Whatsapp Share Like Simpan

Ibu pasti sudah tidak asing dengan bahan pangan satu ini. Selain rasanya yang manis alami, serta mudah didapat dan diolah, manfaat ubi ungu untuk anak-anak ternyata cukup beragam. Salah satu manfaat ubi ungu yang sering disebut yaitu dapat mencegah sembelit atau konstipasi pada si Kecil.

Eits, ternyata manfaat ubi ungu sebenarnya tak sampai di situ saja lho, Bu. Bahan pangan dari kategori umbi-umbian ini menyimpan manfaat penting lainnya yang baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Manfaat ubi ungu ini bisa didapatkan berkat berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Melansir laman resmi FoodData Central U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram ubi ungu mentah mengandung sejumlah nutrisi, di antaranya: 

  • Air : 77,28 gram
  • Kalori : 86 kkal
  • Protein : 1,57 gram
  • Karbohidrat : 20,12 gram
  • Serat : 3 gram
  • Kalsium : 30 miligram
  • Fosfor : 47 miligram
  • Zat besi : 0,6 miligram
  • Natrium : 55 miligram
  • Kalium : 26,9 miligram
  • Magnesium : 25 miligram
  • Zinc : 0,3 miligram
  • Beta karoten : 8509 mikrogram
  • Vitamin B1 : 0,078 miligram
  • Vitamin B2 : 0,061 miligram
  • Vitamin B3 : 0,557 miligram
  • Vitamin C : 2,4 miligram

Dari banyaknya kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika manfaat ubi ungu cukup penting untuk menjadi olahan yang bergizi bagi bayi dan anak-anak.

Ibu pasti penasaran dong dengan manfaat ubi ungu beserta ide camilannya untuk si Kecil? Yuk, kita simak penjelasannya di artikel ini.

Artikel Sejenis

Apa Saja Manfaat Ubi Ungu untuk Tumbuh Kembang Anak?

Manfaat ubi ungu juga ternyata penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak lho. Yuk, kita cari tahu beberapa manfaat ubi ungu untuk si Kecil:

  • Mencegah sembelit atau konstipasi

    Ubi ungu termasuk salah satu sumber karbohidrat kompleks yang mengandung serat untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Nah, kandungan inilah yang menghadirkan manfaat ubi ungu untuk mencegah sembelit atau konstipasi. 

    Tahukah Ibu, ternyata 9 dari 10 anak Indonesia sering mengalami sembelit karena dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang tidak tepat. Itulah sebabnya, Ibu bisa memberikan makanan berbahan dasar ubi ungu agar kesehatan pencernaannya tetap sehat dan lancar. Manfaat ubi ungu dalam mencegah sembelit akan lebih optimal jika Ibu juga tetap menerapkan pola hidup sehat pada si Kecil.

  • Menjaga kesehatan mata

    Manfaat ubi ungu yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata anak karena mengandung beta karoten yang cukup tinggi. Beta karoten adalah zat yang terdapat dalam sejumlah makanan, terutama sayur dan buah.

    Nah, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh si Kecil. Yup! Karena akan diubah menjadi vitamin A, maka banyak orang yang menyebut zat ini sebagai vitamin A. Selain itu, manfaat ubi ungu ini juga berasal dari kandungan vitamin C, zinc, dan tembaga yang dapat membantu mencegah penyakit mata di masa depan.

    Selain ubi ungu, nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, zinc, dan tembaga juga terdapat dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mata dan tumbuh kembang lebih prima.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat ubi ungu yang tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Ibu pasti ingin si Kecil tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit, kan? Nah, Ibu bisa menyeimbangkan asupan makanan si Kecil dengan memberikan makanan yang berbahan dasar ubi ungu.

    Sebab, ubi ungu mengandung protein, karbohidrat, serta beragam vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Seperti yang Ibu ketahui, protein merupakan zat gizi makro yang berperan untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, sebagai sumber energi, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

    Namun, perlu diingat kembali bahwa ubi ungu bukan satu-satunya makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, ya. Ibu juga tetap harus memberikan si Kecil makanan bergizi lain yang tinggi protein, terutama protein hewani seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 

    Hal tersebut dikarenakan protein hewani mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap jika dibandingkan ubi ungu sebagai protein nabati. 9AAE merupakan protein luar biasa yang wajib dipenuhi untuk tumbuh kembang prima karena berfungsi memaksimalkan penyerapan nutrisi penting lainnya. Kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) ini harus lengkap agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Salah satu asupan yang mengandung 9AAE lengkap adalah susu bubuk pertumbuhan  Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

  • Mengendalikan gula darah

    Manfaat ubi ungu lainnya yaitu dapat mengendalikan gula darah karena termasuk bahan pangan yang memiliki skala indeks glikemik rendah. Artinya, kecepatan proses ubi ungu diubah menjadi gula darah dalam tubuh tidak terlalu tinggi, yang berarti cukup baik bagi kesehatan tubuh si Kecil.

  • Membantu mencegah penyakit jantung

    Salah satu manfaat ubi ungu yang penting juga yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Melansir laman resmi medicalnewstoday.com, mengonsumsi ubi ungu secara rutin dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Manfaat ubi ungu ini bisa didapatkan si Kecil dari kandungan kalium di dalamnya.

    Eits, tak sampai di situ nih, Bu, manfaat ubi ungu untuk menjaga kesehatan jantung juga dapat muncul karena kandungan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

  • Mengurangi risiko peradangan

    Kandungan senyawa antiinflamasi juga menghadirkan manfaat ubi ungu yang dapat membantu mengurangi risiko peradangan dalam tubuh si Kecil. Seperti yang diketahui, jika sistem imun tubuh si Kecil lemah dan mudah diserang oleh radikal bebas, maka ia juga lebih mudah untuk mengalami peradangan. Maka dari itu, salah satu upaya untuk menguatkan sistem imun dan mencegah peradangan yaitu dengan mengonsumsi ubi ungu.

Namun, lagi-lagi Ibu juga perlu ingat bahwa manfaat ubi ungu di atas akan lebih optimal jika si Kecil mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya, serta menjalani pola hidup sehat dan aktif. Sebab, ubi ungu hanya protein nabati yang tidak memiliki kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap. 

Dalam masa tumbuh kembang, kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) harus dipenuhi secara lengkap, yang meliputi leusin, isoleusin, triptofan, valin, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. 

Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menyebutkan bahwa kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dapat menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan ini berkaitan dengan tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh si Kecil. 

Salah satu makanan bergizi yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap adalah susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Susu ini dapat meningkatkan tumbuh kembang anak agar lebih prima karena diperkaya juga dengan berbagai nutrisi lain, di antaranya DHA, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi yang dapat meningkatkan fungsi otak dan akal kreatif anak. 

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, di antaranya vitamin C, vitamin D3, zat besi, magnesium, dan zinc yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk memaksimalkan penyerapan semua nutrisi tersebut, serta diperkaya serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan anak. 

Untuk mendukung kebutuhan gizi harian si Kecil, Ibu bisa memberikan susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ secara rutin setiap hari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A (K) menyimpulkan bahwa konsumsi susu pertumbuhan di atas 300 ml sehari bisa mencegah terjadinya risiko stunting sebesar 72%. Pastikan si Kecil mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag Primagro 1+ untuk bisa mendukung si Kecil tumbuh Prima serta Kreatif, Tangkas dan Berani.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz