Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat kunyit ternyata tak hanya penting bagi orang dewasa, tetapi juga bayi dan anak-anak. Salah satu manfaat kunyit untuk anak yaitu dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga mampu mendukung tumbuh kembang anak secara prima. Itulah sebabnya, selain dijadikan bumbu dapur, kunyit juga sering dijadikan sebagai obat alami yang turun temurun hingga saat ini.

Manfaat kunyit ini bisa Ibu dapatkan karena adanya kandungan senyawa kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, senyawa kurkumin memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiradang. Oleh karena itu, berkat adanya senyawa ini, manfaat kunyit dipercaya dapat menyembuhkan sejumlah penyakit, seperti pilek, diare, maag, asam lambung, dan gangguan pencernaan lainnya. 

Manfaat kunyit yang berasal dari antioksidan tersebut dapat melindungi sel-sel tubuh anak dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Tak hanya itu, senyawa kurkumin juga dapat memicu enzim di dalam tubuh untuk menghasilkan antioksidan sendiri sehingga manfaat kunyit yang diterima tubuh menjadi 2 kali lipat. Sifat antioksidan di dalam kunyit juga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh anak agar tidak mudah sakit. 

Bila Ibu ingin memberikan kunyit pada si Kecil, maka pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui kandungan nutrisi, manfaat, dan efek sampingnya untuk anak-anak. Simak penjelasannya berikut ini, yuk! 

Kandungan Nutrisi Kunyit

Sebelum mengetahui manfaat kunyit, Ibu juga perlu mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya. Melansir laman resmi U.S. Department of Agriculture, berikut adalah kandungan nutrisi di dalam 100 gram kunyit: 

Artikel Sejenis

  • 10 gram protein
  • 168 miligram kalsium
  • 208 miligram magnesium
  • 299 miligram fosfor
  • 2 gram kalium
  • 1 miligram vitamin C
  • 55 miligram zat besi

Selain itu, manfaat kunyit juga berasal dari kandungan yang bersifat antioksidan (dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas), antiinflamasi (dapat melindungi tubuh dari peradangan), dan antimikroba (dapat menghambat dan mematikan pertumbuhan mikroba) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh si Kecil, terutama untuk mengatasi peradangan.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Anak

Berkat kandungan nutrisi di atas, berikut adalah beberapa manfaat kunyit yang baik bagi kesehatan anak, di antaranya: 

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

    Manfaat kunyit yang bisa si Kecil dapatkan yaitu dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaannya dengan baik. Manfaat kunyit ini muncul berkat adanya senyawa antibakteri yang dapat menjaga saluran pencernaan si Kecil agar terhindar dari bakteri, salah satunya bakteri E. Coli. 

    Selain itu, manfaat kunyit terkait saluran pencernaan juga penting untuk membantu mengurangi gas berlebih dalam perut. Gas yang berlebihan menyebabkan perut kembung pada anak sehingga membuatnya tidak nyaman. 

    Nah, manfaat kunyit hadir untuk membantu mengatasi masalah kesehatan tersebut. Kesehatan saluran pencernaan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh si Kecil secara keseluruhan lho, Bu. 

    Sebab, sekitar 80% sel imun tubuh ada di saluran pencernaan, jadi kesehatan pencernaan sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil agar tidak menghambat tumbuh kembangnya.

    Selain mengonsumsi kunyit, si Kecil juga harus mengonsumsi sayur dan buah. Apabila si Kecil susah mengonsumsi sayur dan buah, maka alternatifnya Ibu bisa memberikan ia susu yang mengandung serat, seperti susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang memiliki kandungan serat pangan inulin untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil.

  2. Mencegah peradangan

    Seperti yang telah disebutkan, senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat antiradang dan antiinflamasi. Dengan begitu, manfaat kunyit juga penting untuk mencegah munculnya peradangan dalam tubuh si Kecil. Melansir laman resmi parenting.firstcry.com, manfaat kunyit terbukti dapat mencegah dan membantu mengatasi radang usus pada anak-anak dan orang dewasa. 

  3. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat kunyit yang tak kalah penting yaitu dapat menjaga kesehatan jantung anak hingga jangka panjang. Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung berkat kandungan senyawa kurkumin di dalamnya yang mampu meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah atau endotelium. 

    Selain itu, manfaat kunyit yang satu ini pun bisa Ibu dapatkan karena sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya. Dalam hal ini, kunyit berperan sebagai nutrisi tambahan yang sifatnya sebagai pendukung, bukan sebagai nutrisi utama untuk mencegah penyakit jantung. Itulah sebabnya, Ibu tetap perlu memberikan makanan sehat dan bergizi lainnya yang dapat menjaga kesehatan jantung anak lebih optimal, serta menjalani pola hidup sehat dan aktif. 

  4. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

    Senyawa kurkumin yang terdapat dalam kunyit juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Melansir laman resmi Healthline.com, manfaat kunyit ini cukup efektif bagi anak-anak hingga orang dewasa karena kandungan antivirus, antibakteri, antiradang, dan antiinflamasi yang cukup tinggi di dalamnya.

