Share Like
Simpan

Bu, masih rajin berkonsultasi ke dokter, kan? Seiring dengan bertambahnya usia kandungan, Ibu juga harus semakin rajin memantau perkembangan janin karena ada banyak hal penting yang tak boleh dilewatkan. Misalnya saja di minggu ke-10, perkembangan janin mencapai tahap terpenting karena telah melewati fase embrio dan organ-organ tubuhnya mulai terbentuk.

Untuk mengetahui lebih jelas perkembangan janin yang terjadi di minggu ke-10 dan organ apa saja yang telah terbentuk, mari simak informasi berikut ini:

1. Berfungsinya Organ Vital

Minggu ke-10 menjadi fase yang sangat penting bagi perkembangan janin karena organ-organ vitalnya mulai terbentuk, mulai dari hati, ginjal, usus, paru-paru, hingga otak. Tak hanya terbentuk dengan sempurna, organ vital juga telah berfungsi dengan baik.

2. Tulang Punggung Mulai Terlihat

Pada masa ini, perkembangan janin juga ditandai dengan munculnya kuku jari dan helaian rambut di kepala yang masih belum terbentuk sempurna. Selain itu, tulang punggung dan saraf tulang belakangnya juga mulai terbentuk sehingga bobot janin menjadi lebih berat dibanding minggu sebelumnya.

3. Mulai Bisa Mendengar

Salah satu perkembangan janin yang paling penting pada minggu ini adalah mulai terbentuknya telinga bagian luar meski masih berupa benjolan kecil di bagian bawah kepalanya. Namun, tak lama lagi calon anak tercinta akan mulai bisa mendengar suara Ibu dan suara-suara lain di sekitarnya.

4. Terbentuknya Mata

Jika di minggu-minggu sebelumnya mata pada janin masih berbentuk lingkaran hitam di kedua sisi kepalanya, dalam fase ini sistem optik dan jaringan lainnya sudah mulai berfungsi. Selain itu, kelopak mata yang akan melindungi indra penglihatan janin juga sudah mulai terbentuk dengan sempurna.

5. Munculnya Gigi

Meski tak terlihat, perkembangan janin yang satu ini sangatlah menakjubkan. Ketika kehamilan berusia 10 minggu, sejumlah bakal gigi susu mulai terbentuk di bawah lapisan gusi yang akan tumbuh sempurna beberapa bulan setelah ia lahir. Saat kandungan Ibu berusia 9 bulan nanti, 20 calon gigi susu janin sudah terbentuk dengan sempurna di bawah lapisan gusi.

6. Berat Bertambah

Dengan perkembangan janin yang sangat pesat mulai dari terbentuknya organ-organ tubuh hingga tulang, beratnya pada fase ini mencapai 2,5 gr dengan panjang sekitar 2 hingga 3 cm dari kepala hingga kakinya.

Di tengah perkembangan janin yang semakin menakjubkan, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya, Bu! Sebisa mungkin kurangi minuman berkafein karena tidak terlalu baik untuk kandungan dan memicu timbulnya masalah diuretic yang membuat Ibu harus buang air kecil berkali-kali. Jangan lupa juga lakukan konsultasi secara rutin agar perkembangan janin selalu terpantau dan ia bisa lahir dengan sehat dan selamat.