Whatsapp Share Like Simpan

Ibu pasti paham seperti apa tantangan yang harus dihadapi saat menyeimbangkan antara makanan sehat dengan tidak sehat kesukaan si Kecil. Sebab, biasanya anak-anak lebih memilih makanan tinggi gula dan kalori, seperti es krim, permen, cookies, gorengan, soda, dan lainnya. Bahkan, ada pula momen saat si Kecil tidak mau mengonsumsi makanan sehat karena menganggap rasanya kurang enak. Akibatnya, ia pun jadi sulit makan. Nah, untuk menyiasati kondisi tersebut, Ibu perlu mengolah makanan penambah berat badan anak yang tak hanya sehat, namun juga rasanya lezat dan bisa jadi menu kesukaan si Kecil. 

Mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori memang dapat menambah berat badan, namun makanan ini pun memicu risiko penyakit berbahaya, seperti diabetes, jantung, hingga darah tinggi. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mengolah makanan penambah berat badan anak yang sehat dan lezat. Pastikan untuk memberikan si Kecil makanan dengan kandungan nutrisi yang berkualitas agar tumbuh kembangnya lebih optimal. 

Jenis Makanan Penambah Berat Badan Anak

Makanan penambah berat badan anak tidak hanya harus tinggi kalori, tetapi juga perlu mengandung nutrisi-nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ada beberapa jenis makanan penambah berat badan anak yang bernutrisi, antara lain: 

  • Susu

    Makanan penambah berat badan anak yang bisa jadi pilihan pertama adalah susu. Sebab, susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, serta beragam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan si Kecil. Pastikan Ibu memilih jenis susu pertumbuhan yang tepat sesuai dengan usia si Kecil. Selain itu, perhatikan pula kandungan nutrisi dari susu yang ia konsumsi, karena akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya di masa mendatang. Pilihlah susu yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) secara lengkap seperti Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+. Kandungan nutrisi di dalam Frisian Flag PRIMAGRO 3+ ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya demi mendukung potensi tumbuh kembang optimal anak. Di dalamnya juga diperkaya oleh 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral agar si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ hadir dalam tiga varian rasa, yaitu vanila, madu, dan cokelat yang pasti disukai anak-anak. 

  • Telur

    Telur merupakan makanan pembentuk otot yang sehat karena termasuk salah satu sumber protein berkualitas tinggi dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan si Kecil. Tidak heran jika telur dianggap sebagai makanan penambah berat badan yang aman dan efektif. 

    Artikel Sejenis

  • Daging merah

    Daging merah dianggap sebagai makanan penambah berat badan anak karena mengandung kalori yang tinggi. Selain itu, daging merah juga bermanfaat untuk membangun massa otot dalam tubuh. Ibu bisa mengolah daging merah menjadi makanan kesukaan si Kecil setiap harinya.

    Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) Untuk Pertumbuhan Anak

  • Pisang

    Pisang bisa dijadikan makanan penambah berat badan anak karena di dalamnya terdapat kandungan kalori, karbohidrat, dan gula alami yang cukup tinggi sehingga membuat berat badan si Kecil bertambah. Buah ini bisa menjadi pilihan Ibu untuk diolah menjadi menu kesukaan si Kecil atau dikonsumsi secara langsung. 

  • Alpukat

    Alpukat termasuk salah satu jenis buah yang direkomendasikan untuk menambah berat badan. Selain rasanya yang enak dan mudah diolah, alpukat bisa menjadi makanan penambah berat badan anak karena di dalamnya mengandung kalori, karbohidrat, dan lemak yang cukup tinggi. 

  • Kacang-kacangan

    Kacang tanah, almond, dan mete termasuk makanan penambah berat badan anak yang bisa jadi pilihan Ibu. Menurut beberapa penelitian, kandungan zinc yang terdapat di dalam kacang-kacangan bisa menambah nafsu makan si Kecil lho, Bu. Selain itu, kacang juga mengandung protein, vitamin, dan mineral lain yang baik untuk kesehatannya. Ibu bisa mengolah makanan dengan selai kacang yang lezat dan sehat.

  • Oatmeal 

    Meskipun oatmeal sering dijadikan menu makanan sehat untuk orang yang sedang diet, tetapi kenyataannya oatmeal juga bisa dijadikan makanan penambah berat badan anak lho. Sebuah penelitian dalam jurnal Psychology & Behavior dari Cornell University menyebutkan bahwa oatmeal memang bisa membuat berat badan seseorang meningkat. Namun, sebenarnya bukan oatmeal itu sendiri yang membuat seseorang gemuk, melainkan bagaimana cara mengonsumsi oatmeal setiap hari. Oatmeal bisa menjadi makanan penambah berat badan anak jika dikonsumsi dengan porsi yang lebih banyak dan disertai topping yang beraneka ragam. 

  • Kentang

    Ingin memberikan si Kecil makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi putih? Ibu bisa mengganti nasi putih dengan kentang. Kentang menjadi makanan penambah berat badan anak yang mengandung zinc. Yuk, saatnya kreasikan kentang menjadi olahan yang lezat agar si Kecil lebih semangat untuk makan. 

