si Kecil. Hal tersebut terjadi karena di setiap masa pertumbuhannya, si Kecil membutuhkan nutrisi dan gizi yang berbeda demi menunjang tumbuh kembang optimal.

    Efek minum susu formula tidak sesuai umur akan membuat si Kecil rentan mengalami gangguan pencernaan. Sebab, terjadi perubahan komposisi dari ASI ke susu formula.

    Frisian Flag memiliki susu bubuk pertumbuhan yang dirancang khusus untuk memenuhi perkembangan anak sesuai rentang usianya, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk usia 1-3 tahun dan susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk anak usia 3-6 tahun. 

  9. Memiliki 9AAE dan DHA 
  10. Elemen lainnya yang perlu Ibu perhatikan dalam pemilihan susu formula adalah kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dan DHA. Perlu Ibu pahami bahwa 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dan DHA tinggi harus dipenuhi secara bersamaan agar si Kecil lebih prima.

    9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan komponen protein esensial yang berperan penting dalam fungsi dasar tubuh. Peran penting dari 9AAE adalah membantu perkembangan otak serta menstimulasi hormon pertumbuhan otot dan tulang si Kecil.

    Jika si Kecil kekurangan 9AAE, maka DHA dan nutrisi lainnya tidak bisa diantarkan ke tujuan masing-masing, yaitu ke dalam sel-sel tubuh. Maka dari itu, asupan 9AAE dan DHA harus saling melengkapi untuk meningkatkan perkembangan otak si Kecil agar lebih cermat.

Pastikan Ibu memilih susu formula dengan mengikuti beberapa tips di atas agar sesuai dengan kebutuhan dan usia si Kecil.

Baca juga: 6 Manfaat Susu dan Tips Biasakan Balita Minum Susu

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Susu Formula

tips memilih susu formula yang tepat - ibudanbalita

Apakah sebenarnya ada aturan tertentu dalam cara membuat susu formula yang benar? Untuk susu pertumbuhan anak di usia balita, cara membuat susu formula yang benar pakai air dingin sebetulnya masih bisa Ibu lakukan jika dituliskan di dalam label kemasannya.

Kecenderungan untuk menggunakan air hangat sering dianggap sebagai cara membuat susu formula yang benar. Sebab, menyeduh susu formula dengan air hangat bisa dirasa membuat susu bubuk dapat larut dengan sempurna pada air.

Jika Ibu lebih memilih untuk menggunakan air hangat dibandingkan air dingin sebagai cara membuat susu formula yang benar, pastikan suhu air tidak kurang dari 70 derajat celcius. 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, suhu 70 derajat celcius bisa didapatkan dengan cara mendiamkan air yang sudah mendidih sekitar 10 menit, baru kemudian dicampur dengan susu formula.

Pastikan juga bahwa Ibu tidak menyeduh susu dengan air yang terlampau panas. Meskipun air panas bisa bermanfaat dalam membunuh bakteri, tapi hal tersebut tidak dianjurkan untuk diminum langsung kepada anak.

Jika si Kecil tidak terlalu suka minum susu hangat, Ibu bisa menunggu susu agak dingin atau langsung saja menyeduh susu formula pakai air dingin.

Sudah tahu kan, Bu bagaimana cara membuat susu formula yang benar? Agar si Kecil tumbuh dengan kreatif, Ibu sebaiknya memberikan si Kecil susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena mengandung DHA dan 9AAE yang lengkap.

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung cobain fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.