Share Like
Simpan

 Sebagian ibu mungkin mengeluh mengenai sulitnya kembali ke berat badan semula setelah melahirkan. Untuk kembali ke berat badan ideal seperti sebelum hamil, Ibu bisa mulai merencanakan program penurunan berat badan minimal 6 bulan setelah melahirkan. Biasanya Ibu akan kembali memiliki berat badan seperti sebelum hamil, dalam jangka waktu 6 bulan, namun ada pula yang memerlukan waktu lebih lama. Solusi sehat yang Ibu bisa coba adalah dengan menggabungkan diet sehat dan olahraga.

Bersabar. Tubuh ibu memerlukan waktu untuk pulih kembali setelah melalui proses melahirkan. Sebaiknya dalam 6 bulan setelah melahirkan, lakukan kontrol ke dokter sebelum memutuskan utnuk kembali menjadi ’langsing’ seperti semula. Konsultasikan dengan dokter tentang jumlah kalori dan komposisi gizi yang harus dikonsumsi.

Proses menyusui. Dengan menyusui, berat badan Ibu secara perlahan akan turun karena menyusui dapat membantu proses pembakaran kalori. Namun bila berat badan turun terlalu cepat, justru dapat mengurangi produksi ASI. Jika Ibu cukup bersabar, setelah selesai masa menyusui, maka berat badan Ibu pun akan menyusut.

Makan sehat, dengan cara:
• Jangan lewatkan makan pada jam utama. Dengan adanya si kecil, sebagian Ibu mungkin lupa untuk makan. Jika Ibu tidak makan, maka Ibu akan kekurangan energi, namun tidak akan membantu menurunkan berat badan
• Makan 5-6 porsi kecil dalam sehari dengan camilan sehat di antara jam makan utama
• Selalu sarapan pagi agar Ibu mendapatkan energi untuk beraktivitas seharian dan dapat membantu mencegah Ibu merasa lelah
• Pilih susu dan produk olahannya dengan kandungan gizi lengkap dan kadar lemak relatif rendah.
• Bila Ibu ingin camilan, pilih buah dan sayuran. Misalnya apel, jeruk, pisang, wortel. Selain rendah lemak, kelompok tersebut juga kaya vitamin dan serat
• Minum 8-9 gelas per hari. Air putih dapat membantu ‘menguras’ lemak. Batasi minuman soda, jus atau minuman lain yang tinggi gula dan kalori.
• Pilih makanan yang dipanggang dan hindari makanan gorengan
• Batasi asupan makanan-makanan manis, gula dan lemak

Hindari melakukan diet secara berlebihan karena kadang diet ini dapat membuat berat badan turun dengan cepat – yang hilang adalah cairan – namun berat badan akan kembali lagi.

Bersikap realistis, karena setelah melahirkan kadang bentuk tubuh tidak bisa kembali seperti semula (sebelum hamil). Setelah melahirkan, mungkin fisik ibu akan berubah misalnya memiliki perut yang lebih ‘buncit’, panggul dan pinggang yang lebih besar, dll.

Olahraga yang digabungkan dengan diet sehat menjadi solusi terbaik untuk membantu Ibu kembali mendapatkan berat badan ideal. Olahraga dapat membantu ibu mengurangi lemak. Namun ingat, jangan lakukan olahraga tanpa konsultasi dengan dokter sebelumnya dan jangan berolahraga terlalu keras. Ibu bisa mencoba berjalan kaki sambil mendorong kereta bayi, berkeliling menyapa tetangga dan berjemur di sinar matahari pagi. Mudah dan menyenangkan, bukan?