Share Like
Simpan

Si Kecil tampak lebih aktif belakangan ini ya, Bu. Padatnya aktivitas si Kecil saat ini tentu perlu ditopang dengan nutrisi makanan yang seimbang agar kesehatan balita tetap terjaga. Salah satu nutrisi yang penting untuk mendukung kegiatan si Kecil adalah karbohidrat. Kenapa? Sebab, zat ini mengandung glukosa yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh. Perlu dicatat bahwa anak usia 1-3 tahun memerlukan karbohidrat sekitar 145 gram per harinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berikut ini adalah makanan kaya akan karbohidrat dan porsi yang direkomendasikan untuk balita, sesuai hasil konsultasi anak dengan ahli nutrisi melalui live chat di fan page Ibu & Balita.

Nasi
Bahan makanan yang satu ini bisa dibilang sebagai sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Seperti yang kita tahu, nasi mengandung banyak glukosa. Bahkan bila dimakan begitu saja, rasanya cenderung manis. Untuk menjaga asupan energi demi kesehatan balita, takaran nasi yang disarankan untuk si Kecil adalah sekitar 2-5 sendok makan setiap kali makan.

Roti
Roti adalah bahan makanan yang mengandung karbohidrat serta protein dari gandum. Sebagai alternatif, Ibu juga bisa memilih jenis roti yang terbuat dari gandum utuh (whole wheat) dengan kandungan serat yang lebih tinggi dibanding gandum biasa. Jenis roti berbeda memiliki jumlah karbohidrat yang berbeda. Untuk mendukung kesehatan balita dan mencukupi kebutuhan karbohidrat si Kecil sesuai standar Angka Kecukupan Gizi (AKG), Ibu bisa menyajikan sekitar ½-1 potong roti ukuran sedang untuk setiap kali makan.

Sereal
Pada usianya saat ini, si Kecil tidak hanya membutuhkan sumber energi tapi juga zat besi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Sereal bisa membantu menyediakan keduanya untuk si Kecil. Menyesuaikan dengan standar Angka Kecukupan Gizi, takaran makan seporsi sereal cukup sekitar 5-9 sendok makan per sekali makan, Bu. Ibu juga bisa mengombinasikan sereal dengan susu Frisian Flag Jelajah agar nutrisi yang diserap oleh tubuh si Kecil semakin lengkap.

Pasta
Bentuk pasta yang bermacam-macam bisa menjadi salah satu keuntungan bagi Ibu untuk menarik perhatian si Kecil untuk makan. Untuk memastikan asupan nutrisi dan energi untuk si Kecil aktif, Ibu juga bisa berkreasi mengolahnya dalam berbagai menu pasta lezat dan sehat. Porsi pasta yang dianjurkan untuk balita adalah 2-5 sendok makan per sekali makan.

Kentang
Sebagai pengganti nasi, Ibu juga bisa memilih kentang sebagai sumber karbohidrat si Kecil. Selain itu, kentang juga mengandung Vitamin C dan B kompleks yang dapat membantu penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Anjuran porsi kentang untuk si Kecil adalah sekitar 1 buah kentang sedang yang bisa diolah dengan cara direbus, ditumbuh, atau digoreng.

Itulah porsi karbohidrat yang direkomendasikan untuk si Kecil. Ibu juga bisa melengkapi asupan gizi anak dengan memberikan Frisian Flag Jelajah agar perkembangan kesehatan balita dapat semakin baik.