Memasuki usia kehamilan 3 bulan, perkembangan janin 12 minggu tumbuh dan berkembang semakin baik. Selain itu terdapat pula beberapa perubahan yang dirasakan Ibu hamil baik secara fisik dan psikis.

Banner AKP
Banner Register

Namun hal yang paling penting dari semakin bertambahnya usia kehamilan Ibu, semakin dekat pula waktu untuk bertemu dengan si Kecil!

Selain itu, di usia janin 12 minggu rahim Ibu akan semakin membesar seukuran jeruk bali. Kemudian risiko keguguran menurun signifikan seiring dengan kemajuan proses kehamilan Ibu. Saat konsultasi dengan dokter dan menggunakan USG, Ibu bisa melihat atau mendengar detak jantung si Kecil. Karena saat janin 12 minggu, semua organ vital dan bagian tubuh si Kecil sudah berada pada tempatnya dan terus berkembang selama masa kehamilan Ibu.

Perkembangan Janin 12 Minggu

Di usia janin 12 minggu ini, di dalam kandungan si Kecil sudah bisa membuka dan menutup atau mengepalkan tangan. Selain itu, ia juga bisa sedikit menggerakkan jari-jari kakinya.

Selain itu pula di usia janin 12 minggu, si Kecil memiliki kuku kecil yang tumbuh di jari tangan dan kaki mereka. Perut dan kerongkongan juga mulai terbentuk di 7 minggu kehamilan. Usus si Kecil mulai tumbuh dengan sangat cepat sampai menonjol ke tali pusar. Bersamaan dengan itu, dinding perut akan menutup dan usus si Kecil akan masuk ke dalam perut mereka.

Artikel Sejenis

Perubahan Tubuh Ibu Hamil di Usia Janin 12 Minggu

Selain mengetahui perkembangan janin 12 minggu, Ibu juga harus peka dengan perubahan tubuh yang mungkin Ibu alami di masa kehamilan ini. Berikut beberapa kemungkinan perubahan yang Ibu alami, yaitu:

  • Sakit kepala

    Keluhan sakit kepala adalah gejala kehamilan yang umum di usia janin 12 minggu atau di masa kehamilan bulan ketiga. Ibu bisa coba cegah sakit kepala ini dengan sering makan namun dalam porsi yang kecil, minum banyak air, cukup tidur, berolahraga, mencoba relaksasi dengan meditasi atau yoga, serta melakukan pijat prenatal.

    Jika sakit kepala cukup terasa mengganggu Ibu bisa kompres panas atau dingin ke dahi atau pangkal kepala Ibu, mandi dan coba akupuntur. Ibu bisa konsultasikan juga ke dokter atau bidan mengenai keluhan ini sebelum coba meminum jenis obat sakit kepala apapun selama kehamilan.

  • Kelelahan

    Menurut Baby Center, studi menunjukkan 95% Ibu hamil mengalami kelelahan selama kehamilan terutama di trimester pertama termasuk saat memasuki bulan ketiga atau saat janin 12 minggu. Karena Ibu hamil akan merasa memiliki banyak energi di trimester kedua dan mulai merasa lelah di trimester ketiga. Meski gejala ini normal, Ibu juga harus peka karena kelelahan bisa jadi tanda gejala anemia atau depresi karena kekurangan zat besi. Jadi konsultasikan ke dokter segera jika keluhan ini tidak kunjung mereda.

    Meski rasanya sulit, namun coba lawan rasa kelelahan di masa janin 12 minggu ini dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi. 

  • Pusing atau pening

    Keluhan Ibu hamil saat janin usia 12 minggu ini terjadi karena adanya perubahan yang drastis pada sistem kardiovaskular Ibu; detak jantung meningkat, jantung memompa darah lebih banyak setiap menitnya, jumlah daran di dalam tubuh juga meningkat 30-50%. 

    Untuk meredakan pusing atau pening di masa janin 12 minggu, Ibu bisa coba berbaring miring untuk memaksimalkan aliran darah ke tubuh dan otak.

  • Sesak nafas

    Keluhan sesak napas saat janin usia 12 minggu adalah keluhan yang normal. Karena Ibu membutuhkan banyak oksigen saat hamil dan peningkatan progesteron yang memperluas kapasitas paru-paru sehingga Ibu mengambil napas lebih dalam. 

