Share Like
Simpan

Apakah Ibu termasuk orang yang sulit mengendalikan ngidam saat hamil? Kalau iya, berarti sama dengan saya, Bu. Biasanya, ngidam memang ditandai oleh keinginan Ibu hamil untuk mengonsumsi makanan atau melakukan sesuatu yang kurang lazim. Dulu, saya seringkali mengidamkan makanan atau minuman yang sulit dicari. Terkadang, suami saya sampai kebingungan mencari makanan yang saya idamkan pada tengah malam.

Salah satu yang paling saya ingat, yaitu ketika saya tiba-tiba mengidamkan ikan kerapu saus tauco pada jam 3 subuh. Lantas, suami saya panik, sampai-sampai dia pergi ke supermarket 24 jam untuk beli tauco. Namun, ia tidak bisa menemukan ikan kerapu dan menggantinya dengan ikan bawal.

Awalnya, saya sempat kecewa karena tidak bisa makan ikan kerapu. Lalu saya sadar, bahwa usaha suami saya untuk memasak sendiri makanan yang saya idamkan begitu patut dihargai. Lagipula rasanya enak juga, kok.

Nah, dari pengalaman tersebut saya jadi belajar, lho. Ternyata ngidam bisa dikendalikan, Bu. Berikut ini adalah tips mengendalikan ngidam yang bisa Ibu praktikkan:

  • Alihkan pada Hal Lain

Jika Ibu merasa lelah, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk istirahat daripada ngemil. Karena jika fisik dan pikiran Ibu lebih santai, maka keinginan untuk selalu mengunyah camilan manis akan memudar.

  • Makan dengan Porsi Kecil

Jika mulai merasa ngidam, puaskan keinginan Ibu tersebut dengan mengonsumsi porsi yang kecil. Misalnya, puaskan rasa mengidam pada coklat dengan makan satu potong saja sambil diselingi buah. Jadi, bukan langsung menghabiskan satu bungkus coklat sekaligus.

  • Lakukan Olahraga Ringan

Selain dapat mengalihkan ngidam, berolahraga secara ringan dapat melancarkan peredaran darah dan metabolisme tubuh. Ibu bisa jalan santai di sekitar rumah agar lebih terbiasa. Satu lagi, jangan sampai kelelahan ya, Bu. Setelah itu, tidurlah minimal 8 jam agar stamina kembali pulih pada keesokan harinya.

  • Makan Secara Teratur

Frekuensi ngidam bisa dikurangi dengan makan secara teratur. Selain itu, hal tersebut juga dapat menjaga kestabilan kadar glukosa darah. Keinginan untuk mengonsumsi makanan yang manis-manis bisa dibilang adalah hasil dari rasa lapar yang tidak menentu.

  • Banyak Minum Air Putih

Hindari konsumsi minuman beraroma tajam atau yang mengandung kafein. Kafein bisa mengubah DNA dalam janin sehingga tumor mudah tumbuh. Sebaliknya, perbanyak minum air putih saat sedang ngidam, karena minum air putih lebih baik dari pada mengonsumsi banyak camilan manis atau minuman lainnya.

Ternyata banyak juga ya hal yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan ngidam agar kita bisa terus menjalani masa kehamilan ini dengan nyaman. Nah, satu hal yang tidak boleh dilupakan, Bu. Pastikan juga Ibu selalu melengkapi asupan nutrisi dan gizi selama hamil, ya. Salah satunya dengan rutin minum susu khusus Ibu hamil. Untuk itu, sejak dulu saya selalu memilih Frisian Flag Mama yang diperkaya dengan kandungan ALA/AA, Serat Inulin, Kolin, serta 28 Vitamin dan Mineral lainnya. Kalau sudah begitu, kebutuhan nutrisi harian Ibu dan janin bisa terus terpenuhi dengan baik. Semoga lancar saat menjalani masa kehamilan ini, Bu!