    Namun, konsumsi kunyit saja tidak cukup ya, Bu. Ibu tetap perlu memberikan makanan bernutrisi lain agar daya tahan tubuh si Kecil lebih optimal, salah satunya dengan membiasakan si Kecil minum susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sebanyak 3 gelas sehari agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

  5. Mengatasi masalah kulit 

    Manfaat kunyit juga ternyata penting untuk kesehatan kulit anak lho, Bu. berkat sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang terkandung di dalam kunyit membuat bahan makanan satu ini dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada kulit, seperti eksim. 

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya ada pula manfaat kunyit lainnya yang sayang untuk dilewatkan, seperti menjaga kesehatan mata dan mencegah diabetes.

Meskipun kunyit memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh anak, tetapi Ibu tetap perlu memberikan ia asupan nutrisi dari jenis makanan sehat dan bergizi lainnya, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mencukupi kebutuhan cairan harian, mencukupi waktu tidurnya, dan melakukan aktivitas fisik secara rutin agar tubuhnya tetap fit dan sehat. 

Efek Samping Kunyit pada Anak

Berikut adalah beberapa efek samping mengonsumsi kunyit secara berlebihan pada anak-anak, antara lain: 

  • Munculnya gangguan pencernaan, seperti penyakit asam lambung 
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Ruam pada kulit
  • Meningkatkan risiko kanker usus dan kanker hati

Manfaat kunyit bagi kesehatan anak memang cukup beragam. Namun, Ibu tetap harus berhati-hati saat memberikan kunyit kepada si Kecil. . Hindari mengonsumsi kunyit secara berlebihan, baik dalam bentuk segar maupun suplemen. Konsumsi kunyit yang berlebihan artinya melebihi batas normal yang dianjurkan. Melansir laman resmi fao.org, The Joint FAO/WHO Expert Committe on Food Additives (JIECFA) merekomendasikan asupan kunyit harian untuk anak yaitu maksimal 3 mg per kilogram berat badan. Misalnya, anak dengan berat 15 kg hanya boleh mengonsumsi kunyit maksimal 45 mg. Sedangkan, untuk suplemen kunyit, sebaiknya disesuaikan dengan anjuran dari dokter karena kondisi kesehatan setiap anak berbeda-beda.

Perlu Ibu ketahui bahwa pemberian suplemen kunyit sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan karena bisa menimbulkan efek samping terhadap kesehatan si Kecil. Pemberian suplemen kunyit sebagai pendamping pengobatan penyakit tertentu sebaiknya sudah sesuai dengan anjuran dari dokter. 

Oleh karena itu, pastikan Ibu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin memberikan kunyit kepada si Kecil, terutama dalam bentuk suplemen karena kondisi kesehatan setiap anak berbeda. 

Bolehkah Anak Mengonsumsi Jamu?

Seperti yang Ibu ketahui, selain dijadikan bumbu dapur untuk beberapa jenis masakan, kunyit juga sering diolah menjadi jamu yang siap diminum. Namun, apakah anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun dapat mengonsumsi jamu?

Sementara, kebiasaan minum jamu sudah menjadi tradisi yang turun temurun bagi orang Indonesia. Minuman yang berasal dari rempah-rempah ini dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan anak. 

Selain kunyit, ada rempah-rempah lain yang biasanya diracik menjadi jamu, seperti jahe, temulawak, dan kencur. Rempah-rempah tersebut seringkali jadi pilihan sebagian Ibu untuk dijadikan minuman jamu bagi buah hatinya. 

Sebenarnya pemberian jamu kunyit atau rempah lainnya untuk si Kecil boleh-boleh saja, asalkan Ibu mengikuti aturan yang jelas. Artinya, anak-anak yang mengonsumsi jamu ditentukan berdasarkan kandungan rempah di dalamnya. Namun, akan lebih baik jika Ibu melengkapi pemberian jamu dengan konsumsi susu kepada si Kecil sehingga kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi dengan baik. Salah satu susu pertumbuhan yang kaya akan nutrisi adalah Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Sama seperti kunyit, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung protein, vitamin C, zat besi, magnesium, dan kalsium yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Bahkan, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ memiliki kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga membutuhkan asupan 9AAE dari susu agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal.

Penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis 9 asam amino esensial akan menurunkan potensi tinggi badan anak sebanyak -34%, dan kekurangan semua jenis 9 AAE akan menurunkan potensi tinggi badan sebanyak -50%.

Bahkan, susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ diperkaya dengan serat inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil, serta terdapat 5 kombinasi nutrisi penting lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi. 

Tak hanya itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ juga mengandung 8 kombinasi nutrisi untuk mendukung kreativitas si Kecil, mulai dari DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. Dengan begitu, si Kecil dapat tumbuh menjadi anak yang kreatif, tangguh, dan percaya diri. Ibu bisa memberikan jamu kunyit untuk si Kecil, tetapi akan lebih baik jika Ibu juga memberikan nutrisi yang tepat dan lengkap seperti susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.