Whatsapp Share Like
Simpan

Apa saja ya, bahan makanan untuk MPASI bayi 6 bulan? Dulu, saya pun sempat bingung memilih bahan makanan yang cocok untuk si Kecil. Saya berpikir, apakah si Kecil suka atau nutrisinya cukup? Oleh sebab itu, saya mencari sejumlah informasi di internet terkait MPASI anak. Dari situ, saya baru tahu bahwa buah-buahan kaya akan nutrisi untuk bayi. Bahkan, cocok untuk dijadikan makanan pertamanya. Supaya Ibu bisa segera membuat MPASI, saya berikan daftar buah untuk bayi 6 bulan, ya.

Pisang

Pisang menjadi buah yang paling banyak dianjurkan untuk MPASI si Kecil, Bu. Buah ini memang kaya Potasium, Kalsium, Magnesium, dan Zat Besi. Si Kecil perlu mengonsumsi pisang untuk memenuhi nutrisi demi perkembangan fungsi otot dan mengoptimalkan detak jantungnya. Selain itu, pisang juga kaya karbohidrat, sehingga bisa menggantikan energi si Kecil ketika kelelahan bermain. Selain mengenyangkan, pisang juga bisa membuat daya tahan tubuh si Kecil lebih kuat, lho.

Alpukat

Teksturnya yang lembut membuat alpukat cocok sekali menjadi MPASI buah untuk bayi 6 bulan, Bu. Alpukat mengandung Asam Folat dan Lemak baik yang berguna untuk perkembangan otak si Kecil. Menurut John Tjenos dari Nutritional Therapy Association, anak membutuhkan lemak untuk membentuk struktur otaknya, sehingga perkembangan otaknya pun lebih optimal. Apalagi, menurut artikel kesehatan yang saya baca, hampir 70% otak manusia terdiri dari Lemak. Oleh karena itu, keseimbangan asupan Lemak juga mempengaruhi kepintaran dan kecerdasan si Kecil di masa depan.

Jeruk

Ibu pastinya tahu bahwa jeruk mengandung banyak sekali Vitamin C, ya. Selain itu, tahukah Ibu jeruk juga memiliki banyak mineral yang membantu membentuk kolagen di otot, tulang, serta jaringan tubuh si Kecil lainnya? Manfaat lain vitamin C dalam jeruk adalah bisa memperkuat daya tahan tubuh si Kecil sekaligus mempercepat proses pemulihan ketika si Kecil tak sengaja cedera atau luka.

Nah, yang perlu Ibu ingat sebelum memberikan jeruk sebagai buah untuk bayi 6 bulan adalah memastikan rasa jeruknya manis sehingga tidak membuat si Kecil terganggu. Selain itu, berbeda dengan alpukat yang berbiji besar, biji jeruk cenderung kecil dan berisiko tertelan. Oleh sebab itu, pastikan Ibu sudah menyingkirkan biji jeruk sebelum memproses buah satu ini menjadi menu MPASI.

Apel

Nah, buah apel bisa menjadi pilihan Ibu selanjutnya untuk dibuatkan puree di masa MPASI si Kecil. Apel tak hanya memiliki rasa yang manis dan enak, tapi juga mudah dicerna dan kaya nutrisi. Potasium, Fosfor, Magnesium, Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E adalah beberapa nutrisi yang didapatkan dari Apel, Bu. Selain itu, apel juga bermanfaat mengurangi sembelit yang umumnya terjadi di masa awal pemberian MPASI.

Pir

Buah pir kaya akan kandungan yang dibutuhkan oleh bayi di masa tumbuh kembangnya. Diantaranya ada kalsium, vitamin C, kalium dan fosfor. Rasanya yang segar dan manis pasti akan disukai si Kecil. Untuk penyajian MPASI dengan menu buah pir, potong-potong lebih dulu lalu kukus hingga matang. Setelah itu haluskan menggunakan saringan kawat, MPASI yang enak dan bergizi siap disantap.

Pepaya

Di masa awal MPASI, bayi biasanya mengalami sembelit karena ada perubahan asupan yang masuk ke perutnya. Pepaya adalah buah yang sangat baik untuk melancarkan BAB si Kecil. Namun ada juga bayi yang malah mengalami sembelit saat mengonsumsinya. Untuk itu amati dulu reaksi bayi setelah memakan pepaya. Jika mengalami sembelit, maka sebaiknya hentikan dulu pemberiannya.

Buah ini mengandung berbagai macam vitamin, seperti A, B1, B2, C, dan E serta kaya serat dan enzim papain yang sangat baik untuk pencernaannya. Dikarenakan teksturnya yang sudah empuk, maka Ibu bisa langsung menghaluskan pepaya dengan saringan kawat. Ibu juga bisa memberikan potongan-potongan kecil agar si Kecil berusaha untuk makan sendiri.

Buah Naga

Buah naga juga sangat tepat untuk dijadikan MPASI buah untuk bayi 6 bulan, Bu. Selain teksturnya empuk dan rasanya yang manis dan segar, buah ini kaya akan nutrisi yang baik untuk si Kecil. Di antara kandungan buah naga adalah protein, kalsium, zat besi, karotin, dan serat. Berikan buah naga kepada bayi dengan potongan-potongan kecil atau haluskan dengan saringan kawat.

Bagaimana, Bu? Mudah bukan, mencari buah-buahan yang saya rekomendasikan? Jadi, kini Ibu tidak perlu bingung lagi untuk memilih bahan untuk menu MPASI buah untuk bayi 6 bulan. Mengonsumsi buah yang kaya nutrisi sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Selain bisa dijadikan menu tunggal, buah-buahan tersebut juga bisa dikombinasikan. Selamat mencoba dan semoga si Kecil makan dengan lahap ya, Bu!

Sumber: https://tumpi.id, https://mommyasia.id