Whatsapp Share Like Simpan

Saat si Kecil berusia 6 bulan, Ibu pasti sudah mempersiapkan berbagai makanan yang aman dikonsumsi olehnya, tak terkecuali cemilan bayi 6 bulan. Sebenarnya ada banyak pilihan cemilan yang bisa Ibu berikan untuk si Kecil, namun Ibu juga tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi dalam cemilan tersebut. 

Sebab, saat ini tak sedikit cemilan kemasan yang kurang bergizi. Supaya Ibu tidak khawatir dan bingung, di bawah ini ada beberapa rekomendasi cemilan bayi 6 bulan beserta resepnya yang bisa dibuat sendiri di rumah. Mari simak penjelasannya sampai selesai. 

Rekomendasi Cemilan Bayi 6 Bulan

Berikut ini beberapa rekomendasi cemilan bayi 6 bulan yang bisa Ibu pilih:

  1. Telur

    Tahukah Ibu, ternyata telur merupakan sumber protein hewani yang mengandung berbagai nutrisi penting lho. Sebagai sumber protein hewani, telur bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 

    Cemilan bayi 6 bulan ini bisa Ibu kreasikan menjadi berbagai jenis hidangan yang lezat, mulai dari telur rebus, telur orak-arik, atau diolah dengan tambahan bahan masakan lainnya. Tekstur dari cemilan bayi 6 bulan ini relatif disukai oleh bayi dan anak-anak karena lembut dan gurih. 

    Artikel Sejenis

  2. Keju

    Selain telur, keju juga termasuk cemilan bayi 6 bulan yang kaya nutrisi lho, Bu. Keju termasuk produk olahan susu sapi yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. 

    Ada banyak jenis keju yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil, di antaranya keju cheddar, keju ricotta, keju cottage, keju mozarella, dan lain sebagainya. Karena menjadi cemilan bayi 6 bulan, tak heran jika keju jadi favorit sebagian besar Ibu untuk diolah menjadi menu MPASI yang lezat. 

  3. Susu

    Tahukah ibu, bahwa susu juga bisa digunakan untuk melengkapi rangkaian MPASI si kecil. Jika si kecil masih menggunakan ASI, ibu bisa mencampur ASI ke dalam MPASI rumahan yang ibu buat, namun jika ASI tidak mencukupi, ibu bisa tanyakan ke dokter susu pengganti ASI yang tepat, pastikan kandungannya mengandung protein hewani yang lengkap yaitu 9 asam amino esensial dan juga yang tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otaknya

  4. Buah-buahan

    Cemilan bayi 6 bulan selanjutnya yaitu buah-buahan yang segar dan bernutrisi. Sebagai cemilan bayi 6 bulan, ada beragam jenis buah yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil, misalnya buah pisang, alpukat, mangga, pepaya, buah naga, dan lain sebagainya. 

    Buah-buahan tersebut cenderung memiliki tekstur yang halus, lunak, dan lembut sehingga mudah digigit dan dikunyah oleh gigi si Kecil yang masih dalam masa pertumbuhan. Ibu juga bisa memberikan jenis buah-buahan lainnya sebagai cemilan bayi 6 bulan, tetapi pastikan dulu teksturnya sudah cukup lunak atau lembut agar si Kecil mudah untuk mencernanya. 

  5. Sayuran

    Sama seperti buah-buahan, sayuran termasuk cemilan bayi 6 bulan yang aman dikonsumsi oleh si Kecil. Sayuran memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang, khususnya serat. 

    Kandungan serat di dalam cemilan bayi 6 bulan ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan si Kecil. Seperti yang Ibu ketahui, bayi yang sudah mendapatkan MPASI bisa jadi mengalami sembelit, sehingga menu makanannya harus didukung dengan asupan serat yang cukup, salah satunya dari sayuran. 

    Ada banyak jenis sayuran yang bisa Ibu jadikan cemilan bayi 6 bulan, di antaranya brokoli, sawi, wortel, buncis, kale, dan lain sebagainya. Pastikan Ibu mengolah sayuran dengan tepat agar lebih mudah dikunyah dan dicerna oleh si Kecil. 

  6. Tahu

    Satu lagi cemilan bayi 6 bulan yang kaya nutrisi, yaitu tahu. Sumber protein nabati yang satu ini bisa Ibu olah dengan mudah untuk menu MPASI si Kecil. Teksturnya yang lembut dan halus membuat bayi usia 6 bulan mudah mengonsumsi makanan satu ini. 

