Share Like
Simpan

Cokelat, es krim, dan permen tentu digemari oleh si Kecil. Bagaimana tidak, Bu? Selain rasanya yang manis, penampilannya pun begitu menarik perhatian. Ya, makanan manis memang bisa menjadi sumber energi yang baik untuk si Kecil. Namun jika terlalu banyak dikonsumsi, maka bisa menyebabkan gigi berlubang,atau bahkan kegemukan. Oleh karena itu, asupan gula si Kecil memang perlu diperhatikan.

Berbincang soal permen, saya jadi ingat ketika si Kecil masih berusia 4 tahun dulu. Kala itu, ia sering minta dibelikan permen yang kebetulan dijual di taman dekat rumah. Awalnya, saya membiarkan ia jajan camilan kesukaannya tersebut. Lama-kelamaan, saya menyadari bahwa jajanan seperti itu tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi. Sejak saat itu, muncul ide di benak saya untuk membuat permen sendiri yang lebih sehat.

Berbekal resep yang saya dapat dari browsing di internet, akhirnya saya memutuskan untuk membuat permen kesukaan si Kecil. Permen buatan saya tentunya bebas zat pewarna dan rendah gula. Penasaran? Yuk, kita baca sama-sama resepnya!

Permen Warna-Warni

 

Bahan:

  • 500 gr gula pasir
  • 125 ml air (atau secukupnya)
  • Tusuk sate atau lidi

Cara membuat:

  1. Masukkan gula pasir dan air ke wajan lalu aduk hingga merata.
  2. Agar lebih menarik, Ibu bisa menambahkan pewarna dari bahan alami, seperti warna pink dari buah stroberi dan warna hijau dari daun bayam atau bubuk teh hijau.
  3. Panaskan wajan tersebut di atas api sedang sambil terus diaduk.
  4. Aduk terus hingga mendidih dan air mulai berkurang.
  5. Angkat wajan, lalu diamkan hingga adonan mengental.
  6. Jika sudah kental, ambil adonan dengan tusuk sate atau lidi lalu bentuk menjadi aneka bentuk yang diinginkan, dan dinginkan.

Selain permen dari gula pasir, Ibu juga bisa lho membuat permen tradisional dari gula merah atau gula Jawa. Cara pembuatannya pun mudah dan tidak jauh berbeda dengan permen sebelumnya. Ayo simak resep berikut ini! 

Permen Kacang karamel

Bahan:

  • 500 gr gula jawa atau gula merah yang sudah dihaluskan
  • 125 ml air (atau secukupnya)
  • Kacang tanah yang sudah diremukkan
  • Tusuk sate atau lidi

Cara membuat:

  1. Masukkan gula merah dan air ke wajan, lalu aduk hingga merata.
  2. Panaskan wajan tersebut di atas api sedang sambil terus diaduk.
  3. Aduk terus hingga mendidih, lalu masukkan potongan kacang tanah. Aduk kembali hingga merata.
  4. Jika air sudah berkurang, angkat wajan dan diamkan hingga adonan mengental.
  5. Jika sudah kental, ambil adonan dengan tusuk sate atau lidi, dan dinginkan.

Bagaimana, Bu? Ternyata tidak sulit kan membuat permen sendiri di rumah? Baiknya lagi, Ibu bisa memilih bahan-bahan terbaik, mengontrol takaran gula, serta menggunakan pewarna alami dalam setiap suguhan. Kini, Ibu tetap bisa memberikan makanan manis kesukaan si Kecil tanpa harus khawatir. Namun, konsumsi camilan manis seperti permen juga perlu dibatasi ya, Bu. Selamat mencoba!