Whatsapp Share Like
Simpan

Berbeda dengan lemak dari hewan lainnya yang justru berbahaya bagi tubuh, lemak atau minyak dari ikan dikenal memiliki banyak manfaat terutama untuk si Kecil. Minyak ikan kini banyak hadir dalam bentuk suplemen kapsul yang praktis untuk dikonsumsi yang terbuat dari fermentasi hati ikan cod. Kaya akan vitamin A, vitamin D, serta asam lemak omega 3 yang baik untuk si Kecil, membuatnya banyak dipilih oleh para orang tua untuk diberikan kepada buah hatinya. Memang apa saja manfaat minyak ikan untuk si Kecil, terutama yang berusia 1 hingga 3 tahun?

Manfaat Minyak Ikan

Berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada minyak ikan beserta manfaat yang dibawanya:

  • Asam Lemak Omega 3

    Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh yang justru baik untuk kesehatan. Di antara manfaatnya adalah meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan kemampuan membaca, mencegah berbagai penyakit, serta meningkatkan kesehatan mental.

  • Zat Besi

    Zat besi sangat dibutuhkan oleh si Kecil-si Kecil di masa tumbuh kembangnya. Zat besi berfungsi untuk memproduksi hemoglobin (metaloprotein di dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Besi juga memberikan warna pada sel darah merah.

    Saat tubuh kekurangan zat besi, maka sel darah merah menjadi berwarna pucat dan berukuran kecil. Akibatnya darah menjadi kekurangan oksigen untuk disuplai ke organ dan otot tubuh. Inilah yang disebut dengan anemia atau kekurangan zat besi dalam darah. Jika si Kecil mengalami anemia, maka tubuhnya menjadi lemas, wajahnya pucat, dan tidak memiliki energi untuk beraktivitas.

    Artikel Sejenis

  • Vitamin A

    Untuk kesehatan mata, si Kecil perlu mendapatkan asupan vitamin A yang juga terkandung dalam minyak ikan. Vitamin A mampu menjaga kesehatan sel-sel metabolisme di retina mata agar terhindar dari rabun senja, rabun jauh, maupun mata kering. Jangan remehkan kekurangan vitamin A, Bu, karena pada kondisi yang kronis dapat mengakibatkan kebutaan.

    Tidak hanya untuk mata, vitamin A juga bermanfaat untuk kesehatan sel-sel tubuh lainnya, seperti kulit, kuku, dan rambut serta dapat meningkatkan imunitas. Vitamin A juga memiliki sifat antioksidan yang artinya dapat menjadi penangkal radikal bebas agar tidak masuk ke tubuh kecilnya. Itu berarti proses tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan lebih optimal.

  • Vitamin D

    Vitamin D memiliki banyak peran bagi pertumbuhan si Kecil, karena membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang dibutuhkan untuk  pembentukan tulang dan gigi yang kuat dan sehat. Selanjutnya, vitamin D juga masih memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti:

    • Meningkatkan kekebalan tubuh
    • Memproduksi insulin
    • Mengatur pertumbuhan sel
    • Menurunkan resiko diabetes tipe 1
    • Mempengaruhi protein di otak yang berperan dalam proses belajar
    • Mengontrol motorik
    • Meringankan serangan asma

Konsultasikan Dulu Kepada Dokter

Minyak ikan untuk si Kecil memang aman untuk dikonsumsi jika tidak memiliki riwayat medis atau kondisi tertentu. Untuk itu Ibu perlu untuk berkonsultasi dulu kepada dokter spesialis si Kecil, apakah buah hati Ibu bisa untuk mengonsumsinya atau tidak. Ibu juga perlu untuk menanyakan besarnya dosis yang tepat untuk si Kecil sesuai usianya. Biasanya pemberian minyak ikan tidak boleh diberikan kepada si Kecil yang mengonsumsi obat pengencer darah, mengalami gangguan pendarahan, memiliki kekebalan tubuh lemah, serta alergi terhadap ikan laut.

Bagaimana Cara Memberikannya?

Meski sangat bermanfaat untuk si Kecil, tapi rasanya yang amis dan kurang enak membuat sebagian besar si Kecil tidak mau untuk meminum minyak ikan. Memaksa si Kecil untuk meminumnya juga tidak disarankan, karena malah akan membuatnya muntah atau tersedak. Untuk menyiasatinya, Ibu boleh mencoba beberapa cara mudah memberikan minyak ikan untuk si Kecil berikut ini:

  1. Campurkan dengan madu supaya rasanya lebih manis dan tidak membuat mual.
  2. Ibu juga bisa menambahkan minyak ikan ke dalam makanan favorit si Kecil.
  3. Pilihlah suplemen minyak ikan yang berbentuk tablet kunyah supaya lebih mudah untuk dikonsumsi si Kecil.
  4. Jika ada, pilihlah yang mengandung rasa, seperti jahe, mint, atau kayu manis supaya rasa amisnya bisa tersamarkan.
  5. Berikan minyak ikan disertai dengan minuman yang berasa asam, seperti jeruk atau stroberi.
  6. Terakhir, berikan secara rutin supaya si Kecil terbiasa dengan rasanya dan perlahan mau untuk mengonsumsinya.

Suplemen minyak ikan untuk si Kecil kini sudah dapat dengan mudah ditemukan di apotek maupun toko, tapi masih ada minyak ikan yang alami dan lebih disarankan untuk diberikan kepada si Kecil. Ikan-ikan laut seperti sarden, salmon, dan herring adalah contoh ikan yang memiliki minyak yang sehat. Ketiganya bisa diolah menjadi makanan  yang enak dan baik untuk dikonsumsi si Kecil di masa tumbuh kembangnya.

Kandungan minyak ikan juga sudah bisa Ibu temukan di susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI, lho. Susu ini memang telah diberi berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil. Di antaranya ada zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak), zat gizi mikro (vitamin dan mineral), kalsium, omega 3 dan 6, minyak ikan zat besi, asam sialat, sphingomyelin,  serat pangan inulin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, dan selenium, kalsium dan vitamin D3 untuk membantu tumbuh kembang si Kecil dan mendukung si Kecil Pintar, Kuat dan Tinggi..

Sumber: https://www.alodokter.com, https://www.popmama.com