    Namun jika sebelum kehamilan Ibu memiliki asma dan keluhannya jadi semakin memburuk sejak hamil, apalagi disertai dengan nyeri dada serta detak jantung yang cepat bahkan tidak teratur, Ibu perlu segera ke dokter untuk diperiksa lebih jeli dan mendapatkan penanganan yang terbaik.

  • Malas untuk makan

    Di usia janin 12 minggu, untuk beberapa Ibu mungkin akan masih enggan atau malas untuk makan. Biasanya keengganan makanan ini kemudian akan memudar saat Ibu memasuki kehamilan di trimester kedua. Untuk menanganinya, Ibu bisa coba makan makanan hambar atau yang dingin sehingga lebih mudah untuk dicerna di dalam perut.

  • Stres kehamilan

    Memasuki usia janin 12 minggu, adalah normal jika Ibu merasakan stres di masa kehamilan. Banyak calon Ibu bahkan mungkin dengan pasangannya yang khawatir dengan kesehatan bayi mereka, keuangan dan bagaimana menangani perubahan di masa depan. 

    Namun jika stres ini berlangsung secara konstan dan tidak kunjung mereda, segera cari bantuan para ahli untuk menangani depresi atau kecemasan kehamilan ini.

Baca juga: 5 Tips Jaga Kestabilan Emosi untuk Ibu Hamil

Tips Menikmati Kehamilan Saat Usia Janin 12 Minggu

Kehamilan 12 minggu - Ibudanbalita

Untuk membantu Ibu melewati masa kehamilan di bulan ketiga atau saat usia janin 12 minggu, Ibu bisa coba beberapa tips berikut ini:

  • Berolahraga

    Olahraga saat usia janin 12 minggu bisa membantu Ibu mengembangkan kekuatan dan daya tahan yang Ibu perlukan untuk mengelola masa kehamilan, mempersiapkan persalinan dan mencegah beberapa keluhan dan nyeri kehamilan.

    Mengikuti saran dari American College of Obstetricians and Gynecologists, Ibu hamil direkomendasikan melakukan olahraga selama 150 menit atau 2,5 jam dalam seminggu. Tentu durasi ini bisa Ibu bagi misalnya 20-30 menit dengan frekuensi 2-3 kali dalam seminggu. Ibu bisa berkonsultasi juga dengan dokter kandungan, jenis olahraga apakah yang sesuai dengan kondisi Ibu sehingga mendapatkan panduan yang tepat.

  • Tetap terhidrasi

    Minum cukup air sangat bisa membantu mencegah masalah umum atau gejala yang mungkin terjadi di masa kehamilan saat usia janin 12 minggu. Ibu hamil dianjurkan untuk minum 10 gelar air putih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan harian. Namun kebutuhan ini tentu dipengaruhi pula dengan tingkat aktivitas, bobot tubuh dan cuaca. 

  • Membuat jurnal

    Jurnal kehamilan adalah cara yang menyenangkan sekaligus ampuh untuk menanggapi setiap perubahan dan gejala yang Ibu alami di masa kehamilan termasuk saat janin 12 minggu. Selain bisa menjadi media yang tepat untuk menjaga kestabilan emosi Ibu, tentu dampaknya akan baik untuk fisik Ibu hamil.

Baca juga: Tips Senam Hamil Aerobik yang Aman Sesuai Usia Kehamilan

Itulah sejumlah informasi yang perlu Ibu ketahui mengenai perkembangan janin usia 12 minggu, perubahan tubuh Ibu hamil di bulan ketiga, serta tips untuk meredakan gejala kehamilan yang Ibu alami saat janin 12 minggu.

Jangan lupa, Bu! Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial yaitu jenis protein siap serap yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh) untuk mendukung pertumbuhan sel otak, otot dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng agar kebutuhan nutrisi Ibu selama periode kehamilan tercukupi.

Frisian Flag Primamum adalah susu ibu hamil dengan 9AAE + 9 Nutrisi Penting untuk melengkapi nutrisi Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag Primamum mengandung energi sebanyak 180 kalori, protein 9 gram, DHA 34 mg dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. DHA dibutuhkan janin untuk mendukung pertumbuhan sel otaknya. Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin

Selama kehamilan banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk perkembangan si Kecil di dalam rahim agar Ibu tetap sehat dan si Kecil lahir dengan selamat. Untuk memudahkan Ibu, fitur Kamus Kehamilan bisa jadi solusi yang tepat untuk mencari informasi tentang kehamilan, asupan nutrisi, dan hal-hal lain yang penting bagi Ibu hamil. Yuk, coba fiturnya di sini.