  • Ubi Jalar

    Salah satu jenis ubi jalar yang bisa Ibu pilih sebagai makanan penambah berat badan anak adalah ubi madu atau ubi cilembu. Tidak hanya bergizi, ubi jalar jenis ini juga memiliki rasa manis yang bisa menggugah selera si Kecil. Ada banyak cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengolah ubi jalar, yaitu dengan cara memanggang, mengukus, atau diolah menjadi kue yang sehat untuk camilan anak.

Resep Makanan Penambah Berat Badan Anak

Setelah mengetahui jenis makanan penambah berat badan anak, ini saatnya Ibu mengolah jenis makanan tersebut menjadi olahan yang lezat dan sehat. Berikut ini ada beberapa resep makanan penambah berat badan anak yang bisa Ibu kreasikan di rumah, di antaranya: 

Oatmeal Renyah dengan Selai Kacang

Makanan penambah berat badan anak ini bisa dijadikan menu sarapan lezat dan praktis sebelum si Kecil beraktivitas. Oat mengandung zat besi, serat, dan zinc yang penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Cobalah menggunakan selai kacang tanpa pemanis agar lebih sehat. Ibu juga bisa menambahkan susu agar hidangannya menjadi superfood yang nikmat.

Bahan-bahan:

  • 480 ml susu
  • 230 gram oatmeal 
  • 1 buah pisang
  • 1 sdm selai kacang tanpa pemanis

Cara membuat:

  1. Campurkan oatmeal dan susu. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan semalaman
  2. Keesokan paginya, keluarkan campuran oatmeal tersebut dari kulkas. Diamkan di suhu ruangan
  3. Tambahkan selai kacang dan potongan pisang di atas oatmeal 
  4. Ibu bisa menambahkan susu untuk membuat adonan sedikit lebih cair
  5. Oatmeal dengan selai kacang siap dinikmati si Kecil

Pancake Kentang

Kentang termasuk makanan penambah berat badan anak karena kandungan karbohidrat di dalamnya. Ibu bisa mengolahnya menjadi pancake yang renyah agar si Kecil tidak bosan dengan satu jenis menu saja. Pancake kentang bisa jadi menu sarapan yang enak dan mengenyangkan.

Bahan-bahan:

  • 4 buah kentang
  • 1 buah bawang bombai, iris tipis
  • 1/3 cangkir tepung terigu
  • 2 telur
  • 1 tangkai daun bawang, iris tipis
  • Minyak wijen 
  • Minyak sayur 

Cara membuat:

  1. Kupas dan bersihkan kentang, lalu hancurkan hingga lembut. Tambahkan bawang bombai yang sudah diiris 
  2. Masukkan tepung terigu, daun bawang, telur, garam, dan merica secukupnya. Aduk hingga adonan tercampur merata
  3. Panaskan minyak sayur, lalu goreng adonan pancake kentang hingga berwarna kecokelatan
  4. Sajikan pancake kentang dengan tambahan minyak wijen sesuai selera

Tumis Dada Ayam dengan Telur Kukus

Makanan penambah berat badan anak ini mengandung protein yang tinggi lho, Bu. Daging tanpa lemak dan telur tidak hanya menambah berat badan anak secara sehat, tetapi juga membantu perkembangan otot secara keseluruhan. Ibu juga bisa menambahkan sayuran hijau sebagai nutrisi tambahan yang lezat! 

Bahan-bahan:

  • 2 dada ayam tanpa kulit
  • 3 sdt kecap manis
  • 1 sdt kecap ikan
  • 2 siung bawang putih
  • 1/3 ruas jahe
  • 1 sdt cuka beras (opsional, sesuai selera)
  • 2 butir telur
  • 1 tangkai daun bawang
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci bersih dada ayam dan marinasi dengan campuran kecap manis dan kecap ikan
  2. Cincang bawang putih dan sedikit jahe
  3. Di tempat terpisah, campurkan dengan kecap, cuka beras, dan air secukupnya untuk dijadikan sebagai saus
  4. Panaskan minyak di dalam wajan, masukkan dada ayam dan tumis sebentar. Tambahkan bawang putih dan jahe yang telah dicincang. Masak selama 10 detik
  5. Tambahkan saus dan aduk kembali hingga daging ayam matang merata
  6. Untuk membuat telur kukus, cukup kocok telur dengan 6 sdm air matang (atau kaldu ayam jika ada) 
  7. Masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam wadah dan kukus hingga matang
  8. Sajikan tumis dada ayam dengan telur kukus selagi hangat

Es Loli Susu Pisang 

Saatnya mengolah buah pisang dengan lebih kreatif yuk, Bu! Resep ini bisa menjadi makanan penambah berat badan anak yang sehat dan menyegarkan lho. Caranya mudah, langsung ikuti resepnya di bawah ini yuk!

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang berukuran besar
  • 300 ml susu cair

Cara membuat:

  1. Lumatkan buah pisang hingga halus
  2. Tambahkan susu cair dan aduk hingga rata
  3. Masukkan adonan pisang tersebut ke dalam cetakan es loli
  4. Masukkan ke dalam freezer selama 4-5 jam