Whatsapp Share Like Simpan

Janin 10 minggu, apa saja perkembangannya, sih, Bu? Seiring dengan bertambahnya usia kandungan, Ibu perlu rutin memantau perkembangan janin ke dokter atau bidan, karena ada banyak hal penting yang tak boleh dilewatkan. Di samping mengetahui perkembangan janin, pemeriksaan melalui ultrasonografi (USG) dapat mengidentifikasi kejanggalan atau penyakit apa pun yang bisa dicegah sedini mungkin. 

Ibu hamil yang memasuki usia janin 10 minggu, biasanya sedikit demi sedikit sudah bisa menyesuaikan diri dengan perubahan hormon kehamilan. Mual dan mutah umumnya masih dialami, namun tidak sehebat di awal kehamilan. 

8 Hal Menakjubkan yang Terjadi Pada Janin 10 Minggu

Berbicara kembali mengenai perkembangan janin 10 minggu, boleh dibilang sang calon buah hati sedang mencapai tahap terpenting, karena janin 10 minggu telah melewati fase embrio dan organ-organ tubuhnya mulai terbentuk.

Ibu penasaran dengan perkembangannya? Untuk mengetahui lebih jelas hal apa yang terjadi pada janin 10 minggu dan organ apa saja yang telah terbentuk, mari simak informasi berikut ini:

  1. Berfungsinya organ vital

    Fase ini menjadi sangat penting bagi perkembangan janin 10 minggu, karena organ-organ vitalnya mulai terbentuk. Beberapa organ vital tersebut meliputi hati, ginjal, usus, paru-paru, hingga otak. Hampir 250.000 sel saraf baru terbentuk setiap menitnya. Tak hanya terbentuk dengan sempurna, organ vital juga perlahan telah berfungsi dengan baik.

    Artikel Sejenis

  2. Tulang punggung mulai terlihat

    Pada masa ini, janin 10 minggu juga mengalami pertumbuhan pada kuku jari dan helaian rambut di kepala. Namun, masih belum terbentuk begitu sempurna. Selain itu, tulang punggung dan saraf tulang belakang janin 10 minggu pun mulai terbentuk sehingga bobot si Kecil menjadi lebih berat dibanding minggu sebelumnya.

  3. Mulai bisa mendengar

    Tahukan Ibu, salah satu perkembangan janin 10 minggu yang paling mengharukan pada minggu ini adalah mulai terbentuknya telinga bagian luar meski masih berupa benjolan kecil di bagian bawah kepalanya. Bahkan, tak lama lagi calon buah hati tercinta akan mulai bisa mendengar suara Ibu dan suara-suara lain di sekitarnya.

  4. Hormon mulai diproduksi

    Janin 10 minggu yang dikandung Ibu, kini juga mengalami pertumbuhan hormon. Bila bayi Ibu nantinya berjenis kelamin laki-laki, maka yang dimiliki si Kecil akan mulai memproduksi sedikit hormon testosteron. Meski demikian bila diperiksa melalui USG, jenis kelamin belum dapat terlihat jelas di usia kandungan ini.

  5. Terbentuknya mata

    Jika di minggu-minggu sebelumnya mata janin masih berbentuk lingkaran hitam di kedua sisi kepala, dalam fase ini sistem optik dan jaringan lain pada janin 10 minggu sudah mulai berfungsi. Selain itu, kelopak mata yang akan melindungi indra penglihatan si Kecil juga sudah mulai terbentuk dengan sempurna.

  6. Munculnya Gigi

    Meski tak terlihat, perkembangan janin 10 minggu yang satu ini sangatlah menakjubkan. Ketika kehamilan berusia 10 minggu, sejumlah bakal gigi susu mulai terbentuk di bawah lapisan gusi yang akan tumbuh sempurna beberapa bulan setelah ia lahir. Saat kandungan Ibu berusia 9 bulan nanti, 20 calon gigi susu janin sudah terbentuk dengan sempurna di bawah lapisan gusi.

  7. Berat janin bertambah pesat

    Dengan perkembangan janin 10 minggu yang sangat pesat, mulai dari terbentuknya organ-organ tubuh hingga tulang, berat si Kecil pada fase ini pun bertambah. Pertambahan beratnya tersebut bisa mencapai kisaran 2,5 gr dengan panjang sekitar 2 hingga 3 cm dari kepala hingga kakinya. Jika diibaratkan dengan buah, janin 10 minggu bentuknya sudah sebesar buah plum.

  8. Janin mulai bergerak

    Pada janin 10 minggu, bila melakukan pemeriksaan USG, Ibu bisa melihat bahwa si Kecil dalam rahim mulai bergerak-gerak.Walaupun hentakannya belum begitu terasa di perut Ibu. Sementara itu, jantung pada janin 10 minggu masih berdetak hingga 180 kali per menit, yang mana jumlah tersebut 2–3 kali lebih banyak dibandingkan dengan detak jantung orang dewasa. 

Meningkatkan Tumbuh Kembang Janin 10 Minggu dan Kesehatan Ibu

Di tengah perkembangan janin 10 minggu yang semakin menakjubkan, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya, Bu! Perhatikan asupan makanan sehari-hari, serta rutin minum vitamin. Tingkatkan juga tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu dengan mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM setiap hari.

Frisian Flag PRIMAMUM kaya akan nutrisi yang baik untuk Ibu dan janin di dalam kandungan. Susu ini mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan janin. Frisian Flag PRIMAMUM juga diperkaya tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak calon buah hati Ibu. 

Tak hanya itu, Bu. Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, zinc, dan sumber serat pangan inulin yang penting untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu selama hamil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat sehingga tidak akan membuat Ibu merasa mual.

Menakjubkan sekali ya, Bu perkembangan janin 10 minggu? Jika penasaran dengan perkiraan hari lahir sang buah hati, kini Ibu bisa mengeceknya melalui fitur Kalkulator Kehamilan di Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu mengetahui tanggal perkiraan lahir si Kecil, hanya dengan memasukkan tanggal Hari Pertama Menstruasi Terakhir (HPHT), lama siklus haid rata-rata, dan hari pembuahan terjadi. Ibu bisa langsung mencoba fitur Kalkulator Kehamilan di sini.

Terakhir, jangan lupa untuk rutin melakukan konsultasi secara berkala agar perkembangan janin selalu terpantau dan si Kecil pun bisa lahir dengan sehat. 

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz