Whatsapp Share Like Simpan

Namanya anak-anak, suka sekali jajan ya, Bu. Setiap ada ada jajanan keliling lewat, pasti ia ribut ingin Ibu membelikannya. Sayangnya, kebanyakan jajanan anak semacam itu belum terjamin kualitasnya, baik dari segi kebersihan maupun kandungan nutrisinya. Jangan sampai anak jatuh sakit gara-gara makan sembarangan.

Kalau begitu, kenapa tidak membuatnya sendiri saja di rumah? Ada banyak sekali ide jajanan anak yang enak, bergizi, dan mudah dibuat sendiri. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

Martabak Bulan Mini

Siapa sih yang tidak suka dengan rasa manis legit dari martabak bulan? Belum lagi toppingnya yang beragam membuatnya semakin menggugah selera siapa saja, termasuk anak-anak. Namun, kandungan kalori martabak bulan ini cukup tinggi, Bu, sehingga beresiko menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, lebih baik buat sendiri saja, yuk.

Bahan-bahan untuk membuatnya juga mudah untuk didapatkan di swalayan atau supermarket. Anak juga bisa diajak untuk ikut membuatnya. Berikan ia kebebasan untuk memilih topping yang ia sukai, mulai dari keju, meses, green tea, atau potongan buah.

Silky Puding

Puding merupakan salah satu jajanan anak yang favorit karena rasanya yang enak dan lembut di mulut. Ibu bisa mengajak anak untuk membuat silky puding sebagai camilan yang menyegarkan di siang hari. Tekstur silky puding yang lumer di mulut memang terasa lezat bagi anak-anak.

Artikel Sejenis

Agar semakin menggoda selera, tambahkan potongan buah di dalamnya. Dengan begitu, anak akan mendapatkan manfaat dari vitamin yang terkandung di dalam buah-buahan tersebut.

Donat Mini

Donat kini sedang menjadi jajanan anak yang populer lho, Bu. Rasanya manis dan lezat, pantas saja kalau anak-anak sangat menyukainya. Daripada beli yang kebersihannya belum terjamin, Ibu bisa kok membuatnya sendiri di rumah.

Sudah banyak resep donat homemade yang bisa Ibu tonton di kanal video. Agar porsinya pas, lebih baik buat dalam versi mini saja ya, Bu. pertama, persiapkan bahan-bahannya, lalu tinggal coba deh di rumah. Untuk toppingnya, anak bebas memilih topping apapun yang ia sukai. Dijamin anak pasti akan melahapnya hingga habis.

Popsicle Buah

Anak susah makan buah, Bu? Yuk, atasi dengan cara membuat popsicle buah. Jajanan anak ini sangat mudah untuk dibuat, lho. Buah-buahan dikupas dan dipotong, lalu diblender hingga halus. Setelah itu masukkan ke dalam wadah popsicle dan beri tusukan es. Masukkan ke dalam freezer hingga beku. Popsicle buah yang sehat dan menyegarkan siap untuk disantap saat cuaca panas. Mudah sekali, bukan?

Pisang Coklat Beku

Bosan makan pisang yang itu-itu saja? Coba olah jadi jajanan anak yang unik, yuk. Namanya adalah pisang coklat beku. Untuk membuatnya sangat mudah, lho. Buah pisang dipotong menjadi dua atau tiga bagian, tergantung ukurannya. Lelehkan coklat hitam masak. Setelah itu, celupkan potongan pisang yang sudah ditusuk dengan tusukan sate ke dalam coklat leleh. Angkat, beri taburan meses warna-warni, potongan kacang kenari, atau apa saja. Kemudian, masukkan ke dalam freezer hingga membeku. Pisang coklat beku yang lezat dan bergizi pun siap disantap.

 

Baca juga: Ragam Camilan Sehat Khas Indonesia yang Baik untuk si Kecil


Stick Kentang

Anak-anak biasanya sangat menyukai french fries yang dijual di restoran siap saji. Ibu tentu sudah tahu ya kalau jajanan anak ini kurang sehat bagi anak, sehingga kurang baik jika sering dikonsumsi. Jika anak memang sangat menyukainya, Ibu bisa menggantinya dengan stick kentang buatan sendiri.

Rasanya sama-sama enak dan gurih, tapi tentunya lebih bergizi karena Ibu membuatnya tanpa pengawet maupun bahan kimia lainnya. Setelah mencicipinya, anak pasti ketagihan dan tidak mau berhenti menyantapnya.

Bayam Krispi

Bagi Ibu yang memiliki buah hati susah makan sayur, cara menyiasatinya adalah dengan menjadikannya snack gurih nan krispi, contohnya saja bayam krispi. Bayam dilumuri dengan tepung dan aneka bumbu penyedap, lalu digoreng. Dengan rasanya yang gurih dan kriuk, anak bisa sangat lahap menjadikannya camilan sambil nonton TV atau belajar.

Sate Buah

Buah-buahan juga bisa dibuat menjadi sate buah agar anak tertarik untuk menyantapnya. Potong dadu aneka jenis buah dengan ukuran kecil, lalu tusuk selang-seling dengan tusukan sate. Supaya lebih nikmat lagi, celupkan sate buah ke dalam lelehan coklat. Jadi deh jajanan anak yang kaya nutrisi dan enak untuk disantap oleh buah hati.

Schotel Makaroni Panggang

Jajanan anak berikutnya yang bisa Ibu coba adalah schotel makaroni panggang. Bahan-bahannya yang terdiri dari makaroni, keju, telur, daging cincang, dan susu sudah pasti memberikan banyak nutrisi yang menyehatkan bagi anak. Schotel ini juga memiliki rasa yang lezat, jadi anak-anak pasti akan sangat menyukainya. Ibu juga bisa menjadikannya sebagai variasi menu makan anak saat ia susah makan karena kandungan nutrisinya sudah cukup lengkap.

Kalau Ibu, punya ide jajanan anak apa? Dengan membiasakan anak mengonsumsi jajanan buatan sendiri, maka ia pun akan terhindar dari keinginan untuk jajan sembarangan. Yuk, berkreasi dengan aneka bahan makanan untuk dijadikan camilan yang enak dan sehat untuk buah hati tercinta.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

 

Sumber:

brilicious.brilio

https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/12-resep-jajanan-sehat-untuk-anak-istimewa-enak-dan-mudah-dibuat-2006294.html