    Akan lebih baik jika Ibu mengolah tahu dengan tepat, misalnya dengan cara dikukus agar kandungan nutrisinya tetap terjaga dan si Kecil mudah untuk mencernanya. 

Resep Cemilan Bayi 6 Bulan 

Seperti yang diketahui, ada banyak jenis bahan makanan yang bisa Ibu kreasikan untuk cemilan bayi 6 bulan. Namun, tak sedikit pula Ibu yang bingung untuk mengolahnya. Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi ya, Bu, karena ada beberapa ide resep yang bisa Ibu buat sendiri di rumah. Simak ide resepnya berikut ini:

Pepaya Biskuit Susu

Bahan-bahan:

  • Pepaya matang secukupnya
  • Biskuit susu secukupnya
  • ASI atau PASI sesuai anjuran tenaga kesehatan

Cara membuat:

  1. Lumatkan pepaya sampai halus, bisa menggunakan blender atau dilumatkan dengan garpu
  2. Hancurkan biskuit sampai halus
  3. Campurkan pepaya dan biskuit ke dalam mangkuk, aduk sampai rata
  4. Tambahkan ASI secukupnya, kemudian aduk lagi
  5. Ibu bisa saring kembali semua bahan tersebut (opsional)
  6. Sajikan untuk cemilan si Kecil 

Brokoli Kentang Salmon

Bahan-bahan:

  • 1 buah kentang
  • 3 potong brokoli segar
  • Ikan salmon secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Rebus masing-masing bahan secara terpisah sampai empuk
  3. Blender semua bahan sampai halus
  4. Saring bahan tersebut ke dalam mangkuk
  5. Tambahkan ASI dan campur sampai rata
  6. Sajikan untuk si Kecil

Puree Pisang Apel Kurma

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang
  • Setengah potong apel
  • 3 buah kurma
  • ASI atau PASI sesuai anjuran tenaga kesehatan

Cara membuat:

  1. Lumatkan pisang sampai tekstur halus
  2. Rebus atau kukus apel dan kurma, lalu lumatkan sampai halus
  3. Campur semua bahan dan lumatkan lagi
  4. Tambahkan ASI secukupnya
  5. Saring ke dalam mangkuk dan sajikan untuk si Kecil

Puree Buah Naga

Bahan-bahan:

  • Buah naga merah secukupnya
  • ASI secukupnya

Cara membuat:

  1. Lumatkan buah naga sampai halus
  2. Saring buah naga ke mangkuk
  3. Tambahkan ASI
  4. Aduk sampai tercampur rata
  5. Sajikan puree buah naga sebagai cemilan bayi 6 bulan 

Puding Jagung Manis

Bahan-bahan:

  • 1/2 potong jagung manis
  • 2 sdm ASI 
  • Agar-agar tanpa rasa
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus air pada api kecil. Masukkan agar-agar tanpa rasa
  2. Tambahkan jagung yang sudah diblender dan dihaluskan. Masak sampai matang 
  3. Setelah matang, matikan api. Tambahkan ASI secukupnya. Aduk sampai rata
  4. Tuang ke dalam cetakan
  5. Biarkan hingga dingin, kemudian masukkan ke dalam kulkas
  6. Sebelum diberikan kepada si Kecil, diamkan dulu pudingnya agar tidak terlalu dingin
  7. Ibu bisa menghaluskan puding tersebut agar lebih mudah dimakan oleh si Kecil
  8. Tambahkan lagi sedikit ASI dan campurkan sampai rata 
  9. Cemilan bayi 6 bulan bisa dinikmati oleh si Kecil 

Membuat cemilan bayi 6 bulan memang cukup menantang ya, Bu? Terlihat mudah, tetapi Ibu pasti harus memutar otak untuk membuat menu yang variatif dan disukai si Kecil. Pastikan Ibu mencari tahu ide-ide olahan bayi 6 bulan agar lebih banyak referensi yang bisa dipilih. 

Selain pemberian MPASI dan cemilan bayi 6 bulan, Ibu juga tetap harus memberikan si Kecil ASI secara rutin. Oleh karena itu, pastikan Ibu meningkatkan kualitas ASI dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. 

Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil. 

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual.

Ibu bisa temukan ide resep lainnya yang sehat dan gizinya seimbang untuk si Kecil. Ibu bisa memanfaatkan fitur Kalkulator Gizi yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini juga bisa membantu Ibu untuk cek kecukupan jumlah gizi harian Si Kecil yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima bersama Lora Sri Nofi, PGNutr, MNutrDiet, RD.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz