Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah Ibu berencana untuk memelihara hewan di rumah? Wah, pasti si Kecil senang sekali, Bu! Memang sih, memelihara hewan sambil merawat si Kecil di rumah awalnya akan terkesan cukup merepotkan. Namun, ternyata hewan peliharaan tersebut juga bisa membuat si Kecil lebih bahagia, lho. Yuk, cari tahu manfaat memelihara hewan bagi perkembangan psikologi si Kecil!

1. Menghindari Risiko Stres

Bu, tidak hanya orang dewasa saja, tapi si Kecil juga bisa mengalami stres, lho! Kabar baiknya, Ibu bisa mengurangi risiko tersebut dengan mengajak si Kecil untuk memelihara hewan di rumah.  Dari artikel online yang saya baca, hewan peliharaan bisa memberikan rasa nyaman pada si Kecil. Ini dikarenakan hewan peliharaan umumnya mampu memahami emosi manusia. Dengan begitu, si Kecil akan terhindar dari risiko stres dan tumbuh kembang anak dapat berjalan lebih optimal.  

2. Mampu Menerima Penolakan

Mengajarkan si Kecil untuk menerima penolakan bukanlah yang yang mudah untuk dilakukan. Untuk itu, saya akhirnya memutuskan memelihara anak kucing di rumah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Miami University dan Saint Louis University, hewan peliharaan cenderung memiliki loyalitas tinggi terhadap majikannya. Menyadari hal itu, ini dapat membantu si Kecil lebih mudah mengatasi dan melupakan rasa kecewa akibat penolakan.

3. Lebih Percaya Diri

Tahukah, Ibu? Kepercayaan diri si Kecil dapat meningkat ketika diberi tanggung jawab seperti merawat hewan peliharaan, lho. Namun, pastikan tanggung jawab yang Ibu berikan sesuai dengan usianya, ya. Sebagai contoh, jika si Kecil masih berusia 3 tahun, beri ia tugas untuk mengisi air minum dan tempat makan hewan peliharannya. Jangan lupa beri ia pujian usai melakukan tugasnya.

4. Tidak Kesepian

Perlu Ibu ketahui bahwa kebanyakan anak cenderung memperlakukan hewan peliharaannya seperti teman baiknya. Sebagai contoh, saat Ibu sedang sibuk dan tidak bisa menemani si Kecil bermain, ia bisa menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan kesayangannya. Dengan cara ini, si Kecil tidak akan pernah merasa kesepian karena ia punya sahabat yang selalu ada untuknya.

Nah, itu dia beberapa manfaat memelihara hewan bagi pertumbuhan psikologis si Kecil, Bu. Dengan kondisi emosional yang baik dan bahagia, tentunya si Kecil dapat tumbuh menjadi anak yang cepat tangkap, aktif bergerak, dan tumbuh sesuai usianya. Semoga informasi ini membantu, ya!