Share Like
Simpan

Siapa sih yang bisa menolak segarnya es krim? Apalagi si Kecil, Bu! Oleh sebab itu, dari dulu, saya sering memasukkan camilan dingin tersebut ke dalam daftar belanjaan bulanan. Namun, apakah es krim bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil? Tentu bisa, saya tahu caranya!

Mungkin sama seperti Ibu, niat saya membuat es krim sendiri ini berawal dari kekhawatiran kualitas es krim yang dijual di pasaran. Entah itu dari segi kandungan bahannya, pengawetnya, kadar gulanya… Wah, banyak sekali pertimbangannya, Bu.

Oleh karena itu, dari waktu si Kecil masih berusia 1 tahun sampai sekarang, saya selalu memilih untuk membuat es krim sendiri di rumah. Es loli ini juga bisa dikreasikan dari buah-buahan segar bergizi yang disukai si Kecil, lho. Seperti yang sudah Ibu tahu, buah mengandung vitamin dan mineral komplit yang dibutuhkan olehnya saat ini.

Untuk membuat es loli, saya gemar memilih buah alpukat, yang kebetulan adalah menu MPASI perdana si Kecil dulu. Alpukat sudah dikenal Satu lagi, saya juga suka mengombinsikannya dengan buah pisang. Kandungan di dalamnya jelas dibutuhkan oleh si Kecil. Tinggal membuat bentuk yang menarik, ia pasti tertarik untuk mencoba! Berikut ini resepnya ya, Bu.

 

 Es Loli Avonana (untuk anak usia di atas 1 tahun)

Bahan:

  • 2 buah pisang cavendis yang ranum (warna kuning berbintik hitam).
  • 1 buah alpukat mentega masak.
  • 400 ml air.
  • 7 sdm susu Frisian Flag Jelajah.
  • 2 sdm madu.
  • 2 sdm tepung maizena.
  • 50 ml air hangat.

Cara membuat:

  1. Larutkan 7 sdm susu Frisian Flag Jelajah dengan 400 ml air.
  2. Potong-potong pisang sesuai selera, lalu haluskan dengan blender bersama 400 ml susu Frisian Flag Jelajah dan 1 sdm madu sampai tercampur rata. Tuang ke dalam panci stainless.
  3. Campurkan 2 sdm tepung maizena dengan 50 ml air hangat, lalu tuang ke dalam panci berisi jus pisang. Kemudian, aduk sampai rata.
  4. Masak bahan tersebut sampai mendidih dengan api sedang sambil diaduk. Tuang ke dalam cetakan es loli dan diamkan sampai dingin.
  5. Sekarang, kerok daging buah alpukat, lalu blender bersama susu, serta 1 sdm madu sampai hancur dan menjadi jus.
  6. Tuang ke dalam cetakan es loli berisi jus pisang tadi. Diamkan hingga dingin.
  7. Setelah dingin, masukkan tusukan es loli ke dalam cetakan, lalu bekukan di dalam freezer.

 

Es Loli Avojelly (untuk anak usia di atas 1 tahun)

 

Bahan:

  • 1 buah alpukat mentega (ambil daging buahnya).
  • 300 ml air.
  • 5 sdm susu Frisian Flag Jelajah.
  • 1 sdm madu.
  • 5 gr agar-agar tanpa rasa.

Cara membuat:

  1. Larutkan 5 sdm susu Frisian Flag Jelajah dengan 300 ml air.
  2. Haluskan daging buah alpukat bersama susu, madu dan agar-agar hingga merata.
  3. Tuang bahan-bahan tersebut ke dalam panci.
  4. Masak adonan ini sampai mendidih, kemudian tuang ke dalam cetakan es loli. Diamkan hingga dingin, kemudian tusuk dengan stik es krim.
  5. Simpan loli avojelly di dalam freezer hingga membeku.
  6. Setelah dingin, keluarkan cetakan berisi es loli avojelly dari dalam freezer, lalu letakkan sejenak di atas wadah berisi air matang agar es mudah dilepas dari cetakannya.

Satu resep di atas bisa menghasilkan enam buah es loli, Bu. Jadi, bisa dibagikan juga untuk anggota keluarga lainnya. Yuk, praktekkan kedua resep ini untuk akhir pekan nanti. Selamat mencoba!