Share Like
Simpan

Seiring dengan makin aktifnya si Kecil saat bermain, ia tentu jadi lebih sering berkeringat. Supaya balita kesayangan Ibu tidak dehidrasi, Ibu perlu lebih sering mengingatkan si Kecil untuk minum air putih. Apalagi, menurut sebuah artikel yang saya baca di forum konsultasi anak online, menjaga tubuh si Kecil tetap cukup air ternyata sama pentingnya dengan memenuhi kebutuhan gizi balita.

Menurut artikel itu, konsumsi cukup air putih penting untuk perkembangan balita karena:

1. Membantu Mengurangi Sembelit
Seperti halnya buah pepaya yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi balita dan memperlancar sistem pencernaan buah hati, air putih juga bisa melindungi si Kecil dari risiko sembelit bila dikonsumsi secara rutin, Bu. Memberikan si Kecil asupan air putih secara rutin setiap pagi sebanyak ¾ gelas terbukti mampu membuat feses melunak sehingga si Kecil lebih mudah buang air besar dan tidak rentan sembelit. Dengan demikian, ia pun tak akan kesakitan saat buang air besar.

2. Mencegah Kerusakan Gigi
Cara untuk mencegah kerusakan gigi si Kecil bisa dilakukan dengan menanamkan kebiasaan sikat gigi teratur dan mencukupi kebutuhan gizi balita akan Vitamin D. Selain itu, cara lain yang terbilang sederhana adalah dengan membiasakan si Kecil minum air putih lebih banyak daripada minum jus buah, teh, minuman kemasan, maupun minuman bersoda.

Mengingat sifatnya yang ringan dan murni, air putih tak hanya menyehatkan, tetapi juga dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi dan mempercepat terjadinya karies gigi, Bu. Oleh sebab itu, memenuhi kebutuhan air putih harian disebut sama pentingnya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi balita.

3. Menjaga Kebugaran Tubuh si Kecil
Masih menurut artikel yang saya baca, komponen terbesar penyusun darah adalah air, Bu. Ketika kandungan air dalam darah tercukupi dengan baik, darah tidak akan menggumpal sehingga bisa dengan mudah dipompa jantung ke seluruh tubuh untuk membantu mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen. Hal ini tentu menguntungkan bagi kesehatan balita Ibu karena peredaran darah yang lancar dapat membuat tubuhnya jadi lebih sehat dan bugar serta tak mudah terserang penyakit.

4. Mencerdaskan Otak
Terakhir tapi tak kalah penting, mencukupi kebutuhan air putih balita setidaknya 1,5 liter (6 – 7 gelas) per hari juga membantu nutrisi dan oksigen tersebar lebih lancar ke seluruh tubuh, termasuk otak, Bu. Saat asupan nutrisi dan oksigen yang diperlukannya tercukupi, otak akan mampu berkonsentrasi dengan lebih baik sehingga si Kecil lebih mudah menangkap berbagai info dan pengetahuan baru dari lingkungan di sekelilingnya. Dengan begitu, ia pun tumbuh lebih cerdas dan cepat tanggap.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa mencukupi kebutuhan air putih harian si Kecil sama pentingnya dengan memenuhi kebutuhan gizi balita, Bu. Yuk, ajak si Kecil minum lebih banyak mulai hari ini!