Whatsapp Share Like
Simpan

Buah merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh si Kecil berusia 15 bulan. Salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat adalah buah naga. Ada dua jenis buah naga yang bisa Ibu temui yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Keduanya dapat dikonsumsi oleh si Kecil. Pada usia 15 bulan, si Kecil sudah bisa mengonsumsi buah naga secara langsung karena tekstur buah ini cukup lembut serta rasanya lezat. Akan tetapi, sebenarnya apa saja sih manfaat buah naga untuk tumbuh kembang si Kecil? Yuk simak penjelasan berikut mengenai 7 manfaat buah naga untuk si Kecil.

Sumber antioksidan yang baik

Dalam buah naga terdapat sumber antioksidan yang diperlukan untuk tumbuh kembang si Kecil. Apa fungsi antioksidan bagi tubuh? Antioksidan berfungsi menambah stamina si Kecil. Selain itu antioksidan dapat berfungsi sebagai fenol yang melindungi membrane sel si Kecil dari radikal bebas. Belum berhenti di situ, antioksidan yang baik ini dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di tubuh si Kecil, lho.

Terdapat kalsium untuk pertumbuhan tulang

Kandungan yang terdapat dalam buah naga sangatlah beragam. Itu sebabnya si Kecil berusia 15 bulan dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah yang satu ini. Pasalnya, buah naga mengandung kalsium yang membantu pertumbuhan tulang serta mencegah osteoporosis. Selain itu, terdapat pula berbagai kandungan seperti vitamin C, B1, B2, B3, zat besi, fosfor, dan kalsium yang berperan penting membuat tulang semakin kuat. Untuk kesehatan tulang, kandungan fenolik dan flavonuloid dalam buah naga akan sangat bermanfaat.

Vitamin C membantu menjaga daya tahan tubuh

Kebutuhan si Kecil terhadap vitamin C sangatlah tinggi. Ibu dapat memenuhinya dengan memberikan buah naga untuk dikonsumsi. Manfaat vitamin C pada buah naga bagi tumbuh kembang si Kecil cukup banyak. Pertama, vitamin C dapat membantu menjaga daya tahan si Kecil sehingga ia tidak mudah terserang penyakit. Kedua, vitamin C dalam buah naga dapat ikut berperan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot si Kecil. Dengan begitu, sebaiknya Ibu memberikan buah naga setiap hari agar kebutuhan vitamin C si Kecil selalu terpenuhi, ya.

Vitamin A menjaga kesehatan mata

Selain kandungan vitamin C, dalam buah naga juga terdapat vitamin A yang juga bermanfaat. Kandungan vitamin A dalam buah naga membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Selain itu, vitamin A berperan untuk melawan berbagai jenis infeksi yang mungkin muncul pada si Kecil usia 15 bulan.

Kandungan potassium untuk kesehatan jantung

Di dalam buah naga juga terdapat kandungan potassium. Pada masa tumbuh kembang si Kecil, kandungan potassium sangat bermanfaat karena dapat menjaga kesehatan fungsi jantung. Bukan hanya itu saja, potassium dalam buah naga juga bermanfaat untuk sistem saraf sehingga si Kecil menjadi lebih rileks.

Kandungan serat mencegah sembelit

Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat ini bermanfaat untuk mencegah sembelit. Dengan rutin mengonsumsi buah naga, saluran pencernaan si Kecil akan lebih lancar dan sehat. Jika si Kecil tidak menyukai buah naga utuh, Ibu dapat mengolah buah naga menjadi jus. Buah naga yang sudah dihaluskan tentu akan lebih mudah dicerna oleh si Kecil.

Dapat menjadi detox bagi ginjal

Buah naga memiliki kemampuan detoksifikasi sehingga tubuh si Kecil dapat terhindar dari racun. Selain itu, detoksifikasi ini akan menjaga saluran kemih si Kecil tetap sehat. Kesehatan dan kebersihan ginjal pun akan selalu terawat, lho. Apabila si Kecil mulai bosan memakan buah naga setiap hari, Ibu dapat menyajikan potongan buah naga dengan berbagai jenis makanan lainnya sehingga si Kecil mendapat variasi makanan.

Di samping pemberian buah naga, Ibu juga dapat membantu tumbuh kembang si Kecil dengan menambahkan asupan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI. Ada 3 varian rasa yang pastinya disukai si Kecil yaitu madu, vanila, dan coklat. Kandungan di dalamnya sangat lengkap seperti omega 2, omega 6, minyak ikan, zat besi, asam sialat, dan sphingomyelin yang akan membuat si Kecil semakin pintar. Selain itu terdapat pula kandungan vitamin A, C, E, Send, Selenium, dan Serat Pangan Inulin yang berperan menjaga si Kecil selalu kuat. Ada pula kandungan protein, kalsium, dan vitamin D yang membantu proses penambahan tinggi si Kecil. Memberikan nutrisi dan gizi seimbang merupakan hal paling penting sehingga tumbuh kembang si Kecil bisa maksimal.